BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Oknum Suporter Diduga Melakukan Pelecehan Rasial, Sikap MU Didukung Liverpool

22-10-2019 09:20 | Richard Andreas

Marcus Rashford (c) AP Photo Marcus Rashford (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United menggelar investigasi tentang dugaan pelecehan rasial salah satu suporter mereka saat menjamu Liverpool di Old Trafford, Minggu (20/10/2019) lalu. Laga panas itu berakhir 1-1, hasil yang adil bagi kedua tim.

Pelecehan rasial memang telah menjadi salah satu kekhawatiran utama di dunia sepak bola. Sudah banyak aksi yang dilakukan itu menendang rasisme dari lapangan hijau, tapi sejauh ini aksi negatif itu masih terus terjadi.

Kali ini, MU mengonfirmasi bahwa ada satu penonton yang diusir keluar dari stadion pada pertandingan tersebut. Mengutip Goal internasional, MU benar-benar menyelidiki situasi ini sebaik mungkin, mereka ingin menjaga nama baik klub.

Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Sikap MU

Penyelidikan masih berlangsung, tapi MU sudah tegas menolak rasisme. Sebagai klub besar, MU ingin menjadi salah satu agen perubahan sosial untuk kemanusiaan yang lebih besar.

Salah satu juru bicara MU berkata: "Kami menyadari adanya insiden pada pertandingan kemarin, yakni ketika ada individu di wilayah tuan rumah dituding melakukan pelecehan rasial."

"Individu tersebut sudah diidentifikasi dan diusir dari stadion. Saat ini kami sedang menyelidiki kasus ini sebagai prioritas."

"Rasisme dan segala bentuk diskriminasi lainnya benar-benar tidak bisa diterima dan tidak mencerminkan nilai-nilai klub kami."

2 dari 3 halaman

Pujian Liverpool

Sikap Positif MU itu langsung direspons Liverpool. Dua tim ini memang rival sengit di atas lapangan, tapi mereka bisa bekerja sama menumpas rasisme.

"Liverpool FC menanggapi tudingan ini dengan sangat serius dan bakal mendukung tindakan terbaik terhadap siapa saja yang dinilai bertanggung jawab."

"Pada tahap ini, tidaklah pantas mengomentari lebih lanjut tentang dugaan insiden tersebut selain menyambut positif gerak cepat MU untuk melakukan penyelidikan dan mendukung sikap mereka bahwa rasisme dan diskriminasi tidak boleh ditoleransi."

3 dari 3 halaman

Sulitnya Menendang Rasisme

Tidak hanya pemain lawan, pemain-pemain MU sendiri pernah menjadi korban pelecehan rasial oleh suporter mereka. Paul Pogba dan Marcus Rashford pernah dilecehkan di media sosial karena bermain buruk.

MU pernah berdiskusi langsung dengan perwakilan Facebook dan Twitter untuk mencari cara terbaik menghentikan pelecehan di media sosial itu. Namun, sampai saat ini belum ada solusi yang tercapai.

Pelecehan rasial masih menjadi salah satu kekhawatiran terbesar di dunia sepak bola Untungnya, sepak bola juga merupakan salah satu sarana perubahan terbaik.

KICK RACISM OUT OF FOOTBALL

Sumber: Goal

5 Kebodohan Pesepakbola dan Pemain yang Menjadi Aktor Film

KOMENTAR