BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Opini Tidak Populer Schmeichel: MU Harusnya Pertahankan Moyes

11-02-2019 20:29 | Dimas Ardi Prasetya

David Moyes (c) AFP David Moyes (c) AFP

Bola.net - Legenda Manchester United Peter Schmeichel mengatakan Setan Merah harusnya mempertahankan David Moyes lebih lama di Old Trafford.

Moyes didatangkan oleh MU setelah Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun. Ia dicomot dari Everton.

Penunjukan Moyes itu sendiri juga berdasarkan petunjuk dan restu dari Ferguson. Akan tetapi ternyata Moyes tak bisa memenuhi ekspektasi klub.

Manajer yang berasal dari Skotlandia itu tak bisa mempertahankan level permainan MU yang sebelumnya dipatok oleh Ferguson. Alhasil Setan Merah meraih cukup banyak hasil negatif.

Pada akhirnya, Moyes didepak dari Old Trafford, tujuh bulan setelah ditunjuk menggantikan Ferguson. Setelah itu Ryan Giggs masuk sebagai manajer interim, sebelum akhirnya manajemen klub menunjuk Louis Van Gaal sebagai manajer penggantinya.

1 dari 3 halaman

Kritik pada Manajemen Klub


Schmeichel kemudian mengkritik kebijakan mantan klubnya tersebut. Ia menyebut harusnya MU memberikan Moyes lebih banyak waktu untuk menunjukkan kemampuannya.

“Jika kita harus memiliki penyesalan sebagai Manchester United, itu adalah bahwa kita hanya memberi David Moyes waktu tujuh bulan," ujarnya pada beIN Sports.

“Saya pikir kita harus memberinya lebih banyak waktu, menerima bahwa hasilnya tidak akan seperti yang kita harapkan dan bahwa permainan tim akan sedikit berbeda," lanjutnya.

“Saya percaya ia akan semakin meresapi peran itu. Ia memiliki kepribadian dan ia memiliki banyak hal yang perlu ia pelajari dan ia tidak memiliki siapa pun untuk mempelajarinya," cetusnya.

2 dari 3 halaman

Mourinho Dulu


Pria asal Denmark ini juga meyakini bahwa setelah mendepak Moyes, MU membuat keputusan yang tidak tepat lagi. Yakni dengan mendatangkan Van Gaal.

Menurutnya saat itu akan lebih tepat bila MU mendatangkan Jose Mourinho, ketimbang manajer asal Belanda tersebut. Ia pun yakin nasib Setan Merah akan lebih baik jika mereka ditangani lebih cepat oleh manajer asal Portugal tersebut.

“Itu membuat kami mengambil keputusan gegabah, jadi kami membawa nama dan itu salah total. Seandainya kita membawa Mourinho bukannya Louis van Gaal, saya yakin sejarah akan mengatakan bahwa itu akan lebih baik," cetusnya.

“Akan jauh lebih baik baginya untuk datang pada saat itu daripada setelah Van Gaal. Ada terlalu banyak hal yang terjadi, terlalu banyak pemain yang tidak cocok untuknya dan mungkin juga tidak cocok untuk Man United," terangnya.

“Tapi kita kembali dan melihat sejarah kita, kita melihat jumlah tahun dari Sir Matt [Busby] berhenti dan pensiun di tahun 70-an dan sampai ke ‘86. Fergie masih butuh waktu dari tahun ‘86 ke ‘93 untuk memastikan trofi pertama sehingga United adalah tipe klub yang akan selalu bangkit kembali. Kali ini kami hanya berharap itu terjadi sedikit lebih cepat."

3 dari 3 halaman

Berita Video


Manchester City menang telak 6-0 atas Chelsea pada pekan ke-26 Premier League di Stadion Etihad, Minggu atau Senin (11/2/2019) dini hari WIB. Di laga ini, bomber andalan The Citizens mencetak hattrick.

Para Bek Premier League yang Berbahaya pada Pekan Pertama

KOMENTAR