BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mulai Martial Sampai Rooney, Ini 8 Fakta Menarik Para Pencetak Hattrick Man United

26-06-2020 06:00 | Richard Andreas

Wayne Rooney (c) AFP Wayne Rooney (c) AFP

Bola.net - Anthony Martial mencetak hattrick pertama Manchester United di Premier League setelah tujuh tahun berpuasa. Dia melakukannya pada kemenangan 3-0 atas Sheffield United, Kamis (25/6/2020) kemarin.

Hattrick ini jelas spesial dan penting bagi Setan Merah sebagai klub. Untuk itu, MU melihat kembali buku rekor mereka untuk menemukan sejumlah fakta dan trivia menarik tentang hattrick alias trigol sebelumnya dari pemain mereka.

Yang perlu digarisbawahi, hattrick tidak hanya menunjukkan keistimewaan satu pemain. Memang pemain tersebut mencetak tiga gol, tapi dia tidak bisa melakukannya tanpa dukungan rekan-rekan yang bermain apik dan mendukungnya.

Karena itulah hattrick Martial ini bisa jadi petunjuk awal bahwa pasukan Ole Gunnar Solskjaer sudah mulai menemukan permainan terbaik mereka. Juga, hattrick itu bakal dicatat bareng pencetak hattrick untuk MU sebelumnya.

Mengutip laman resmi Manutd.com, setidaknya ada 8 fakta menarik para pencetak hattrick MU. Apa saja? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 8 halaman

Martial yang luar biasa

Martial mencetak dua gol pada pertandingan liga keduanya untuk MU, ke gawang Southampton pada September 2015.

Dia juga mencetak dua gol kontra West Ham, Chelsea, dan yang terbaru ke gawang Newcastle pada Boxing Day tahun lalu.

Biar begitu, hattrick ini dalah hattrick pertama Martial sepanjang kariernya di level senior.

2 dari 8 halaman

27 dan terus bertambah

Martial merupakan pemain ke-27 yang bisa mencetak minimal tiga gol dalam satu pertandingan untuk MU, dia juga merupakan pemain Prancis pertama yang melakukannya.

Eric Cantona tidak pernah mencetak hattrick untuk MU, meksi kontribusinya luar biasa. Cantona hanya punya satu hattrick di Premier League dan itu untuk klubnya sebelum MU, Leeds United.

3 dari 8 halaman

Terakhir Van Persie

Robin Van Persie (c) AFPRobin Van Persie (c) AFP

Hattrick liga terakhir yang dibukukan MU datang dari striker tersohor: Robin van Persie. Dia memborong ketiga gol ke gawang Aston Villa pada tahun 2013 lalu, yang sekaligus mengunci gelar juara untuk MU.

Selain itu, Van Persie juga mencetak hattrick ke gawang Southampton di musim yang sama. Lalu, di musim berikutnya, hattrick Van Persie mewujudkan comeback MU atas Olympiakos di Liga Champions.

MU takluk 0-2 di leg pertama, tapi hattrick Van Persie di leg kedua mengubah skor jadi 3-2.

4 dari 8 halaman

Rekor tertinggi

Pemegang rekor hattrick tertinggi MU adalah salah satu legenda mereka, Denis Law, dengan total 18 hattrick -- Law bahkan mencetak empat gol dalam satu laga pada empat kesempatan berbeda.

Law, yang unggul 6 hattrick atas Jack Rowley di peringkat kedua, juga merupakan pemain terakhir MU yang mencetak hattrick ketika MU berakhir kalah -- kontra Leicester City pada tahun 1963.

5 dari 8 halaman

Piala domestik

Di ajang piala domestik, ada Norman Whiteside yang terakhir kali mencetak hattrick untuk MU Pada kemenangan 4-2 atas West Ham di Old Trafford, Piala FA 1985.

Lalu, di Piala LIga, pencetak hattrick terakhir MU adalah Carlos Tevez pada Desember 2008. Saat itu Tevez mencetak total empat gol ke gawang Blackburn Rovers.

6 dari 8 halaman

King Kagawa

Gelandang Jepang, Shinji Kagawa, adalah pemain non-striker terakhir yang bisa mencetak tiga gol dalam satu pertandingan untuk MU.

Kagawa mencapai torehan itu pada kemenangan 4-0 atas Norwich City, Old Trafford, 2013. Selain Kagawa, nama-nama selain striker yang pernah mencetak hattrick untuk MU ada Paul Scholes, Andrei Kanchelskis, Lee Sharpe, Jesper Olsen, dan Sammy McIlroy.

Lalu, jika Cristiano Ronaldo dipandang sebagai winger, dia pernah mencetak satu hattrick pada kemenangan 6-0 atas Newcastle United, Januari 2008.

7 dari 8 halaman

Era modern

Wayne Rooney (c) AFPWayne Rooney (c) AFP

Di era modern, ada Wayne Rooney yang paling sering mencetak hattrick. Total ada delapan hattrick yang disumbang Rooney untuk MU, dia ada di peringkat keempat daftar pencetak hattrick MU terbanyak sepanjang masa -- di bawah Law, Rowley, dan Dennis Viollet.

Rooney pernah mencetak dua hattrick ke gawang Bolton Wanderers. Juga, dia menandai debutnya pada tahun 2004 silam dengan satu hattrick ke gawang Fenerbahce di Old Trafford.

8 dari 8 halaman

Didikan akademi

Pemain akademi terakhir yang sukses mencetak hattrick untuk MU adalah Paul Scholes, yang melakukannya pada kemenangan 6-2 atas Newcastle di St James Park, tahun 2003.

Selain Scholes, hanya ada nama-nama Mark Hughes, Whiteside, McIlroy, dan Andy Ritchie -- jebolan asli akademi MU yang memberikan kontribusi terbaik mereka.

Sumber: Manutd

KOMENTAR