BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Penilaian Klopp Atas Performa Thiago di Liverpool: Jauh dari Sempurna

04-02-2021 01:28 | Dimas Ardi Prasetya

Mason Greenwood berduel berebut bola dengan Thiago Alcantara di laga antara Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool PA via AP Photo Mason Greenwood berduel berebut bola dengan Thiago Alcantara di laga antara Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool PA via AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengatakan performa Thiago Alcantara memang jauh dari kata sempurna akan tetapi hal itu bisa dimaklumi karena ia butuh waktu beradaptasi.

Thiago diboyong Liverpool dari Bayern Munchen pada September 2020 kemarin. Ia disebut diangkut dengan harga sekitar 25 juta pounds saja.

Sayangnya Thiago dipaksa mengalami masa-masa sulit di Liverpool. Setelah tiba, ia tak bisa langsung bermain karena sempat terinfeksi virus corona COVID-19.

Namun setelah itu ia mengalami cedera lutut pada bulan Oktober. Ia mendapat cedera itu usai bermain melawan Everton.

Setelah kondisi fisiknya pulih, Thiago belakangan ini mulai mendapat kans bermain reguler. Sayangnya ia sempat mengalami masa-masa sulit juga di mana saat ia dipercaya menjadi starter, ia tak bisa membawa Liverpool meraih kemenangan.

1 dari 2 halaman

Penilaian Klopp Atas Thiago

Jurgen Klopp ditanya soal start Thiago Alcantara di Liverpool sejauh ini. Ia pun mengatakan penampilan sang gelandang memang tak sesuai ekspektasi.

Akan tetapi hal itu jelas sangat bisa dimaklumi. Sebab ia butuh waktu adaptasi, dan hal itu tak mudah dilakukan dengan semua kesulitan yang harus dihadapinya.

"Bagus, bagus, bagus, sangat bagus. Tentu saja itu jauh dari sempurna dengan dirinya masuk, cedera cukup awal dan hal-hal seperti ini. Itu semua tidak terlalu bagus tapi tidak penting lagi," ujarnya pada situs resmi Liverpool.

"Kemudian masuk, ia harus belajar bagaimana kami bermain dan kami harus belajar bagaimana ia bermain tanpa mengubah segalanya. Jadi Anda membeli Thiago Alcantara dari Bayern dan mengatakan kepadanya, 'Oke, bagus tapi mulai sekarang Anda lakukan ini berbeda, ini berbeda, ini berbeda'? Ini adalah pekerjaan dan biasanya Anda membutuhkan waktu untuk itu," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Perubahan Posisi Thiago

Belakangan ini Jurgen Klopp tak lagi menempatkan Thiago Alcantara di pos gelandang bertahan. Ia sedikit memajukan posisinya, bertukar tempat dengan Gini Wijnaldum.

Menurut Klopp, posisi nomor enam yang biasanya ditempati oleh Thiago memang cocok baginya di Bayern Munchen. Namun tak demikian di Liverpool. Maka dari itu ia mengubah posisinya.

"Dan itu mengendap, segala sesuatunya berjalan bersama secara alami tanpa terlalu banyak berubah, hanya membuatnya lebih baik dengan menggunakan berbagai keahlian. Itu benar-benar baik-baik saja, tetapi kemudian kami pikir itu membantu karena memikirkan lagi apa yang ia lakukan di Bayern, peran apa yang ia lakukan. bermain di sana - ya, itu posisi nomor enam tetapi itu lebih seperti dua pemain di posisi nomor enam dan hal-hal semacam ini - dan jadi kami memutuskan untuk menyesuaikan posisinya sedikit," serunya.

"Itu berhasil dengan cukup baik. Itu memberi kami stabilitas, memberinya stabilitas, kami dapat menggunakan keterampilan sepak bolanya, yang jelas luar biasa. Sangat bagus," ujar Klopp.

Thiago Alcantara sejauh ini baru bermain sebanyak 10 kali bagi Liverpool di semua ajang kompetisi. Delapan di antaranya di Premier League.

(Liverpoolfc.com)

KOMENTAR