BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Performa De Bruyne Menurun, Ada Apa Sih Guardiola?

07-12-2021 03:00 | Richard Andreas

Pemain Manchester City, Kevin De Bruyne (c) AP Photo
Pemain Manchester City, Kevin De Bruyne (c) AP Photo

Bola.net - Josep Guardiola menegaskan bahwa Kevin De Bruyne akan jadi starter Manchester City untuk duel kontra RB Leipzig di Liga Champions, Rabu (8/12/2021). Dia juga bicara soal masalah De Bruyne musim ini.

Gelandang Belgia itu tidak bermain sebaik biasanya. De Bruyne pernah dikenal sebagai pemain terbaik Man City lewat kontribusi luar biasa di lapangan, tapi tidak untuk musim ini.

De Bruyne lebih sering dicadangkan, dia juga tidak bisa berbuat banyak ketika bermain. Oleh sebab itu, muncul dugaan bahwa De Bruyne yang sekarang tidak cukup bagus untuk Man City.

Kini Guardiola bicara soal tudingan tersebut. Dia tahu De Bruyne akan memberikan yang terbaik. Apa katanya?

1 dari 4 halaman

Perlahan-lahan

Bagi Guardiola, masalah De Bruyne bukanlah level permainan yang merosot, tapi ada faktor eksternal yang membuatnya kesulitan. De Bruyne pernah diserang virus corona yang memaksanya menepi.

"Kondisi fisik Kevin [De Bruyne] mulai berkembang, tapi lalu dia dihantam kemunduran lagi. Orang yang pernah terkena virus corona, setelahnya mereka akan merasa kosong," kata Guardiola di Sky Sports.

"Perlahan-lahan dia akan mendapatkan menit bermain. Besok [vs RB Leipzig] dia akan jadi starter."

2 dari 4 halaman

Tidak perlu buktikan diri

Pemain Manchester City, Kevin de Bruyne, beraksi dalam laga lanjutan Premier League melawan Manchester United, Sabtu (6/11/2021). (c) AP Photo
Pemain Manchester City, Kevin de Bruyne, beraksi dalam laga lanjutan Premier League melawan Manchester United, Sabtu (6/11/2021). (c) AP Photo

Guardiola juga merasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan terkait kondisi De Bruyne. Gelandang Belgia itu akan kembali bermain di level top seperti biasanya, hanya butuh waktu.

"Kevin sudah bermain sejak awal musim ini. Dia menutup Euro dan menutup musim lalu tidak dalam kondisi terbaiknya, lalu dia terkena virus corona," lanjut Pep.

"Kami berhasil memulihkan dia, sekarang dia bersaing merebut posisi starter sama seperti semua pemain. Dia tidak perlu membuktikan apa pun kepada saya, hanya demi dirinya."

3 dari 4 halaman

Penting bagi tim

Lagi pula, Pep tahu betul betapa besarnya peran De Bruyne untuk membantu Man City juara. Musim masih panjang, masih banyak waktu untuk De Bruyne kembali memberikan permainan terbaiknya.

"Dia hanya perlu melakukan apa yang biasa dia lakukan dalam lima tahun terakhir. Dia sangat penting bagi tim," tutup Pep.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris

Sky Sports

KOMENTAR