BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Perkiraan Wajah Tottenham Andai Dilatih Jose Mourinho

20-11-2019 11:44 | Asad Arifin

Jose Mourinho. (c) AP Jose Mourinho. (c) AP

Bola.net - Tottenham resmi mengakhiri kerja sama dengan pelatih Mauricio Pochettino pada Rabu (20/11/2019) dini hari WIB. Sebagai ganti Pochettino, Spurs disebut sedang mendekati Jose Mourinho.

Pochettino ditunjuk sebagai pelatih Tottenham pada 2014 lalu. Belum ada gelar juara yang diberikan Pochettino. Namun, klub mampu mencapai final Liga Champions musim 2019/2020. Capaian yang epik bagi Tottenham.

Dengan sumber dana yang tidak terlalu banyak, Pochettino juga dinilai mampu meracik tim yang solid. Tottenham mampu bersaing di papan atas klasemen Premier League, bahkan finish di atas Arsenal yang menjadi rival utamanya.

Sky Sports dan beberapa media ternama Eropa menyebut Jose Mourinho dalam waktu dekat akan ditunjuk sebagai pelatih baru Tottenham. Andai pria asal Portugal datang, seperti apa wajah Tottenham? Siapa pemain yang jadi pilihan utama? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

4-2-3-1 Andalan Jose Mourinho

Jose Mourinho adalah pelatih fanatik dengan formasi 4-2-3-1. Formasi itu sudah dipakai sejak dia melatih di Real Madrid, Chelsea, dan Manchester United. Besar kemungkinan Jose Mourinho akan memakai formasi tersebut di Tottenham jika menjadi pelatih.

Dele Alli bakal memainkan peran yang krusial. Dia bakal menjadi sumber kreativitas Tottenham. Alli bakal mendukung ketajaman Harry Kane di lini depan. Sedangkan, pemain seperti Son Heung-min dan Erik Lamela bakal jadi pilihan di sayap.

Toby Alderweireld bakal menjadi pilihan di lini belakang. Pemain asal Belgia sempat ingin dibeli Mourinho saat masih melatih United. Sedangkan, untuk lini tengah, duet Harry Winks dan Vicktor Wanyama punya karakter yang cocok dengan Mourinho.

Perkiraan formasi Tottenham bersama Jose Mourinho (c) BuildLineUpPerkiraan formasi Tottenham bersama Jose Mourinho (c) BuildLineUp

2 dari 3 halaman

Formula Terbaik

Jose Mourinho diketahui pernah punya minat membidik sejumlah pemain Tottenham saat dia masih melatih Manchester United. Bukan hanya Alderweireld, Mourinho juga pernah membidik Eric Dier, Christian Eriksen, hingga Davinson Sanchez.

Andai semua pemain yang pernah masuk dalam bidikan tersebut dimainkan, maka Mourinho bisa mewujudkan tim terbaiknya di Tottenham. Duet Dier dan Eriksen bisa menjadi tumpuan di lini tengah, sedangkan Dele Alli ada di depan mereka.

Lucas Moura punya peluang mendapat tempat pada era Mourinho. Pemain asal Brasil itu adalah tipe pekerja keras di lapangan. Karakternya bakal sangat disukai Mourinho. Apalagi jika Lucas Moura bersedia membantu bertahan.

Perkiraan formasi Tottenham bersama Jose Mourinho (c) BuildLineUpPerkiraan formasi Tottenham bersama Jose Mourinho (c) BuildLineUp

3 dari 3 halaman

Tampil Menyerang

Jose Mourinho mungkin bakal dikenal sebagai 'Bapak taktik parkir bus'. Namun, tidak ada salahnya Mourinho meracik tim dengan penampilan agresif. Saat melarih Real Madrid, Jose Mourinho punya tim yang tampil menyerang.

Tottenham punya sumber daya yang cukup untuk membangun tim dengan gaya menyerang. Ada Son Heung-min, Harry Kane, dan Erik Lamela yang bisa menjadi trio pemain di lini depan.

Sedangkan, di lini tengah, trio Dele Alli, Giovani Lo Celso, dan Tanguy Ndombele. Andai Eriksen tidak pindah, maka pemain asal Denmark bisa menjadi pengganti Lo Celso. Eriksen bisa membuat Tottenham tampil kreatif dan menyerang.

Dua bek sayap, Walker-Peters dan Danny Rose juga akan mendukung gaya bermain agresif Tottenham.

Perkiraan formasi Tottenham bersama Jose Mourinho (c) BuildLineUpPerkiraan formasi Tottenham bersama Jose Mourinho (c) BuildLineUp

KOMENTAR