Musim Terbaik Cesc Fabregas vs Mesut Ozil, Siapa Playmaker Lebih Baik?

Asad Arifin | 24 April 2020, 13:31
Cesc Fabregas vs Mesut Ozil (c) Bola.net
Cesc Fabregas vs Mesut Ozil (c) Bola.net

Bola.net - Sebelum era kejayaan Kevin De Bruyne, ada dua nama playmaker handal di Premier League. Keduanya adalah Cesc Fabregas dan Mesut Ozil. Penampilan kedua pemain tidak kalah hebat dari Kevin De Bruyne.

Pada musim 2019/2020 ini, Kevin De Bruyne tampil sangat menonjol di lini tengah Manchester City. Pemain asal Belgia tersebut telah mencetak delapan gol dan 16 assist dari 26 laga Premier League yang dimainkan.

Kevin De Bruyne kini memimpin daftar top assist di Premier League. Catatan assists terbaik Kevin De Bruyne bersama Man City terjadi pada musim 2016/2017 lalu. Saat itu, dia mencetak 18 assist di Premier League.

Namun, pada musim terbaiknya, Cesc Fabregas dan Mesut Ozil juga tidak kalah dari Kevin de Bruynes. Kedua pemain pernah menjadi raja assist di Premier League dan membuat manja para pemain depan timnas.

1 dari 4 halaman

Musim Terbaik Cesc Fabregas dan Mesut Ozil

Cesc Fabregas bermain untuk Chelsea pada 2014 hingga 2018. Chelsea membeli playmaker asal Spanyol itu dari Barcelona. The Blues harus membayar 33 juta euro untuk membawa Cesc Fabregas ke London pada Juli 2014.

Empat setengah musim bermain untuk Chelsea, musim 2014/2015 menjadi musim terbaik Cesc Fabregas. Dia mampu membawa Chelsea meraih gelar Premier League. Selain itu, gelar juara Piala Liga juga diraih Cesc Fabregas.

Sementara itu, Mesut Ozil bermain di Arsenal sejak 2013 dan masih bertahan hingga sekarang. The Gunners membelinya dari Real Madrid dengan harga 50 juta euro. Mesut Ozil kini menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Arsenal.

Musim 2015/2016 menjadi musim terbaik bagi Mesut Ozil bersama Arsenal. Pemain asal Jerman memang tidak memberikan gelar juara, The Gunners hanya menjadi runner-up di Premier League.

2 dari 4 halaman

Cesc Fabregas vs Mesut Ozil: Statistik Gol dan Assist

Seperti yang sudah diterangkan di atas, Cesc Fabregas memainkan musim terbaiknya pada 2014/2015. Secara individu, penampilan Cesc Fabregas sangat gemilang. Pemain yang kini membela AS Monaco mencetak tiga gol dan 18 assist.

Dari sisi jumlah assist, capaian pada musim 2014/2015 menjadi yang terbaik dalam karir Cesc Fabregas. Dia tidak pernah mencapai jumlah assist yang sama dalam karirnya, bahkan ketika bermain untuk Arsenal di awal karir.

Mesut Ozil punya capaian lebih baik pada musim terbaiknya, dibanding Cesc Fabregas. Pada musim 2015/2016, mantan pemain Real Madrid itu mampu mencetak enam gol dan 19 assist di Premier League dalam satu musim.

Hanya saja, walau tampil begitu bagus, pada musim 2015/2016 Mesut Ozil tidak masuk dalam susunan tim terbaik Premier League.

Catatan tersebut sedikit lebih baik dibanding musim 2010/2011, ketika Mesut Ozil masih bermain di Real Madrid. Kala itu, Mesut Ozil mampu mencetak enam gol dan 17 assist pada laga La Liga.

3 dari 4 halaman

Lebih Detail Lagi

Jumlah assist bukan satu-satunya tolok ukur untuk menilai kinerja seorang playmaker. Lebih detail lagi, ada umpan kunci yang bisa menjadi tolok ukurnya. Nah, dikutip dari Whoscored, Cesc Fabregas mampu melepas 3 umpan kunci per 90 menit.

Catatan tersebut rupanya lebih rendah dibanding rasio umpan kunci yang dilepas Mesut Ozil. Mantan pemain Schalke tersebut mampu melepaskan 3.3 umpan kunci per 90 menit.

Mesut Ozil juga lebih unggul dalam hal melepas umpan yang berujung peluang emas. Mesut Ozil melepas 28 umpan yang berurung peluang emas sepanjang musim 2015/2016. Sedangkan, Cesc Fabregas hanya membuat 16 umpan yang berujung peliang emas.

Akurasi umpan Mesut Ozil secara umum juga lebih akurat dibanding Cesc Fabregas. Mesut Ozil punya akurasi umpan mencapai 86.3 persen. Sedangkan, Cesc Fabregas punya tingkat akurasi 85.2 persen. Mesut Ozil masih sedikit unggul dari Cesc Fabregas.

4 dari 4 halaman

Nilai untuk Cesc Fabregas dan Mesut Ozil

Whoscored memberi nilai 7.62 untuk Cesc Fabregas atas performa apiknya pada musim 2014/2015. Sedangkan, Mesut Ozil mendapatkan nilai 7.66 atas performa apiknya pada musim 2015/2016. Mesut Ozil unggul tipis dari sang mantan pemain Arsenal.

Mesut Ozil memang unggul dari sisi performa individu, tetapi pada musim terbaiknya, Cesc Fabregas memberikan gelar juara Premier League untuk Chelsea. Sedangkan, Mesut Ozil tidak memberikan gelar juara.

Lantas, menurut Bolaneters, siapa yang lebih baik antara Cesc Fabregas dan Mesut Ozil?

Sumber: Whoscored

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR