BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pesan Bergkamp untuk Arsenal: Mohon Bersabar

29-09-2020 23:55 | Dimas Ardi Prasetya

Dennis Bergkamp (c) AFP Dennis Bergkamp (c) AFP

Bola.net - Legenda Arsenal Dennis Bergkamp berpesan pada manajemen dan fans The Gunners untuk bersabar menanti kebangkitan klub karena saat ini mereka tak punya banyak duit seperti para rivalnya.

Arsenal mengalami penurunan prestasi dalam beberapa tahun belakangan ini. Pergantian manajer dari Arsene Wenger ke Unai Emery pun tak membantu.

Kini Arsenal ditukangi oleh Mikel Arteta. Tampaknya pria asal Spanyol itu pilihan yang tepat karena secara perlahan The Gunners menunjukkan perkembangan performa di atas lapangan.

Akan tetapi Arsenal tentu saja masih kesulitan bersaing dengan rival mereka di Premier League. Apalagi dengan klub macam Liverpool, Manchester City, Chelsea, dan Manchester United.

1 dari 2 halaman

Sabar Adalah Kunci

Dennis Bergkamp mengakui bahwa Arsenal saat ini tak bisa seperti sebelumnya, khususnya di era keemasan Arsene Wenger. Pasalnya mereka tak memiliki banyak duit seperti para rival.

Keterbatasan dana ini jelas membatasi langkah Mikel Arteta untuk meningkatkan kualitas dan performa tim. Maka dari itu, ia berharap semua pihak, termasuk manajemen klub dan para suporter, mau bersabar dan memberikan waktu pada sang manajer untuk mencari jalan alternatif demi membentuk tim yang kuat.

“Mereka tidak bisa begitu saja keluar dan merekrut nama-nama besar di setiap posisi, tetapi mereka memiliki banyak bakat yang masuk [dari akademi]," ujarnya pada BBC.

“Mereka harus inventif jika mereka ingin sukses, tapi sepertinya klub sedang menuju ke atas lagi dan saya pikir jika fans bisa melihat kemajuan, mereka tidak keberatan harus menunggu."

“Mereka juga membutuhkan kesabaran itu. Baik itu Arsenal atau siapa pun, jika Anda tidak menghabiskan banyak uang maka perlu waktu untuk membangun sesuatu," tegas Bergkamp.

2 dari 2 halaman

Poles Pemain yang Ada

Dennis Bergkamp menambahkan, jika Arsenal tak bisa membeli pemain bintang yang mereka inginkan, hal tersebut bukan bencana. Sebab ada cara lain yang bisa mereka gunakan untuk meningkatkan kualitas tim yakni dengan memoles pemain yang ada.

“Ketika Anda finis kedelapan, seperti yang mereka lakukan musim lalu, itu adalah tantangan besar untuk mendapatkan pemain setingkat Thierry Henry atau Robert Pires. Anda harus mencoba sesuatu yang berbeda, lebih mengandalkan manajer, filosofi dan gaya bermainnya - dan, ya, bangun diri Anda," cetusnya.

“Bagian dari itu adalah mengembangkan pemain yang sudah Anda miliki. Ada banyak manajer yang berpikir mereka bisa mengubah pemain sebanyak 40% atau 50%, tapi saya tidak percaya itu."

“Saya pikir, bahkan dengan pemain muda, Anda dapat mengubahnya hanya dalam persentase kecil. Tapi itu sudah cukup, terutama di sepak bola papan atas," tandas Bergkamp.

Arsenal memang sudah menunjukkan kemajuan, akan tetapi mereka belum bisa tampil konsisten. Contohnya saja kala mereka sukses membekuk Liverpool di Community Shield. Akan tetapi di pekan ketiga Premier League kemarin mereka dipermak The Reds dengan skor 3-1.

(BBC)

KOMENTAR