BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pemenang dan Pecundang Usai Chelsea Pecat Frank Lampard: Dari Mason Mount hingga Abramovich

26-01-2021 08:58 | Asad Arifin

Frank Lampard usai laga Chelsea vs Krasnodar, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Frank Lampard usai laga Chelsea vs Krasnodar, Rabu (9/12/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea resmi memecat Frank Lampard pada Senin (26/1/2021) malam WIB. Keputusan ini diambil Chelsea setelah Lampard gagal memberikan hasil bagus pada beberapa laga terakhir.

Lampard sempat membawa Chelsea menang atas Luton Twon dengan skor 3-1 di putaran keempat Piala FA. Namun, hasil itu dinilai tidak cukup bagus dan menjadi laga terakhir Lampard.

"Ini adalah keputusan yang sulit harus saya ambil, karena saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Frank dan saya sangat menghormati dia," ucap pemilik Chelsea, Roman Abramovich.

Pro dan kontra terjadi usai The Blues memecat Lampard. Namun, di balik keputusan yang diambil Chelsea, ada pihak-pihak yang menjadi pemenang dan pecundang dalam kasus ini.

Siapa saja mereka? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 6 halaman

Pemenang: Duo Jerman

Timo Werner (c) Pool Reuters via AP Photo Timo Werner (c) Pool Reuters via AP Photo

Di antara banyak alasan mengapa Timo Werner dan Kai Havertz belum bersinar di Chelsea, ada faktor Frank Lampard. Dia dinilai tidak memberikan posisi terbaik untuk kedua pemain asal Jerman itu.

Timo Werner dimainkan sebagai winger kiri atau kanan. Lalu, Kai Havertz dimainkan sebagai gelandang tengah. Padahal, bukan itu posisi terbaiknya.

Kini, Werner dan Havertz punya harapan baru. Mereka mungkin akan mendapatkan pelatih dengan ide yang bisa memaksimalkan potensi mereka. Werner dan Havertz punya kans untuk membuktikan diri Chelsea tidak salah membelinya dengan harga mahal.

2 dari 6 halaman

Pecundang - Mason Mount

Gelandang Chelsea Mason Mount. (c) AP Photo Gelandang Chelsea Mason Mount. (c) AP Photo

Mason Mount menjadi anak emas bagi Frank Lampard. Mereka punya koneksi yang bagus karena sudah bekerja sama sejak di Derby County. Namun, kini Lampard telah pergi meninggalkan Mount di Chelsea.

Mason Mount tidak bermain buruk dan dia layak bermain reguler di Chelsea. Namun, kepergian Lampard bisa saja mengubah nasih pemain 22 tahun tersebut.

Semua akan bergantung pada ide dari pelatih baru. Namun, satu hal yang pasti, Mason Mount punya banyak pesaing di posisinya. Ada Hakim Ziyech hingga Kai Havertz yang siap bersaing untuk peran gelandang serang.

3 dari 6 halaman

Pemenang - Kepa dan Rudiger

Antonio Rudiger saat berlaga di pertandingan antara Krasnodar vs Chelsea di matchday 2 Liga Champions 2020-21. (c) AP Photo Antonio Rudiger saat berlaga di pertandingan antara Krasnodar vs Chelsea di matchday 2 Liga Champions 2020-21. (c) AP Photo

Frank Lampard punya dua 'daftar hitam' di skuad Chelsea musim 2020/2021. Kedua pemain adalah Kepa Arrizabalaga dan Antonio Rudiger.

Kedua pemain kehilangan tempat di tim utama. Lampard bahkan harus membeli pemain baru untuk menggantikan peran Kepa dan Rudiger. Mereka pun akrab dengan bangku cadangan.

Dipecatnya Lampard bisa menjadi angin segar bagi Kepa dan Rudiger. Sebab, mereka kini punya harapan untuk mendapatkan tempat di tim utama Chelsea bersama sang manajer baru.

4 dari 6 halaman

Pecundang - Olivier Giroud

Striker Chelsea, Olivier Giroud (c) AP Photo Striker Chelsea, Olivier Giroud (c) AP Photo

Mungkin dipecatnya Frank Lampard bisa menjadi momen tepat bagi Olivier Giroud untuk pindah ke klub lain. Sebab, jika yang terpilih sebagai pelatih adalah Thomas Tuchel, sulit melihat namanya masuk dalam line-up.

Giroud selama ini bertahan di Chelsea lantaran Lampard ingin dia tetap berada di klub. Giroud memang bukan pilihan utama, tapi Lampard tidak pernah kehilangan rasa percaya padanya.

Bursa transfer Januari 2021 masih dibuka. Masih ada peluang bagi Giroud untuk mencari klub baru dengan harapan bisa mengamankan satu tempat di skuad Prancis pada Euro 2021 nanti.

5 dari 6 halaman

Pemenang - Thomas Tuchel

Thomas Tuchel (c) AP Photo Thomas Tuchel (c) AP Photo

Thomas Tuchel baru saja dipecat PSG. Namun, tidak perlu waktu lama untuk menganggur, Thomas Tuchel bakal mendapat pekerjaan baru. Selangah lagi dia akan ditunjuk sebagai manajer Chelsea.

Tuchel bakal mewarisi skuad yang mewah di Chelsea. Dia juga punya koneksi dengan tiga pemain Jerman yang bakal memudahkannya untuk beradaptasi.

Tuchel bukan pelatih yang buruk. Dia memberikan banyak gelar untuk PSG dan melangkan ke final Liga Champions musim 2019/2020. Namun, melatih Chelsea punya tekanan yang mungkin lebih berat daripada PSG.

6 dari 6 halaman

Pecundang - Roman Abramovich

Roman Abramovich (c) AFP Roman Abramovich (c) AFP

Abrahmovich dan Marina Granovskaia berada di balik pemecatan Frank Lampard. Keputusan yang menurut mereka sudah tepat lantaran tidak ada tanda performa Chelsea bakal membaik. Apalagi, sang bos telah mengeluarkan banyak uang di awal musim.

Lampard datang dengan status legenda. Lampard memenangkan hati para fans Chelsea. Namun, patut diingat pula bahwa dia masih 'hijau' sebagai pelatih. Dia baru punya pengalaman satu musim saja. Abrahmovich harusnya tahu bahwa Lampard butuh waktu untuk matang dan membawa Chelsea meraih sukses.

Jika Lampard yang berstatus legenda saja dipecat, bagaimana dengan nasib pelatih lain yang tak punya reputasi bagus di tangah Abrahmovich? Sang bos begitu ringan tangan dalam memecat manajer.

Sumber: Squawka

KOMENTAR