BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Plus-Minus Transfer Willian untuk Arsenal: Chelsea yang Rugi?

05-08-2020 09:00 | Richard Andreas

Aksi Willian (tengah) dalam laga Crystal Palace vs Chelsea, Rabu (8/7/2020) (c) AP Photo Aksi Willian (tengah) dalam laga Crystal Palace vs Chelsea, Rabu (8/7/2020) (c) AP Photo

Bola.net - Transfer Willian dari Chelsea ke Arsenal sepertinya hanya menunggu waktu. Begitu The Blues menutup musim 2019/20 sepenuhnya, Willian diyakini bakal segera angkat kaki ke Emirates Stadium.

Kabarnya, Willian menolak tawaran perpanjangan kontrak dua tahun dari The Blues, dia menginginkan kontrak baru dengan minimal durasi tiga tahun. Celah inilah yang dimanfaatkan Arsenal, yang hanya perlu membayar gaji Willian, tanpa biaya transfer.

Sekilas, transfer Willian tampak tidak terlalu menguntungkan Arsenal. Winger Brasil itu sudah 31 tahun, mendekati usia pensiun, meski belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa.

Kedatangan Willian mungkin akan membantu meringankan tugas Mikel Arteta, tapi tidak sepenuhnya demikian. Ada dua sisi plus-minus jika Arsenal benar berhasil mendapatkan Willian.

Apa saja? Mengutip Football London, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Plus: Pemain berpengalaman

Sudah jelas, alasan utama Arsenal mendatangkan Willian adalah pengalamannya. Dia pernah meraih lima trofi mayor bersama Chelsea, yang seharusnya sudah cukup meyakinkan Arsenal.

Tentu, pengalaman bukan satu-satunya alasan, tapi perannya cukup besar. Willian adalah salah satu pemain yang bisa beradaptasi dengan mudah di bawah dua pelatih berbeda, Maurizio Sarri dan Frank Lampard.

Beberapa tahun terakhir, skuad Arsenal dinilai punya kekurangan besar. Mereka tidak punya sosok pemimpin dalam skuad, yang benar-benar bisa menjaga mental ruang ganti dalam pertandingan besar

Sebenarnya ada David Luiz dan Pierre-Emerick Aubameyang yang juga berpengalaman, tapi Luiz sering kali membuat kesalahan di lapangan dan Aubameyang bukanlah tipe yang banyak bicara.

Willian, tentu, diharapkan bisa jadi salah satu pemimpin di ruang ganti.

2 dari 2 halaman

Minus: Hambat perkembangan

Di sisi lain, transfer Willian pun bisa menghambat perkembangan pemain-pemain muda Arsenal. Willian bermain sebagai winger, di mana sekarang ada banyak pemain muda Arsenal di posisi itu.

Paling tidak ada tiga pemain muda yang menonjol: Bukayo Saka, Reiss Nelson, dan Emile Smith Rowe. Ketiganya butuh menit bermain untuk berkembang, kedatangan Willian bisa jadi masalah.

Keputusan ada di tangan Arteta. Bakal percuma mendatangkan Willian jika hanya mencadangkannya, Willian sendiri jelas menolak. Artinya, Arteta harus pintar-pintar merotasi skuad.

Musim ini Saka, Nelson, dan Smith Rowe mulai sering mendapatkan menit bermain dan beberapa kali menunjukkan bakat mereka. Arteta harus berhati-hati.

Sumber: Football London

KOMENTAR