BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Partey Main, Ozil Main, Beres Masalah Arsenal!

02-12-2020 04:30 | Richard Andreas

Playmaker Arsenal, Mesut Ozil, usai mencetak gol ke gawang Newcastle United, Minggu (16/2/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Playmaker Arsenal, Mesut Ozil, usai mencetak gol ke gawang Newcastle United, Minggu (16/2/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Arsenal dan Mikel Arteta kembali didesak perihal kesempatan bermain untuk Mesut Ozil. Kali ini kritik datang dari Paul Merson, yang menurutnya Ozil layak mendapatkan kesempatan bermain.

Ya, keputusan mencoret nama Ozil dari daftar skuad Arsenal awal musim lalu sempat dipertanyakan. Ozil masih dianggap pemain penting, khususnya perihal membongkar pertahanan lawan.

Kala itu Mikel Arteta menegaskan keputusan pencoretan itu sepenuhnya profesional. Dia pun yakin Arsenal sudah membuat keputusan terbaik, terlebih setelah mereka mendatangkan Thomas Partey.

Nahasnya, beberapa pekan terakhir wajah asli Arsenal terkuak. Mereka tidak bisa membongkar pertahanan berlapis lawan, tidak ada pemain yang cukup kreatif.

Alhasil, muncul satu pertanyaan besar: Andai Ozil bermain, apakah Arsenal bakal lebih baik?

1 dari 3 halaman

Partey main, Ozil main

Situasi Arsenal ini pun memancing perhatian Paul Merson, fans sekaligus analis Premier League. Menurutnya solusi untuk masalah ini sudah jelas, ada dalam nama Partey dan Ozil.

Dia yakin kehadiran Partey sangat penting untuk tim, permainan jadi lebih stabil. Namun, andai Ozil juga bermain, kestabilan itu bakal didukung dengan kreativitas.

"Bagi saya, seharusnya Mesut Ozil kembali masuk dalam tim jika Thomas Partey sudah fit," kata Merson kepada Sky Sports.

"Partey akan menjelajah lapangan, menguasai lini tengah, dan mendikte permainan. Permainannya membuka kesempatan untuk Ozil."

2 dari 3 halaman

Butuh suplai

Analisis dan saran Merson di atas didasarkan pada fakta mengenaskan Arsenal beberapa pekan terakhir. Mereka hanya satu kali menang dalam 6 pertandingan terakhir, itu pun hanya mencetak satu gol dari open play, dan satu gol lainnya dari titik putih.

"Saat ini Arsenal tidak punya pemain untuk meladeni para penyerang. Anda bisa saja berlari sepanjang hari, tapi jika Anda seorang striker, pergerakan Anda hanya bagus ketika pemain di belakang Anda pun sama baiknya," sambung Merson.

"Ketika para pemain Arsenal membawa bola ke tengah, apakah Pierre-Emerick Aubameyang mau berlari? Apakah dia cukup percaya diri berlari dan yakin mendapatkan bola?"

"Saya kira tidak, jadi mereka jelas membutuhkan kreativitas," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Saling melengkapi

Merson tahu permainan Ozil kerap dikritik pemalas, tidak mau bertahan. Karena itulah menurutnya Ozil hanya bisa bermain ketika Partey ada di lapangan, dengan demikian akan saling menutupi kekurangan.

"Jika Partey tidak bermain, Ozil tidak bisa bermain. Tanpa Partey, Arsenal tidak akan mendikte lini tengah," lanjut Merson.

"Tapi jika Arsenal bisa menguasai lini tengah, dan Ozil bermain di belakang Aubameyang, dengan dua winger. Anda bisa meminta keempat bek untuk bertahan," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR