BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pemenang dan Pecundang Tottenham vs Manchester United: Solskjaer Gacor, Mourinho Dipecat?

12-04-2021 07:59 | Asad Arifin

Manajer Tottenham, Jose Mourinho, bersama Fred dan Son Heung-min (c) AP Photo Manajer Tottenham, Jose Mourinho, bersama Fred dan Son Heung-min (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United mengalahkan Tottenham dengan skor 3-1 pada laga pekan ke-31 Premier League 2020/21. Laga digelar di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/4/2021) malam WIB.

United sejatinya sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Son Heung-min. Namun, Setan Merah berhasil bangkit di babak kedua dan sukses berbalik menang berkat gol Fred, Edinson Cavani, dan Mason Greenwood.

Berkat hasil ini, Manchester United masih bertahan di peringkat dua klasemen dengan poin 63, sedangkan Tottenham menduduki posisi ketujuh dengan poin 49.

Lantas, siapa yang menjadi pemenang dan pecundang pada duel Tottenham vs Manchester United? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 14 halaman

Pemenang - Aaron Wan-Bissaka

Duel Son Heung-min dengan Aaron Wan-Bissaka (c) Pool Getty via AP Photo Duel Son Heung-min dengan Aaron Wan-Bissaka (c) Pool Getty via AP Photo

Wan-Bissaka memang tidak ambil bagian pada satu pun proses gol United. Tugas utamanya memang bukan itu. Wan-Bissaka mendapat tugas untuk meredam aksi Son Heung-min.

Walau kecolongan satu gol, aksi Wan-Bissaka secara umum sangat bagus. Wan-Bissaka melakukan empat tekel, tiga sapuan, satu blok, dan lima intersep. Wan-Bissaka punya andil membuat pemain Tottenham hanya melepas tiga shots on target.

2 dari 14 halaman

Pecundang - Serge Aurier

Duel Serge Aurier vs Paul Pogba dalam laga Tottenham vs Manchester United, Minggu (11/4/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo Duel Serge Aurier vs Paul Pogba dalam laga Tottenham vs Manchester United, Minggu (11/4/2021) (c) Pool Reuters via AP Photo

Aurier menjadi pemain yang tampil gemilang pada awal musim 2020/2021 lalu. Namun, belakangan Aurier justru menurunkan standar permainannya. Aurier tampil buruk di laga melawan United.

Area yang dijaga pemain asal Pantai Gading ini berulang kali dieksploitasi pemain United. Aurier jelas bertanggung jawab atas gol Edinson Cavani karena tidak melakukan penjagaan dengan baik.

3 dari 14 halaman

Pemenang - Luke Shaw

Bek Manchester United, Luke Shaw (kanan) mencoba merebut bola dari pemain Brighton, Pascal Gross, dalam laga lanjutan Premier League hari Senin (5/4/2021). (c) AP Photo Bek Manchester United, Luke Shaw (kanan) mencoba merebut bola dari pemain Brighton, Pascal Gross, dalam laga lanjutan Premier League hari Senin (5/4/2021). (c) AP Photo

Luke Shaw menunjukkan performa yang solid di laga melawan Tottenham. Namun, poin penting dari keberadaan Luke Shaw bukan itu. Shaw mampu membuktikan pada Mourinho bahwa dia punya potensi yang besar.

Luke Shaw adalah pemain yang sangat diragukan Mourinho saat dia melatih United. Namun, musim ini Shaw tampil sangat bagus. Kemenangan 3-1 atas Tottenham adalah pembuktian kualitas Shaw pada Mourinho.

4 dari 14 halaman

Pecundang - Eric Dier

Pemain Tottenham, Eric dier (kanan), berduel dengan pemain Chelsea. (c) AP Photo Pemain Tottenham, Eric dier (kanan), berduel dengan pemain Chelsea. (c) AP Photo

Eric Dier tampil buruk di lini belakang Tottenham. Dier gagal membendung aksi Pogba pada proses gol ketiga United. Dier nampak tidak melakukan cukup upaya untuk bisa mengagalkan aksi Pogba.

Eric Dier juga nampak bingung pada proses gol Fred. Dia luput menjaga Edinson Cavani. Eric Dier lebih sibuk mengangkat tangan dan meminta offside daripada memberi penjagaan pada Fred saat bola muntah terjadi.

5 dari 14 halaman

Pemenang - Paul Pogba

Ekspresi gelandang Manchester United, Paul Pogba, setelah melanggar pemain Arsenal, Hector Bellerin, dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (1/11/2020). (c) AP Photo Ekspresi gelandang Manchester United, Paul Pogba, setelah melanggar pemain Arsenal, Hector Bellerin, dalam laga lanjutan Premier League hari Minggu (1/11/2020). (c) AP Photo

Inilah performa Paul Pogba yang dinantikan fans United. Pogba yang tampil mobile, kuat dalam mempertahankan bola, dan mampu melepas umpan-umpan kunci.

Pogba memberi umpan apik pada gol Cavani yang dianulir. Pada menit akhir laga, Pogba secara luar bisa lepas dari kawalan dua pemain Tottenham untuk mengirim assist pada gol Greenwood.

6 dari 14 halaman

Pecundang - Sergio Reguilon

Sergio Reguilon (c) AP Photo Sergio Reguilon (c) AP Photo

Reguilon berulang kali menjadi titik lemah pada pertahanan United. Pada proses gol Cavani, dia gagal menghalau Greenwood untuk melepas umpan crossing.

