Para Pemain Manchester United yang Dipinjamkan Musim Ini, Bagaimana Kiprahnya?

Yaumil Azis | 30 Juli 2020, 14:13
Dean Henderson. (c) AP Photo
Dean Henderson. (c) AP Photo

Bola.net - Sebanyak 19 pemain telah dilepas oleh Manchester United ke klub lain dengan status pinjaman pada musim ini. Lalu, bagaimana kiprah mereka sejauh ini?

Tujuan peminjaman ini bisa beragam. Bagi pemain muda, masa pinjaman berguna untuk mendapatkan kesempatan tampil serta pengalaman sebanyak mungkin bersama klub lain.

Beda lagi tujuannya kalau diterapkan kepada pemain yang sudah berpengalaman, dan tentu saja ada keuntungannya buat klub. Dengan metode ini, klub bisa memangkas biaya gaji dalam neraca keunagannya walau hanya sementara.

Sekitar 19 pemain telah Manchester United lepas ke klub lain dengan status pinjaman. Bolanet menghimpun lima nama penting untuk melihat kiprahnya sejauh ini. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Max Taylor

Perjalanan karir pemain berusia 20 tahun ini terbilang cukup menarik. Pada tahun 2018, ia harus menjalani kemoterapi untuk membantu perjuangannya menghadapi kanker testis. Dan ia berhasil melalui masa-masa berat itu.

Setahun setelahnya, ia mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama skuat Manchester United di pentas Liga Europa pada akhir November lalu. Kala itu the Red Devils sedang menghadapi wakil Kazakhstan, FC Astana.

Sekarang ia diberi kesempatan untuk mencari pengalaman bersama klub divisi Northern Premier League, Stalybridge Celtic FC. Sebelum ajang tersebut dihentikan, Max Taylor sempat mencatatkan sembilan penampilan.

2 dari 5 halaman

Cameron Borthwick-Jackson

Borthwick-Jackson sempat membuat publik terkesan dengan penampilannya di era kepelatihan Louis van Gaal, tepatnya di musi 2015/16. Namun ia gagal membuat Jose Mourinho atau Ole Gunnar Solskjaer terkesan.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu dipinjamkan ke Tranmere Rovers pada awal musim, namun hanya mampu mengantongi lima caps saja. Pada Januari kemarin, ia ditarik kembali ke Old Trafford.

Tidak lama berselang, pria berumur 23 tahun tersebut dikirim ke Oldham City dengan masa pinjaman hingga akhir musim 2019/20 berakhir. Tercatat ia hanya bermain sebanyak enam kali bersama klub divisi League Two tersebut.

3 dari 5 halaman

Dean Henderson

Di antara sederet pemain muda Manchester United yang dipinjamkan musim ini, hanya Dean Henderson saja yang menunjukkan potensi besar. Saat ini ia sedang membela Sheffield United.

Sudah dua musim Henderson menjalani karirnya sebagai pemain pinjaman di Sheffield. Pada musim kemarin Ia turut serta membantu the Blaeds naik ke Premier League untuk pertama kalinya sejak tahun 2007 silam.

Performanya musim ini kian apik, di mana Henderson sukses mencatatkan 14 clean sheet dari 40 penampilannya di semua ajang. Belakangan beredar rumor yang mengatakan bahwa dirinya akan menjadi suksesor David De Gea di Old Trafford.

4 dari 5 halaman

Chris Smalling

Kedatangan Harry Maguire dari Leicester City menjadi kabar buruk buat Chris Smalling. Pada akhirnya, ia harus angkat kaki dari Old Trafford untuk menjalani masa pinjaman bersama salah satu raksasa Italia, AS Roma.

Sebelum ini, Smalling kerap dianggap sebagai dalang atas buruknya lini pertahanan Manchester United. Namun ia berhasil bangkit dan sekarang menjadi bagian penting dari klub berjuluk Giallorossi tersebut.

AS Roma sedang berupaya keras untuk merekrut bek berusia 30 tahun itu secara permanen pada musim panas. Menurut laporan, proses negosiasi untuk mendapatkan harga yang cocok buat Smalling sedang berjalan di balik layar.

5 dari 5 halaman

Alexis Sanchez

Seperti halnya Smalling, Sanchez pun mendapatkan performa terbaiknya lagi saat menjalani masa pinjaman. Namun jalan pemain asal Chile tersebut bisa dikatakan cukup terjal.

Sanchez baru mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter pada September lalu, dan langsung mencetak gol dan mendapatkan kartu merah. Usai melakoni dua pertandingan, ia absen cukup lama lantaran mengalami cedera.

Mantan penggawa Arsenal itu akhirnya mencapai puncak performanya lagi saat Serie A kembali bergulir. Sampai pekan ke-37, ia sudah bermain sebanyak 12 kali di pentas Serie A dengan torehan tiga gol serta tujuh assist.

(Planet Football)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR