Minamino Cabut dari Liverpool ke Monaco, Klopp: Sulit Melihatnya Pergi

Dimas Ardi Prasetya | 29 Juni 2022, 03:26
Takumi Minamino mengangkat trofi Premier League 2019-20. (c) Pool AFP via AP Photo
Takumi Minamino mengangkat trofi Premier League 2019-20. (c) Pool AFP via AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengaku dirinya cukup sulit melepas Takumi Minamino pindah ke AS Monaco dan memujinya sebagai pemain yang berjasa membantu The Reds menambah koleksi gelar juaranya.


Minamino gabung Liverpool pada Januari 2020 lalu. Ia dibeli dari RB Salzburg.

Tapi selama di Liverpool, Minamino lebih sering jadi penghangat bangku cadangan saja. Ia lebih sering dimainkan di kompetisi kelas dua macam FA Cup dan Carabao Cup.

Namun mulai musim panas 2022 ini, Minamino tak akan lagi membela Liverpool. Ia pindah ke AS Monaco.

1 dari 4 halaman

Klopp Sulit Lihat Kepergian Minamino

Liverpool melepas Takumi Minamino ke AS Monaco dengan bandrol sekitar 18 juta euro. Setelah transfernya diresmikan pada Selasa (28/06/2022), Jurgen Klopp angkat bicara.

Ia mengaku kesulitan melihat pemain Jepang itu pergi dari Liverpool. Namun ia juga mengatakan Minamino memang pantas pergi ke klub lain yang rela memberikannya menit bermain lebih sering.

“Sulit untuk melihat Taki pergi, tetapi ini adalah langkah yang bagus untuknya dan ia benar-benar layak mendapatkannya," bukanya pada situs resmi Liverpool.

“Seorang profesional yang luar biasa; super, pemain berbakat. Sebagai pribadi, ia penuh kehangatan dan membuat semua orang merasa positif. Impian seorang manajer, jujur saja," puji Klopp.

2 dari 4 halaman

Minamino Bukan Pemain Gagal

Seperti yang disebut sebelumnya, Takumi Minamino lebih sering menjadi pemain cadangan saja. Ia juga sangat jarang jadi starter ketika Liverpool main di Premier League.

Jadi wajar jika ada anggapan Minamino gagal di Liverpool. Namun Jurgen Klopp dengan tegas membantah anggapan tersebut.

“Saya yakin akan ada orang yang berpikir itu tidak berhasil. Mereka yang menganggap ini salah. Saya tidak menerima itu," tegas Klopp.

“Kontribusinya jauh melebihi peluang yang bisa kami berikan, dalam hal memulai pertandingan. Ia membuat kami lebih baik setiap hari dirinya bersama kami – tidak hanya dalam permainan yang ia mainkan tetapi setiap sesi dalam pelatihan. Sikap sempurna, mentalitas pemenang," puji Klopp.

3 dari 4 halaman

Berjasa Bantu Ubah Dinding Juara Liverpool

Selama di Liverpool, Takumi Minamino sempat beruntung mendapat medali juara Premier League. Tapi ia sangat berjasa membantu The Reds meraih gelar juara Piala FA dan Carabao Cup pada musim 2021-22 kemarin.

Ia bahkan jadi top skor Liverpool di kedua kompetisi tersebut. Jadi Jurgen Klopp pun tak ragu memujinya sebagai pemain yang ikut berperan besar mengubah dinding juara The Reds yang terkenal itu.

“Penampilannya dan gol-golnya adalah alasan mengapa kami sering mendekorasi ulang Champions Wall. Prestasinya di sini akan bertahan dalam ujian waktu.

“Saya tahu ia akan sukses besar di Monaco. Saya yakin kita akan melihat dengan campuran perayaan dan kecemburuan saat ia maju dan berkembang di sana," cetus KLopp.

“Ia pergi dengan penghargaan dan harapan terbaik kami. Terima kasih, Taki," tutup Klopp.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR