Performa Bruno Menurun Sejak Ronaldo Datang? Sulit Diakui, tapi Juga Sulit Disalahkan!

Richard Andreas | 22 September 2022, 06:40
Pemain Manchester United Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo pada laga kontra Brentford di Gtech Community Stadium, Sabtu (13/8/2022) malam WIB. (c) AP Photo
Pemain Manchester United Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo pada laga kontra Brentford di Gtech Community Stadium, Sabtu (13/8/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo mulai lebih sering duduk di bangku cadangan Manchester United musim ini. Situasinya berbeda dengan musim lalu. Erik ten Hag berani membuat perubahan.

Musim lalu, Ronaldo dapat disebut sebagai pemain terbaik MU. Gol-golnya menyelamatkan tim, meski pada akhirnya gagal mencapai target.

Masalahnya, permainan apik Ronaldo dinilai membuat rekannya kesulitan. Sebagai contoh, performa Bruno Fernandez dinilai merosot sejak kehadiran Ronaldo dalam tim.

Situasi ini menimbulkan gagasan liar, bahwa Bruno jadi tidak bisa tampil maksimal sejak kedatangan Ronaldo.

1 dari 3 halaman

Statistik membuktikan

Gagasan miring tersebut juga sampai di telinga Bruno sendiri. Baru-baru ini Bruno menegaskan tidaklah adil menyalahkan Ronaldo untuk kesulitannya dan kesulitan tim musim lalu.

Pembelaan Bruno terhadap Ronaldo ini pun diperhatikan Kevin Campbell, analis Premier League. Menurutnya, Bruno mungkin tidak menyadari situasi sebenarnya.

"Dengar, terkadang pemain tidak memikirkan hal semacam itu, tapi statistik mungkin menunjukkan sebenarnya," ujar Campbell di Football Insider.

"Jelas para pemain merasa kesulitan mereka tidak ada hubungannya dengan Ronaldo. Mungkin memang begitulah tim berfungsi ketika Ronaldo bermain dan ketika tidak."

2 dari 3 halaman

Sulit salahkan ronaldo

Campbell juga menilai bahwa tidak mudah bagi pemain MU lainnya untuk menyalahkan superstar selevel Ronaldo. Masalahnya, bukti di lapangan menunjukkan bahwa permainan MU berbeda jika Ronaldo absen.

"Sangatlah sulit menyalahkan pemain seperti Ronaldo, khususnya ketika musim lalu dia berulang kali menyalahkan MU. Sulit melihat situasi dan menyalahkan dia," sambung Campbell.

"Namun, terkadang tim mereka tidak berfungsi dengan baik ketika Ronaldo bermain. Lalu, ketika dia absen, tim justru berfungsi dengan cara yang berbeda dan justru jadi lebih baik."

"Ronaldo tidak bersalah, tapi terkadang begitulah adanya," tutupnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR