BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pemenang dan Pecundang di Duel MU vs Liverpool: Trent Fenomenal, Fred Ampas Sekali

14-05-2021 07:41 | Ari Prayoga

Skuat Liverpool merayakan gol Roberto Firmino ke gawang MU (c) AP Photo Skuat Liverpool merayakan gol Roberto Firmino ke gawang MU (c) AP Photo

Bola.net - Sebuah duel seru mewarnai gelaran Premier League pada dini hari tadi. Dua rival bebuyutan, Manchester United dan Liverpool saling beradu taktik di Old Trafford pada pertandingan tunda pekan ke-34 EPL.

Kedua tim datang dengan motivasi berbeda di laga ini. MU mencoba untuk mengamankan posisi runner up EPL musim ini, sementara Liverpool fokus untuk meraih satu tiket ke Liga Champions.

Benar saja, sejak wasit meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan laga berjalan dengan sengit. Jual beli serangan terus terjadi dari waktu ke waktu.

Duel seru ini berakhir dengan kemenangan tim tamu dengan skor 4-2. Padahal di laga ini, Liverpool sebenarnya tertinggal lebih dahulu.

Dari laga ini ada beberapa pemain yang tampil baik dan beberapa lainnya tampil buruk di kedua tim. Berikut Bola.net sajikan para pemenang dan pecundang di pertandingan MU vs Liverpool ini.

1 dari 14 halaman

Diogo Jota - Pemenang

Penyerang Liverpool Diogo Jota. (c) AP Photo Penyerang Liverpool Diogo Jota. (c) AP Photo

Pemain pertama yang layak menyandang status 'pemenang' di laga ini adalah Diogo Jota.

Sejak awal, ia menjadi penyerang Liverpool yang paling berbahaya. Ia piawai mencari celah di lini pertahanan MU dan ia membuat banyak peluang berbahaya.

Salah satu peluang yang ia ciptakan berbuah menjadi gol pertama Liverpool yang kemudian mengilhami comeback The Reds di Old Trafford.

2 dari 14 halaman

Paul Pogba - Pecundang

Paul Pogba berduel dengan Nats Phillips (c) AP Photo Paul Pogba berduel dengan Nats Phillips (c) AP Photo

Pemain dengan label 'Pecundang' di laga ini jatuh pada sosok Paul Pogba.

Di pasang sebagai winger kiri, Pogba tidak tampil dengan efisien. Umpan-umpannya juga tidak terlalu akurat pada hari ini.

Performanya membaik semenjak Fred digantikan Mason Greenwood, sehingga ia bergeser ke tengah. Namun ia tidak banyak membuat perbedaan di laga ini.

3 dari 14 halaman

Roberto Firmino - Pemenang

Penyerang Liverpool Roberto Firmino ikut merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Manchester United, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool Reuters via AP Photo Penyerang Liverpool Roberto Firmino ikut merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Manchester United, Senin (25/01/2021) dini hari WIB. (c) Pool Reuters via AP Photo

Pemain berikutnya yang menyandang label 'Pemenang' di laga ini adalah Roberto Firmino.

Sebelum laga ini, ada banyak kritik yang menerpa sang penyerang. Karena ia belum mencetak gol di EPL sejak akhir Januari 2021 kemarin.

Namun di laga ini, Firmino dengan tajam memanfaatkan dua peluang menjadi gol sehingga timnya comeback dari posisi tertinggal.

4 dari 14 halaman

Eric Bailly - Pecundang

Bek sentral Manchester United, Eric Bailly (c) AP Photo Bek sentral Manchester United, Eric Bailly (c) AP Photo

Bek Manchester United, Eric Bailly menjadi pecundang berikutnya dari laga ini.

Pada laga ini Bailly bermain dengan agresif, dan beberapa kali membuat pelanggaran yang tidak perlu.

Namun dosa terbesarnya adalah ia terlalu sering maju sehingga menyisakan ruang yang besar di lini pertahanan MU yang kemudian dieksploitasi oleh pemain-pemain The Reds.

5 dari 14 halaman

Aaron Wan-Bissaka - Pemenang

Bek kanan Manchester United, Aaron Wan-Bissaka, di laga melawan Southampton di pekan ke-22 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo Bek kanan Manchester United, Aaron Wan-Bissaka, di laga melawan Southampton di pekan ke-22 Premier League 2020/2021 (c) AP Photo

Jika ada satu pemain Manchester United yang tampil bagus di laga ini, maka ia adalah Aaron Wan-Bissaka.

Sejak awal laga ia menjadi sosok yang sulit dilewati di sisi kanan pertahanan MU. Ia juga kerap membuat lini pertahanan Liverpool kerepotan saat ia maju membantu serangan.

6 dari 14 halaman

Alisson Becker - Pecundang

Ekspresi Alisson Becker usai melakukan blunder dalam laga Liverpool vs Manchester City, Minggu (7/2/2021) (c) AP Photo Ekspresi Alisson Becker usai melakukan blunder dalam laga Liverpool vs Manchester City, Minggu (7/2/2021) (c) AP Photo

Secara garis besar, pemain Liverpool rata-rata tampil apik di laga ini. Namun ada satu yang tampil kurang oke, yaitu Alisson.

Sang kiper nyaris membuat Liverpool kebobolan di 5 menit pertama babak pertama akibat umpannya yang tidak akurat. Ia beberapa kali membuat salah-salah umpan yang berbahaya bagi keselamatan The Reds di laga ini.

7 dari 14 halaman

Trent Alexander-Arnold - Pemenang

Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold (c) AP Photo Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold (c) AP Photo

Pemenang sekaligus pemain terbaik di laga ini jatuh pada Trent Alexander-Arnold.

Bek kanan itu benar-benar jadi mimpi buruk bagi lini pertahanan MU. Dengan kecepatannya, ia kerap maju untuk menekan lawan dan juga membantu serangan.

Namun yang paling berbahaya dari Arnold adalah umpan-umpan lambungnya yang sangat akurat sehingga lini serang Liverpool menggila sepanjang laga, di mana ia membuat satu assist untuk gol pertama Roberto Firmino.

8 dari 14 halaman

Fred - Pecundang

Gelandang Manchester United, Fred. (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Fred. (c) AP Photo

Jika Alexander-Arnold adalah pemain terbaik di laga ini, maka Fred layak disebut pemain terburuk di laga ini.

Bagaimana tidak? Gelandang asal Brasil itu mudah sekali kehilangan bola. Umpan-umpannya juga sangat tidak akurat di laga ini.

Berkat salah umpan yang ia lakukan, Liverpool berhasil mencetak gol ketiga mereka saat babak kedua baru berjalan beberapa menit.

9 dari 14 halaman

Mason Greenwood - Pemenang

Pemain Manchester United, Mason Greenwood. (c) AP Photo Pemain Manchester United, Mason Greenwood. (c) AP Photo

Salah satu pemain yang tampil cemerlang di skuat MU di laga ini adalah Mason Greenwood.

Masuk menggantikan Fred di babak kedua, Greenwood berhasil membuat lini serang MU lebih hidup. Ia merepotkan barisan pertahanan The Reds berkat pergerakannya.

Ia nyaris saja mencetak gol ketiga MU di laga ini andai Nats Phillips tidak menghentikan tembakannya di mulut gawang Liverpool.

10 dari 14 halaman

Nats Phillips - Pecundang

Nathaniel Phillips mendapat ucapan selamat dari Jurgen Klopp usai menjalani laga sulit melawan West Ham (c) AP Photo Nathaniel Phillips mendapat ucapan selamat dari Jurgen Klopp usai menjalani laga sulit melawan West Ham (c) AP Photo

Salah satu pemain terburuk Liverpool di laga ini adalah Nats Phillips.

Ia memiliki dosa besar dengan 'memantulkan' tembakan Bruno Fernandes sehingga berbuah gol pertama MU. Ia juga beberapa kali keteteran menghadapi para penyerang MU.

Namun dosanya terampuni saat ia membuat tembakan yang kemudian di konversi Jota menjadi gol pertama Liverpool dan juga menghentikan tembakan Mason Greenwood.

11 dari 14 halaman

Fabinho - Pemenang

Pemain Liverpool, Fabinho (c) Pool via AP Pemain Liverpool, Fabinho (c) Pool via AP

Salah satu pemain yang tidak menonjol tapi krusial perannya di laga ini adalah Fabinho.

Diplot sebagai gelandang bertahan, Fabinho sukses membuat lini tengah MU frustrasi. Karena ia sering sekali memotong aliran bola MU sehingga mereka gagal membuat peluang berbahaya.

12 dari 14 halaman

Bruno Fernandes - Pecundang

Bruno Fernandes merayakan golnya ke gawang Aston Villa, Minggu (09/05/2021) malam WIB. (c) Pool Getty via AP Photo Bruno Fernandes merayakan golnya ke gawang Aston Villa, Minggu (09/05/2021) malam WIB. (c) Pool Getty via AP Photo

Playmaker Manchester United ini layak mendapatkan label pecundang di laga ini.

Ia memang mencetak gol pertama MU di laga ini, namun selebihnya ia tidak nampak memberikan kontribusi bagi Setan Merah. Ia juga membuang beberapa peluang bagus yang seharusnya bisa menjadi gol.

13 dari 14 halaman

Mohamed Salah - Pemenang

Pemain Liverpool Mohamed Salah melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Newcastle di Premier League, Sabtu (24/4/2021) malam WIB. (c) AP Photo Pemain Liverpool Mohamed Salah melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Newcastle di Premier League, Sabtu (24/4/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Pemain terakhir yang layak mendapatkan predikat pemenang di laga ini adalah Mohamed Salah.

Sepanjang laga ia kerap dibuat mati kutu oleh Luke Shaw. Namun ia tidak pernah menyerah dan terus membantu serangan MU.

Ia berhasil mengunci kemenangan Liverpool di menit akhir dan menyudahi perlawanan MU di laga ini.

14 dari 14 halaman

Nemanja Matic

Gelandang Manchester United, Nemanja Matic (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Nemanja Matic (c) AP Photo

Masuk menggantikan Eric Bailly, Matic justru menjadi petaka bagi MU.

Ketika ia mencoba untuk membawa bola keluar, malah bola itu terebut dan kemudian berbuah menjadi gol Mohamed Salah.

Gol ini sangat merugikan MU karena MU pada saat itu tengah tampil menekan usai mencetak gol kedua mereka.

KOMENTAR