Sementara, pada proses gol Greenwood, Reguilon tidak berdaya menghadapi kecepatan dan kelincahannya. Bukan malam yang menyenangkan bagi pemain asal Spanyol ini.

7 dari 14 halaman

Pemenang - Edinson Cavani

Striker Manchester United, Edinson Cavani membobol gawang Tottenham, Minggu (11/4/2021) (c) Pool AFP via AP Photo Striker Manchester United, Edinson Cavani membobol gawang Tottenham, Minggu (11/4/2021) (c) Pool AFP via AP Photo

Cavani memberikan bukti bahwa dia sangat penting bagi United. Cavani harusnya mencetak dua gol pada duel ini, tetapi satu golnya harus dianulir karena dinilai ada pelanggaran pada prosesnya.

Cavani mencetak gol dari sundulan kepala. Sebuah gol yang khas dari pemain nomor 9. Cavani kini telah mencetak tujuh gol di Premier League. Jika dia pergi, United pasti merindukannya.

8 dari 14 halaman

Pecundang - Tanguy Ndombele

Paul Pogba berduel dengan Tanguy Ndombele (c) ICC 2019 Paul Pogba berduel dengan Tanguy Ndombele (c) ICC 2019

Ndombele menjadi kartu mati di lini tengah Tottenham. Dia tidak mampu mengimbangi mobilitas Fred dan McTominay. Ndombele juga kesulitan membendung aksi Paul Pogba di lini tengah.

Ndombele harus meninggalkan lapangan pada menit ke-78. Dia digantikan Erik Lamela karena tidak mampu memberi nilai tambah bagi Tottenham ketiga membangun serangan.

9 dari 14 halaman

Pemenang - Fred

Fred melakukan protes usai mendapatkan kartu merah di laga melawan PSG (c) AP Photo Fred melakukan protes usai mendapatkan kartu merah di laga melawan PSG (c) AP Photo

Fred memberi energi yang besar bagi lini tengah United. Fred punya mobilitas yang sangat bagus. Selain itu, dia juga menjadi distributor bola yang piawai. Pada proses gol Cavani, yang dianulir, ada peran penting Fred di sana.

Fred kemudian juga mencetak gol memanfaatkan bola muntah sepakan Cavani. Jika dicermati, gol ini bermula dari build-up yang Fred upayakan sendiri dari lini tengah.

10 dari 14 halaman

Pecundang - Harry Kane

Striker Tottenham, Harry Kane. (c) AP Photo Striker Tottenham, Harry Kane. (c) AP Photo

Harry Kane punya kontribusi yang vital pada gol Son Heung-min. Dia menjadi pemantul bola kepada Lucas Moura sebelum diteruskan kepada Son. Penampilan yang apik dari Kane.

Hanya saja, selain kreasi peluang tersebut, sang kapten nyaris tidak melakukan aksi berbahaya lainnya. Kane kesulitan meladeni permainan taktis Maguire.

11 dari 14 halaman

Pemenang - Mason Greenwood

Ekspresi Mason Greenwood usai membobol gawang Tottenham (c) AP Photo Ekspresi Mason Greenwood usai membobol gawang Tottenham (c) AP Photo

Greenwood baru dimainkan pada menit ke-72. Namun, dia mampu memberi dampak yang besar bagi permainan United. Greenwood mencetak satu gol yang mampu 'membunuh' perlawanan Tottenham.

Bukan hanya mencetak satu gol yang sangat penting pada menit 90+6, Greenwood juga membuat assist untuk gol Edinson Cavani. Greenwood benar-benar mengubah jalannya pertandingan.

12 dari 14 halaman

Pecundang - Son Heung-min

Pemain Tottenham, Son Heung-Min (c) AP Photo Pemain Tottenham, Son Heung-Min (c) AP Photo

Dari sisi performa, Son Heung-min tampil sangat bagus untuk Tottenham. Pemain asal Korea Selatan itu tampil sangat dominan di lini depan. Dia menjadi sosok paling merepotkan bagi United, termasuk dengan satu golnya.

Namun, aksinya terjatuh ketika mendapat sentuhan McTominay patut mendapat sorotan. Son dinilai terlalu mudah jatuh dengan sentuhan yang ringan. "Hal ini memalukan. Ini bukan sepak bola lagi," kata pandit sepak bola, Micah Richards, pada Sky Sports.

13 dari 14 halaman

Pemenang - Ole Gunnar Solskjaer

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Solskjaer membuktikan bahwa dia bukan manajer yang miskin taktik. Solskjaer menerapkan komposisi yang tepat untuk melawan Tottenham yang mengandalkan kekuatan fisik.

Memainkan Fred, McTominay, dan Pogba bersamaan membuat lini tengah United sangat solid. Solskjaer juga memasukkan Mason Greenwood pada momen yang tepat di babak kedua.

14 dari 14 halaman

Pecundang - Jose Mourinho

Manajer Tottenham, Jose Mourinho (c) AP Photo Manajer Tottenham, Jose Mourinho (c) AP Photo

Mourinho pernah berada di puncak kejayaan. Dia adalah salah satu pelatih terbaik dunia. Tampi, mungkin itu tinggal masa lalu. Dua musim terakhir, reputasi Mourinho turun secara signifikan.

Mourinho membawa Tottenham menang 6-1 atas United pada awal musim lalu. Namun, kini kalah dengan skor 3-1. Mourinho musim ini sudah merasakan 10 kekalahan di Premier League. Rekor paling buruk dalam karirnya.

Sumber: Squawka, Opta, Whoscored

KOMENTAR