BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Poin Sama, Mengapa Liverpool di Puncak Klasemen Premier League Jika Menang Lawan MU?

17-01-2021 12:43 | Asad Arifin

Premier League, Liverpool vs Manchester United (c) Bola.net Premier League, Liverpool vs Manchester United (c) Bola.net

Bola.net - Liverpool bakal berada di puncak klasemen Premier League jika menang lawan Manchester United. Padahal, poin kedua tim sama yakni 36. Lalu, apa yang jadi penentu?

Liverpool akan menjamu Manchester United di pekan ke-19 Premier League. Duet bertajuk North West Derby ini akan digelar di Anfield pada Minggu (17/1/2021) malam WIB.

Saat ini, United berada di puncak klasemen dengan 36 poin. Sementara, Liverpool berada di posisi ketiga dengan tiga poin lebih sedikit dari United. Kedua tim yang berjarak satu kemenangan saja.

1 dari 3 halaman

Mengapa Liverpool ke Puncak Klasemen?

Andai Liverpool menang, maka tim racikan Jurgen Klopp bakal punya 36 poin. Artinya, poin mereka sama dengan United. Lantas, siapa yang akan berada di puncak klasemen jika poin yang didapat sama?

Berdasarkan format kompetisi yang berlaku di Premier League, maka Liverpool bakal berada di puncak klasemen jika mendapat poin sama dengan United. Sebab, Liverpool unggul selisih gol dari United.

"Jika ada klub yang finis dengan jumlah poin yang sama, posisinya di klasemen Premier League ditentukan oleh selisih gol," tulis Premier League di situs resminya.

"Kemudian jumlah gol yang dicetak. Jika tim masih tidak dapat dipisahkan, mereka akan diberikan posisi yang sama di klasemen," sambung keterangan resmi tersebut.

Liverpool punya selisih gol plus 16 [mencetak 37 dan kebobolan 21 gol]. Sedangkan, United punya selisih gol 10 [mencetak 34 dan kebobolan 24]. Jadi, Liverpool unggul selisih gol dan bakal berada di puncak klasemen jika menang lawan United.

2 dari 3 halaman

Contoh Musim 2011/12

Sergio Aguero mencetak gol dramatis unuk membawa Manchester City juara Premier League 2011-12 (c) PL Sergio Aguero mencetak gol dramatis unuk membawa Manchester City juara Premier League 2011-12 (c) PL

Musim 2011/12 menjadi contoh yang tepat untuk kasus yang akan dialami Liverpool dan Manchester United. Saat itu, Man City dan United sedang bersaing untuk bisa menjadi juara Premier League.

United menang dengan skor 1-0 atas Sunderland laga terakhir. Sedangkan, Man City secara dramatis menang atas QPR dengan skor 3-2. Man City menang lewat gol telat Sergio Aguero.

United dan Man City mendapat poin yang sama, 89. Namun, Man City yang kemudian dinobatkan sebagai juara. Man City unggul selisih gol dari United.

Man City punya selisih gol plus 70, sedangkan United hanya plus 66.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

Klasemen oleh SofaScore LiveScore

KOMENTAR