Pembelaan Legenda Barcelona untuk Kiper Liverpool, Alisson Becker

Dimas Ardi Prasetya | 11 Februari 2021, 19:25
Pembelaan Legenda Barcelona untuk Kiper Liverpool, Alisson Becker
Alisson Becker. (c) AP Photo

Bola.net - Legenda Barcelona Rivaldo membela Alisson Becker yang baru saja melakukan blunder lawan Manchester City dengan mengatakan kesalahan itu terjadi karena lini belakang Liverpool yang kacau.

Alisson dikenal sebagai kiper yang jempolan. Ia sulit ditaklukkan dan telah membuat pertahanan Liverpool sebagai salah satu yang terbaik di Inggris dalam beberapa tahun belakangan.

Akan tetapi Alisson membuat blunder yang tak biasa saat melawan Manchester City di Anfield. Ia salah umpan, tak cuma sekali tapi dua kali di laga tersebut.

Akibatnya fatal, karena City bisa mencetak dua gol sekaligus. Liverpool pun tumbang dengan skor 1-4 dari The Citizen.

1 dari 3 halaman

Pembelaan Rivaldo untuk Alisson

Blunder Alisson Becker itu pun menuai reaksi yang jelas. Ia panen kecaman dari para fans, meski ada banyak juga orang yang membela eks kiper AS Roma tersebut.

"Penjaga gawang Liverpool mengalami hari yang buruk melawan Manchester City, membuat kesalahan untuk dua gol City dalam pertandingan itu. Tetapi saya tidak berpikir bahwa penggemar The Reds akan menyalahkan atau mengkritiknya secara berlebihan," ucapnya kepada Betfair, via Liverpool Echo.

Rivaldo mengatakan, Alisson tak bisa disalahkan sepenuhnya atas blunder tersebut. Ia mengklaim sang kiper jadi membuat kesalahan sebagai akibat lemahnya lini pertahanan Liverpool.

“Bagaimanapun, ia sangat bisa diandalkan dan terkadang menjadi penyelamat selama bertahun-tahun. Selain itu, Liverpool tidak berada di tempat yang baik dengan masalah pertahanan yang jelas dan itu membuat Alisson lebih terpapar," ujarnya.

"Ketika Anda harus lebih sering melakukan intervensi selama pertandingan, ada peluang lebih besar untuk melakukan kesalahan," tutur Rivaldo.

2 dari 3 halaman

Soal Ederson

Di saat Alisson Becker mengalami masa-masa buruk, kompatriotnya yakni Ederson sedang menjalani masa-masa yang menyenangkan di Manchester City. The Citizen menemukan performa terbaiknya dan terus menuai hasil-hasil apik belakangan ini.

"Adalah rekan senegaranya dan rival Alisson di tim nasional Brasil, Ederson, yang menikmati momen hebat dengan Manchester City terbang di Premier League berkat 10 kemenangan beruntun dan jelas di puncak klasemen," serunya.

"Ederson berkontribusi kuat karena ia hanya kebobolan tiga kali dalam 15 pertandingan terakhir," seru Rivaldo.

"Tim Pep Guardiola telah meningkat drastis secara defensif, sementara Liverpool mengalami yang sebaliknya," ujarnya pria yang dulu memiliki tendangan kaki kiri dahsyat tersebut.

3 dari 3 halaman

Efek Blunder Alisson di Timnas Brasil

Meski demikian, penurunan performa Alisson Becker bersama Liverpool disebut tak akan sampai memengaruhi posisinya di tim nasional Brasil. Ia yakin Tite akan tetap menjadikan Alisson sebagai kiper nomor satunya ketimbang Ederson.

"Mengenai tim nasional Brasil, saya tidak percaya bahwa performanya ini akan membuat Tite mengubah preferensinya untuk Alisson di starting 11," cetusnya.

"Pokoknya, selalu menyenangkan memiliki opsi bagus seperti Ederson untuk dipilih saat diperlukan," tandas Rivaldo.

Alisson Becker musim ini telah bermain sebanyak 24 kali bagi Liverpool di semua ajang kompetisi. Ia kebobolan 25 kali dan mencatatkan tujuh cleansheet.

(Liverpool Echo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR