Penjelasan Lampard untuk Penyakit Chelsea: Mudah Bikin Gol, Juga Mudah Kebobolan

Richard Andreas | 20 Oktober 2020, 07:15
Ekspresi Kepa Arrizabalaga (tengah) saat Chelsea berhadapan dengan Southampton dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (17/10/2020). (c) AP Photo
Ekspresi Kepa Arrizabalaga (tengah) saat Chelsea berhadapan dengan Southampton dalam laga lanjutan Premier League hari Sabtu (17/10/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Musim ini, hampir semua pertandingan Chelsea berakhir dengan banyak gol dan banyak kebobolan. Hanya beberapa kali berakhir dengan skor tipis, itu pun karena permainan buruk.

Sebut saja hasil 3-3 kontra Southampton akhir pekan lalu, juga 3-3 kontra West Brom beberapa pekan sebelumnya. Lalu Chelsea pernah mengalahkan Crystal Palace 4-0, tapi juga pernah ditaklukkan Liverpool 0-2.

Singkatnya, Chelsea menyerang dengan baik dan tahu cara mencetak gol, tapi di sisi lain mereka terlalu mudah kebobolan, yang merupakan masalah sejak musim lalu.

Frank Lampard tahu betul kondisi timnya itu, dan sekarang dia mencoba membeberkan alasannya.

1 dari 3 halaman

Ingin seimbang

Pertama-tama, Lampard menegaskan bahwa mudah kebobolan tidak pernah masuk dalam rencananya. Memang dia ingin tim ofensif, tapi bukan berarti melupakan tugas bertahan.

Dia ingin membentuk tim seimbang, masalahnya sejauh ini situasi berjalan sulit. Chelsea belum bisa mencapai keseimbangan itu.

"Pertama, saya tidak akan berkata bahwa DNA saya adalah jadi pelatih yang hanya ingin menyerang," tegas Lampard dikutip dari Football London.

"Setiap pelatih ingin membangun tim yang seimbang, yang tangguh baik saat menyerang maupun bertahan."

"Kami sedang bekerja keras di sisi defensif dan kami akan selalu mencoba mengembangkan itu," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Tidak banyak peluang, tapi mudah kebobolan

Lampard pun membeberkan sedikit statistik perihal pertahanan Chelsea. Terbukti The Blues bisa bertahan dengan baik, membatasi peluang lawan. Masalahnya, tim lawan hampir selalu bisa mencetak gol dari peluang tipis itu.

"Musim ini kami mencapai catatan terendah kedua perihal jumlah tembakan ke gawang kami, hanya kalah dari Man City," lanjut Lampard.

"Namun, kami punya masalah karena terlalu sering kebobolan dari peluang lawan [yang minim] itu."

3 dari 3 halaman

Apa sebabnya?

Lampard sendiri masih belum paham betul apa sumber masalah Chelsea yang menghasilkan dua hal itu: mudah bikin gol, juga mudah kebobolan. Dia hanya bisa berdalih persiapan yang terlalu singkat.

"Masalah utama pada kami adalah minimnya waktu persiapan yang, bilamana Anda bekerja dengan pemain-pemain baru atau membuat perubahan-perubahan kecil, itu bakal butuh waktu," sambung Lampard.

"Semoga kami akan terus berkembang mulai sekarang," tutupnya.

Sumber: Football London

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR