BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Nostalgia Kejayaan! 13 Transfer Terbaik Arsenal Era Arsene Wenger

22-12-2020 16:17 | Asad Arifin

Arsene Wenger (c) Premier League Twitter
Arsene Wenger (c) Premier League Twitter

Bola.net - Arsenal pernah berada di era kejayaan bersama Arsene Wenger pada era 2000-an. The Gunners dua kali menjadi juara Premier League yakni pada musim 2001/2002 dan 2003/2004.

Gelar yang diraih pada 2003/2004 pun terasa sangat istimewa. Sebab, hingga kini, Arsenal menjadi satu-satunya klub yang meraih gelar juara tanpa pernah kalah pada era Premier League.

Kini, Arsenal tengah terpuruk. Hingga pekan ke-14 Premier League musim 2020/2021, mereka berada di posisi ke-15 klasemen. Para pemain yang dibeli pada bursa transfer tidak banyak membantu.

Pada masa jayanya, Wenger mampu membangun Arsenal dengan transfer yang brilian. Dia membeli pemain muda dengan harga murah untuk 'disulap' menjadi pemain bintang di Arsenal.

Siapa saja transfer terbaik Arsenal yang terjadi pada era Arsene Wenger? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 13 halaman

Sol Campbell

Sol Campbell (c) AFP
Sol Campbell (c) AFP

Sol Campbell nyaris membawa Arsenal juara Liga Champions 2005/2006. Dia mencetak gol di laga final melawan Barcelona. Akan tetapi, Arsenal kemudian kalah 1-2 setelah bermain dengan 10 pemain.

Sol Campbell bergabung dengan Arsenal pada 2001. Dia membela Arsenal setelah menjadi ikon di Tottenham. Dia pun mendapat label 'Judas' dari fans Tottenham. Sol Campbell menjadi sosok penting di Arsenal dan turut membawa klub ke era kejayaan pada awal 2000-an.

Transfer: Gratis dari Tottenham.

2 dari 13 halaman

Robin van Persie

Robin van Persie (c) Bola.net
Robin van Persie (c) Bola.net

Terlepas dari perpisahan yang buruk, Robin van Persie tetap punya sejarah bagus di Arsenal. Dia membawa The Gunners menjadi juara Piala FA 2004/2005. Robin van Persie mencetak 132 gol dari 278 laga untuk Arsenal.

Robin van Persie bergabung dengan Arsenal pada 2004. Saat itu, pada usia yang sangat muda, Arsenal membayar 2.75 juta pounds untuk membelinya. Dia menjadi mesin gol Arsenal setelah Thierry Henry pindah.

Transfer: 2.75 juta pounds dari Feyenoord.

3 dari 13 halaman

Aaron Ramsey

Aaron Ramsey (c) AP Photo
Aaron Ramsey (c) AP Photo

Aaron Ramsey menjadi bidikan Everton dan Manchester United, tetapi dia memilih pindah ke Arsenal pada 2008 silam. Arsene Wenger punya peran penting pada keputusan pemain asal Wales itu untuk pindah ke Arsenal.

Aaron Ramsey memainkan 369 laga untuk Arsenal sebelum pindah ke Juventus pada 2019 lalu. Ramsey sempat mengalami cedera patah kaki di Arsenal, tetapi mampu bangkit. Ramsey meraih tiga gelar Piala FA bersama The Gunners.

Transfer: 4.8 juta pounds dari Cardiff City.

4 dari 13 halaman

Emmanuel Petit

Emmanuel Petit sudah menjadi pemain andalan Arsene Wenger saat masih di AS Monaco. Wenger lalu membawa Emmanuel Petit ke Arsenal pada 1997 dengan transfer 2.5 juta pounds.

Emmanuel Petit membela Arsenal selama tiga musim. Dia membawa The Gunners menjadi juara Premier League musim 1997/1998. Di Arsenal, Petit membuat kolaborasi apik dengan Patrick Vieira di lini tengah.

Transfer: 2.5 juta pounds dari AS Monaco.

5 dari 13 halaman

Gael Clichy

Arsenal mendapatkan jasa Gael Clichy dengan harga sangat murah. Dia dibeli dengan mahar 338 ribu pounds pada 2003. Gael Clichy menjadi bagian dari skuad Arsenal musim 2003/2004 yang tak pernah kalah sepanjang musim.

Gael Clichy awalnya berada di bawah bayang-banyang Ashley Cole. Namun, ketika Cole pindah ke Chelsea, Gael Clichy menjadi pilihan utama. Pria asal Prancis itu membela Arsenal selama tujuh musim.

Transfer: 338 ribu pounds dari Cannes.

6 dari 13 halaman

Nicolas Anelka

Nicolas Anelka bermain untuk tim utama PSG pada usia 16 tahun. Pada 1997, dia pindah ke Arsenal atas permintaan Arsene Wenger. Anelka mencetak gol pertama di Arsenal saat menang 3-2 atas Manchester United.

Nicolas Anelka mencetak 17 gol pada musim 1998/1999 dan meraih gelar PFA Young Player of the Year. Namun, dia kemudian pindah ke Real Madrid pada musim panas 1999 dengan transfer 22.3 juta pounds.

Transfer: 500 ribu pounds dari PSG.

7 dari 13 halaman

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas di Arsenal (c) Bola.net
Cesc Fabregas di Arsenal (c) Bola.net

Arsenal membawa Cesc Fabregas dari La Masia pada usia yang sangat muda. Arsene Wenger sengaja membelinya untuk menjadi calon pengganti Patrick Vieira.

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas menjalani debut di Arsenal pada usia 16 tahun. Dia kemudian menjadi pemain penting di klub hingga dipercaya sebagai kapten. Fabregas kemudian pindah ke Barcelona pada 2011, setelah tujuh tahun membela Arsenal.

Transfer: Tidak diketahui, dari Barcelona.

8 dari 13 halaman

Marc Overmars

Cepat, gesit, lincah, dan jago drible. Itulah atribut yang melekat pada diri Marc Overmars. Dia dibeli Arsenal pada 1997 usai tampil bagus bersama Ajax Amsterdam.

Marc Overmars memang hanya tiga musim di Arsenal. Namun, dia masuk dalam jajaran pemain penting klub. Sebab, dia memberi tiga gelar juara untuk The Gunners. Salah satunya Premier League musim 1997/1998.

Transfer: 6 juta pounds dari Ajax Amsterdam.

9 dari 13 halaman

Kolo Toure

Kolo Toure, kakak kandung Yaya Toure, punya catatan manis di Arsenal. Sebagai bek tengah, dia punya segala atribut untuk bisa membawa Arsenal bersaing di papan atas sepak bola Eropa.

Fans Arsenal memberi julukan 'King Kolo' untuk pria asal Pantai Gading. Kehadiran Kolo Toure -bersama Sol Campbell- di lini belakang, membawa Arsenal tak terkalahkan sepanjang musim 2003/2004.

Transfer: 150 ribu pounds dari ASEC Mimosas

10 dari 13 halaman

Robert Pires

Robert Pires (c) AFP
Robert Pires (c) AFP

Pada awal 2000-an, Arsenal sangat kental dengan aroma Prancis. Bukan hanya dari Arsene Wenger, tapi juga pemain. Salah satunya adalah Robert Pires. Dia sangat ikonik dengan gaya bermain dan rambutnya.

Wenger membeli Robert Pires dari Marseille tahun 2000. Enam tahun bermain untuk Arsenal, Pires mampu mencetak 87 gol dari 287 laga di semua kompetisi. Pires punya koneksi istimewa dengan Thierry Henry.

Transfer: 7 juta pounds dari Marseille.

11 dari 13 halaman

Fredrik Ljungberg

Freddie Ljungberg & Robert Pires (c) Ist
Freddie Ljungberg & Robert Pires (c) Ist

Fredrik Ljungberg langsung mencetak gol pada laga debutnya untuk Arsenal, melawan Manchester United. Ljungberg pun segera menjadi idola fans Arsenal usai laga debut melawan klub rival.

Ljungberg mencatatkan 325 laga untuk Arsenal di semua kompetisi dan mencetak 72 gol. Pria asal Swedia turut mengantar Arsenal meraih dua gelar Premier League yakni pada musim 2001/2002 dan 2003/2004.

Transfer: 3 juta pounds dari Halmstads.

12 dari 13 halaman

Patrick Vieira

Patrick Vieira (c) AFP
Patrick Vieira (c) AFP

Patrick Vieira tidak berkembang saat bermain di AC Milan pada musim 1995/1996. Arsene Wenger dengan tangan dinginnya membeli Vieira dengan harga 3.5 juta pounds pada musim panas 1996.

Vieira kemudian menjadi jenderal lini tengah Arsenal untuk waktu yang lama. Vieira menjadi kapten yang karismatis bagi klub asal London Utara. Dia salah satu pemain terbaik dalam sejarah klub.

Transfer: 3.5 juta pounds dari AC Milan.

13 dari 13 halaman

Thierry Henry

Thierry Henry (c) Bola.net
Thierry Henry (c) Bola.net

Memisahkan era kejayaan Arsenal dengan nama Thierry Henry menjadi hal yang sulit. Bersama gol-gol dari bomber asal Prancis inilah Arsenal menjadi klub langganan juara di Inggris dan disegani di Eropa.

Wenger membeli Thierry Henry dari Juventus dengan harga 10.5 juta pounds. Harga yang terasa murah jika melihat kontribusi besar sang pemilik rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub tersebut.

Transfer: 10.5 juta pounds dari Juventus

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR