BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Meski Sudah Juara, Ini Satu Hal yang Harus Dikembangkan Liverpool Musim Depan?

28-07-2020 04:00 | Richard Andreas

Skuat Liverpool merayakan gelar juara Premier League 2019-20. (c) Pool Getty via AP Photo Skuat Liverpool merayakan gelar juara Premier League 2019-20. (c) Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Liverpool boleh jadi telah mewujudkan mimpi sebagai juara Premier League musim 2019/20 ini. Namun, mereka jelas tidak bisa bersantai jika ingin mempertahankan trofi itu musim depan.

Pasukan Jurgen Klopp terbukti sebagai yang paling tangguh dalam 38 pekan semusim EPL, tidak bisa dibantah. Mereka pun membentangkan jurang poin yang lebar dengan tim-tim pengejar lainnya.

Kendati demikian, Liverpool jelas tidak bisa berdiam diri. Tim-tim kuat lain seperti Man City, Chelsea, dan Manchester United sudah memulai proyek pengembangan skuad. Artinya, musim depan bakal lebih sengit.

Karena itulah Liverpool pun harus mencari cara mengembangkan skuad saat ini. Masalahnya, skuad yang sekarang nyaris sempurna, terlalu kuat. Bagaimana cara mengembangkan skuad yang sudah sangat kuat?

Selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Tingkatkan kedalaman

Pertanyaan besar di atas coba dijawab oleh analis Premier League yang juga mantan pemain The Reds, Steve McManaman. Menurutnya, musim ini Liverpool terbukti beberapa kali kesulitan ketika harus merotasi tim.

Satu masalah inilah yang harus diperbaiki Jurgen Klopp musim depan. The Reds perlu pemain cadangan yang lebih berkualitas.

"Sulit membayangkan starting XI mereka bisa lebih baik lagi. Ketika Anda berhasil jadi juara dunia dan telah meraih segalanya, sulit ketika Anda harus bicara soal starting XI," buka McManaman kepada BT Sport.

"Namun, saya yakin skuad mereka masih bisa berkembang. Kedalaman skuad bisa ditingkatkan dan diperbaiki. Mereka memerlukan pemain-pemain yang lebih berkualitas di bangku cadangan."

2 dari 2 halaman

Man City lebih baik

Meski Liverpool yang berhasil jadi juara musim ini, McManaman merasa Man City masih sedikit lebih baik perihal kualitas skuad. Inilah pertanda bahwa Liverpool tidak boleh berpuas diri dengan kondisi skuad yang sekarang jika memang ingin mempertahankan trofi musim depan.

"Skuad seperti Man City punya kedalaman yang lebih baik daripaa Liverpool. Itulah yang harus diperhatikan Klopp. Saya kira mereka membutuhkan bek kiri sebagai pelapis Andy Robertson," lanjut McManaman.

"Meski begitu, bakal sulit merombak starting XI mereka, di sisi lain juga sulit mendatangkan pemain yang tahu tidak akan jadi pemain inti."

"Ini sedikit rumit, dan sulit menemukan keseimbangan," tandasnya.

Sumber: BT Sport

KOMENTAR