Mulai Diragukan, Kini Hanya Trofi yang Bisa Selamatkan Karier Solskjaer di MU

Richard Andreas | 6 Oktober 2020, 22:30
Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo
Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer (c) AP Photo

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer diyakini baru mulai menghadapi tantangan pekerjaan sebenarnya sebagai pelatih Manchester United. Musim ini tak ada lagi alasan untuk gagal.


MU telah mengeluarkan uang lebih dari 250 juta pounds untuk membeli pemain sejak Solskjaer diresmikan sebagai pelatih permanen pada Maret 2019 silam. Ada beberapa nama mahal seperti Harry Maguire, Bruno Fernandes, dan Aaron Wan-Bissaka.

Masalahnya, di bursa transfer musim panas ini MU begitu mengecewakan. Mereka begitu lamban, membiarkan bidikan mereka dicomot klub-klub lain, atau bahkan gagal bernegosiasi dengan baik.

Tercatat, sampai mendekati akhir bursa transfer, satu-satunya pemain baru MU adalah Donny van de Beek. Barulah pada deadline day empat pemain lagi didatangkan, itu pun hanya dua yang bisa masuk tim inti.

Situasi MU ini pun akan memberikan tekanan berlebih pada sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer. Mengapa demikian? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Dukung Ole, tapi ...

Gara-gara pihak klub yang kurang cerdik di bursa transfer, sekarang Solskjaer ada di posisi sulit. Menurut analis Premier League, Andy Mitten, awal musim ini sudah ada awan keraguan yang menaungi Solskjaer dan skuadnya. Fans MU mulai tidak percaya penuh.

"Fans MU jelas senang jika segalanya berjalan baik dengan Ole, tapi apakah ada keraguan? Jelas ada," buka Mitten kepada Sky Sports.

"Sama saja seperti kasus Jose Mourinho, Louis van Gaal, dengan David Moyes. Siklus pengulangan dan perombakan yang tak pernah henti itulah yang membuat fans MU frustrasi."

2 dari 3 halaman

Sekarang diragukan

Kasus Solskjaer ini unik dan terbalik. Dahulu dengan skuad sekadarnya, dia mendapatkan dukungan penuh dari fans. Kini setelah mendatangkan beberapa pemain bidikannya, Solskjaer justru diragukan dan dikritik keras.

"Ole bakal mencapai masa dua tahun kerja pada Desember ini. Saya sudah lama berkata bahwa dia membutuhkan dukungan, tapi sekarang dia sudah mendatangkan banyak pemain dan justru diragukan," imbuh Mitten.

"Dia tidak mendapatkan Jadon Sancho dan saya bisa memahami alasannya. 108 juta pounds jelas terlalu mahal di situasi sekarang."

3 dari 3 halaman

Harus trofi

Singkatnya, hanya ada satu cara yang bisa ditempuh Solskjaer untuk menjawab kritikan dan menghapus keraguan tersebut, yakni dengan membawa MU meraih trofi.

Premier League jelas sulit, tapi MU masih punya peluang di kompetisi kelas dua seperti Piala FA.

"MU telah kebobolan 11 gol pada 3 pertandingan pertama di Premier League. Awal musim ini sungguh tidak stabil bagi mareka dan saya kira semua pihak harus ikut bertanggung jawab, baik pemain maupun pelatih," sambung Mitten.

"Ole harus memberikan sesuatu sekarang. Dia harus mempersembahkan trofi," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR