BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Pemain Terbaik EPL 2020 Bukan Fernandes Atau Son Heung-min, Tapi Fabinho, Sepakat?

11-01-2021 19:24 | Dimas Ardi Prasetya

Aksi Fabinho saat menghalau bola sundulan Dusan Tadic yang akan masuk ke gawang Liverpool di laga lawan Ajax Amsterdam di matchday 1 Liga Champions 2020-21, Kamis (22/10/2020). (c) AP Photo
Aksi Fabinho saat menghalau bola sundulan Dusan Tadic yang akan masuk ke gawang Liverpool di laga lawan Ajax Amsterdam di matchday 1 Liga Champions 2020-21, Kamis (22/10/2020). (c) AP Photo

Bola.net - Eks striker Liverpool John Aldridge mengatakan Bruno Fernandes dan Son Heung-min masuk jajaran pemain yang bersinar selama setahun terakhir namun menurutnya pemain terbaik di tahun 2020 justru adalah Fabinho.

Tahun 2020 adalah tahun yang unik karena situasi dan kondisi yang terjadi di dunia. Namun demikian hal tersebut tak menghalangi sejumlah pemain untuk menunjukkan sinarnya di atas lapangan.

Di antaranya adalah gelandang Manchester United, Bruno Fernandes. Sejak pindah ke Old Trafford, ia langsung mampu mengatrol performa Setan Merah.

Lalu ada juga Son Heung-min. Pemain asal Korea Selatan itu tampil menawan di lini serang Tottenham, terlebih saat ia berduet dengan Harry Kane.

1 dari 3 halaman

Fabinho, Pemain Terbaik 2020

Selain Bruno Fernandes dan Son Heung-min, masih ada juga beberapa pemain lain yang tampil oke. Termasuk kapten Liverpool, Jordan Henderson.

Namun John Aldridge mengatakan, saat ini yang layak disebut sebagai pemain terbaik tahun 2020 bukan salah satu di antara mereka bertiga. Ia malah memilih pemain Liverpool lainnya, Fabinho.

“Ada banyak perdebatan tentang siapa pemain terbaik tahun 2020 dan Jordan Henderson mendapat beberapa nominasi, tapi saya tergoda untuk memilih pemain Liverpool lain untuk hadiah itu," bukanya pada Sunday World.

“Bruno Fernandes luar biasa sejak ia tiba di Manchester United pada Januari dan duet Tottenham Harry Kane dan Son Heung-min telah menjadi [duet] kelas atas," serunya.

“Namun ketika saya melihat pemain yang paling berpengaruh di tim terbaik di negeri ini, fokus saya tertuju pada maestro sempurna Liverpool, Fabinho," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Alasan Pilih Fabinho

John Aldridge kemudian membeber apa alasan ia memilih Fabinho sebagai pemain terbaik 2020 ketimbang Bruno Fernandes atau Son Heung-min. Ia mengaku terkesan dengan performa pemain plontos itu saat bermain sebagai gelandang bertahan.

Namun ia makin terkesan dengannya ketika ia diminta tampil sebagai bek tengah dadakan menyusul cederanya bek-bek senior Liverpool. Aldridge mengatakan Fabinho tampil tanpa cela di pos tersebut meski bukan posisi aslinya.

“Ia membutuhkan waktu untuk menemukan penampilan terbaiknya di Liverpool, tetapi pentingnya Fabinho bagi tim Jurgen Klopp telah disorot berkali-kali dalam beberapa bulan terakhir. Pemain Brasil ini fantastis di lini tengah pada paruh pertama tahun 2020 dan telah menjadi maestro di jantung pertahanan sejak Virgil van Dijk dan Joe Gomez mengalami cedera yang mengakhiri musim mereka," ujarnya.

“Faktanya, jika semua bek Liverpool fit dan tersedia, Fabinho mungkin akan dipilih sebagai mitra Van Dijk di depan orang lain dan itu menunjukkan banyak hal tentang penampilannya," cetus Aldridge.

“Ia hampir tidak melakukan kesalahan sejak melangkah ke jantung pertahanan dan ia telah menjadi pemimpin yang hebat untuk membimbing anak-anak muda seperti Nat Phillips dan Rhys Williams dalam beberapa minggu terakhir. Tidak mudah untuk bermain dalam posisi asing dan terlihat seperti pemain terbaik dalam sekejap, tapi Fabinho telah melakukannya dan ia telah menjadi sebuah pencerahan," serunya.

3 dari 3 halaman

Liverpool Bisa Juara Dengan Fabinho

John Aldrige mengatakan, Liverpool saat ini tak bakal bisa mempertahankan gelar juara liga. Itu akan terjadi jika mereka tetap mengandalkan Joel Matip dan para pemain muda seperti Nat Phillips dan Rhys Williams.

Akan tetapi beda ceritanya jika Fabinho yang main di jantung pertahanan bersama Matip. Maka dari itu Liverpool harus berusaha untuk menjaga eks pemain AS Monaco tersebut agar tetap fit.

“Saya tidak berpikir pertahanan Liverpool yang terdiri dari gelandang sementara, Joel Matip yang sesekali fit dan beberapa anak muda akan cukup untuk memenangkan mereka gelar Premier League pada 2021, namun selama Fabinho terus tampil seperti yang telah tampilkan dalam beberapa bulan terakhir, apa pun mungkin," cetus Aldridge.

Saat ini Liverpool praktis hanya bisa mengandalkan Fabinho di pos bek tengah. Namun demikian The Reds disebut enggan mendatangkan pemain baru di posisi tersebut pada bursa transfer Januari 2021 ini.

(Sunday World)

KOMENTAR