Pembelaan Legenda MU untuk Bek Liverpool, Van Dijk: Masih yang Terbaik

Dimas Ardi Prasetya | 28 September 2022, 22:22
Virgil van Dijk dalam laga Liga Champions 2022/2023 Liverpool vs Ajax Amsterdam, Rabu (14/9/2022) (c) AP Photo
Virgil van Dijk dalam laga Liga Champions 2022/2023 Liverpool vs Ajax Amsterdam, Rabu (14/9/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Manchester United Jaap Stam memberikan pembelaan pada bek Liverpool Virgil van Dijk dengan mengatakan ia masih merupakan salah satu bek terbaik di dunia meski performanya belakangan ini terlihat menurun.

Van Dijk adalah pilar penting Liverpool. Ia merupakan sosok tak tergantikan di lini belakang tim asuhan Jurgen Klopp.

Kehadiran Van Dijk sendiri mampu mengubah permainan Liverpool. Pertahanan The Reds menjadi sangat kuat.

Van Dijk juga berperan penting dalam kesuksesan Liverpool meraih sejumlah gelar juara dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk gelar Liga Champions dan Premier League.

1 dari 6 halaman

Performa Van Dijk Menurun

Musim 2022/2023 ini, performa Liverpool menurun. Hal yang sama juga diikuti oleh penampilan sejumlah penggawanya, termasuk Virgil van Dijk.

Bahkan Van Dijk membuat setidaknya dua kesalahan yang berbuah penalti sejauh ini. Padahal ia sebelumnya jarang sekali membuat kesalahan.

Dari situ banyak yang menganggap performa Van Dijk menurun. Ada juga yang menyebut penampilan bek 31 tahun itu tak lagi sama gara-gara cedera lutut yang pernah dialaminya.

2 dari 6 halaman

Van Dijk Masih yang Terbaik

Jaap Stam kemudian memberikan pembelaan kepada Virgil van Dijk. Ia mengatakan Van Dijk masih tetap merupakan salah satu bek terbaik di dunia saat ini.

Stam menyebut bahwa jika memang performa Van Dijk menurun maka itu adalah hal yang wajar. Ia mengatakan sulit bagi seorang pemain untuk bisa tampil stabil di level tertinggi selama beberapa musim.

“Virgil adalah salah satu bek terbaik di dunia. Semua orang juga tahu itu. Ia masih yang terbaik. Saya pikir jika Anda melihat setiap pemain pada level yang sangat tinggi, setiap pemain memiliki momen di mana ia tidak yakin seperti sebelumnya," ucapnya pada Liverpool Echo.

“Ini tidak seperti ia bermain buruk, satu-satunya hal adalah jika Anda bermain di level itu selama beberapa musim dan kemudian ada periode di mana itu tidak terjadi atau mungkin ia membuat keputusan yang berbeda, orang-orang berpikir ada apa dengannya. Apakah ia masih berada di level yang sama?"

“Begitulah dalam sepak bola. Kita semua juga perlu tahu itu," seru Stam.

3 dari 6 halaman

Dibandingkan Dengan Messi

Aksi Lionel Messi dalam laga Lyon vs PSG, Senin (19/9/2022) (c) AP Photo

Aksi Lionel Messi dalam laga Lyon vs PSG, Senin (19/9/2022) (c) AP Photo

Jaap Stam kemudian membandingkan situasi Virgil van Dijk dengan Lionel Messi. La Pulga musim lalu tampil tak seperti biasanya di PSG.

Namun musim ini Messi tampak kembali ke performa terbaiknya. Menurut Stam kelas seorang pasti akan tetap bertahan meski kadang mengalami penurunan performa.

"Jika Anda melihat Messi, ia masih salah satu pemain terbaik di dunia. Orang-orang membicarakan dirinya, beberapa bulan lalu, seolah ia tidak bisa bermain lagi. Bukan itu masalahnya tentu saja, ia masih pemain yang sangat bagus," serunya.

“Van Dijk masih bek yang sangat bagus, salah satu yang terbaik. Masih sangat penting bagi klub. Itu adalah hal yang terjadi pada setiap pemain," tegas Stam.

4 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Liverpool

Jadwal Pertandingan Liverpool berikutnya:

Pertandingan: Liverpool vs Brighton

Stadion: Anfield

Hari: Sabtu, 1 Oktober 2022

Kickoff: 21.00

5 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Manchester United

Jadwal Pertandingan Manchester United berikutnya:

Pertandingan: Manchester City vs Manchester United

Stadion: Etihad

Hari: Minggu, 2 Oktober 2022

Kickoff: 20.00 WIB

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR