BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pasrah, Klopp Sebut VAR Tak Akan Bisa Sempurna

12-11-2019 17:01 | Dimas Ardi Prasetya

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp menyebut penggunaan Video Assistant Referee (VAR) masih bisa ditingkatkan meski juga mengklaim teknologi itu tak akan bisa digunakan secara sempurna.

Kompetisi di Premier League belum berjalan setengah musim. Akan tetapi kontroversi yang muncul karena VAR sudah berulang kali muncul, bahkan sejak pekan-pekan awal.

Yang terbaru adalah di laga Liverpool vs Manchester City di Anfield. Saat itu Josep Guardiola merasa berang karena wasit mendiamkan dua handball Trent Alexander-Arnold di kotak terlarang.

Pekan sebelumnya, Liverpool yang juga jadi korban penggunaan VAR yang tak akurat. Saat melawan Aston Villa, sempat ada gol Roberto Firmino yang dianulir karena ketiaknya dianggap offside.

1 dari 2 halaman

Pasrah

Jurgen Klopp seakan pasrah dan mengakui bahwa VAR memang masih ambyar. Akan tetapi menyebut penggunaannya jelas masih bisa ditingkatkan lagi.

"VAR bisa diperbaiki, bisa. [Tapi] Tidak akan pernah 100 persen akurat, semua orang tahu itu," serunya seperti dilansir Goal International.

"Tetapi ada beberapa hal yang tidak benar. Dengan VAR, handball, offside, jelas kita harus terus memperbaikinya," sambung Klopp.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Sempurna

Klopp menambahkan, penggunaan VAR ini juga tidak akan sempurna. Namun demikian, ditegaskannya teknologi ini sebenarnya tak terlalu membutuhkan kesempurnaan.

"Ada ide bagus dari UEFA tentang bagaimana kita dapat memilah hal-hal dari wasit, sehingga semua orang terlibat di dalamnya," beber Klopp.

"Masih ada ruang untuk kesalahan. Hal-hal ini dilakukan oleh manusia dan tidak ada dari kita yang sempurna. Tidak ada yang meminta kesempurnaan, Anda hanya ingin memiliki keputusan yang tepat," tandas Klopp.

Setelah memimpin duel Liverpool vs Manchester City, Jurgen Klopp menghadiri acara konferensi para pelatih UEFA. Acara tersebut dihelat di Nyon, Swiss.

(goal international)

KOMENTAR