BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Playmaker Terbaik Dunia 2021 Versi IFFHS: Lionel Messi Takluk dari Kevin De Bruyne

06-12-2021 14:50 | Asad Arifin

Pemain Manchester City, Kevin De Bruyne (c) AP Photo
Pemain Manchester City, Kevin De Bruyne (c) AP Photo

Bola.net - Lionel Messi harus mengakui keunggulan Kevin De Bruyne dalam penganugerahan gelar 'Playmaker Terbaik Dunia 2021'. Penghargaan ini diselenggarakan oleh International Federation of Football History & Statistics (IFFHS).

IFFHS adalah lembaga yang mendokumentasikan sejarah dan statistik di kancah sepak bola dunia. Lembaga ini didirikan pada 24 Maret 1984.

Pada pengujung 2021 ini, IFFHS menggelar pemungutan suara untuk mencari sosok playmaker terbaik di dunia. Dalam pemungutan ini, ada sejumlah nama playmaker yang menjadi nomine.

Kevin De Bruyne mendapat suara terbanyak dalam pemungutan suara tersebut. Pemain Manchester City ini meraih 160 poin. Bagi De Bruyne, ini merupakan kali keduanya berturut-turut meraih gelar playmaker terbaik dunia versi IFFHS.

Sementara, pada pemungutan suara tersebut, Messi berada di peringkat kedua. Pemain asal Argentina tersebut mendapat 105 poin dalam pemungutan suara ini.

Messi sendiri sempat empat kali memenangi gelar playmaker terbaik dunia versi IFFHS. Ia memenangi gelaran tersebut pada tahun 2015, 2016, 2017, dan 2019.

1 dari 5 halaman

Donnarumma Kiper Terbaik Dunia

Kiper PSG, Gianluigi Donnarumma menjalani debut Liga Champions di laga versus Manchester City, Rabu (29/9/2021) (c) AP Photo
Kiper PSG, Gianluigi Donnarumma menjalani debut Liga Champions di laga versus Manchester City, Rabu (29/9/2021) (c) AP Photo

Pada momen yang sama, IFFHS juga menganugerahkan gelar 'Kiper Terbaik Dunia 2021'. Kali ini, sosok yang mendapat gelar tersebut adalah Gianluigi Donnarumma.

Dalam pemungutan suara di antara anggota-anggota IFFHS, Donnarumma mendapat 170 angka. Kiper asal Italia ini terpilih terutama karena peran krusialnya dalam membawa Gli Azzurri memenangi Euro 2021.

Di posisi kedua ada nama Manuel Neuer. Kiper asal Jerman tersebut sebelumnya sudah sempat lima kali memenangi gelar 'Kiper Terbaik Dunia Versi IFFHS', termasuk edisi tahun sebelumnya.

2 dari 5 halaman

Pedri Pemain Muda Terbaik

Pemain Barcelona, Pedri (c) AP Photo
Pemain Barcelona, Pedri (c) AP Photo

Selain itu, mulai tahun ini, IFFHS juga memberikan gelar 'Pemain Muda Terbaik'. Kali ini, yang mendapat gelar tersebut adalah pemain muda Barcelona, Pedri.

Dalam pemungutan suara anggota-anggota IFFHS, Pedri mendapat nilai 105. Ia mengalahkan Jamal Musiala, yang mendapat 45 poin dan berada di peringkat kedua.

3 dari 5 halaman

Hasil Pemungutan Suara Penghargaan Playmaker Terbaik Dunia

1. Kevin De Bruyne, Belgia, Manchester City, 160
2. Lionel Messi, Argentina, Barcelona/PSG, 105
3. Bruno Fernandes, Portugal, Manchester United, 15
3. Thomas Muller, Jerman, Bayern Muenchen, 15
5. Jorginho, Italia, Chelsea, 10

4 dari 5 halaman

Hasil Pemungutan Suara Penghargaan Kiper Terbaik Dunia

1. Gianluigi Donnarumma, Italia, AC Milan/PSG, 170
2. Manuel Neuer, Jerman, Bayern Muenchen, 75
3. Edouard Mendy, Senegal, Chelsea, 40
4. Emiliano Martinez, Argentina, Aston Villa, 25
5. Jan Oblak, Slovenia, Atletico Madrid, 20

5 dari 5 halaman

Hasil Pemungutan Suara Penghargaan Pemain Muda Terbaik Dunia

1. Pedri, Spanyol, Barcelona, 105
2. Jamal Musiala, Jerman, Bayern Muenchen, 45
3. Eric Garcia, Spanyol, Manchester City/Barcelona, 20
4. Mason Greenwood, Inggris, Manchester United, 15
4. Edouard Camavinga, Prancis, Stade Rennes/Real Madrid, 15

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR