BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Meski Serba Terbatas, Arsenal Ingin Jadi Sekuat Liverpool dengan Caranya Sendiri

15-07-2020 05:20 | Richard Andreas

Ekspresi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, setelah timnya menelan kekalahan di markas Tottenham.  (c) AP Photo Ekspresi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, setelah timnya menelan kekalahan di markas Tottenham. (c) AP Photo

Bola.net - Bos Arsenal, Mikel Arteta, tidak segan meminta timnya belajar dari rival, dalam hal ini Liverpool. Dia percaya proses perkembangan Liverpool dalam empat tahun terakhir bisa dicontoh.

The Reds hanya mampu finis di peringkat ke-8 pada musim pertama Jurgen Klopp sebagai pelatih. Sekarang mereka berhasil menjuarai Premier League, dengan terlebih dahulu menjuarai Liga Champions tahun lalu.

Jika dilihat dari kacamata awam, progres Liverpool untuk jadi juara ini tampak mudah, tapi Arteta tahu sebenarnya ada kerja keras dan pengorbanan yang harus terus dilakukan.

Kini, sembari memuji Liverpool, Arteta tahu bahwa timnya bisa belajar dan mencoba mencapai level itu. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Butuh waktu

Menurut Arteta, salah satu kelebihan Klopp dan Liverpool adalah kejelian dalam merekrut pemain yang tepat. The Reds juga tidak buru-buru mendatangkan banyak pemain sekaligus, tapi perlahan-lahan membangun fondasi skuad.

"Yang sudah mereka [Liverpool] lakukan itu fenomenal," buka Arteta dikutip dari Arsenal.com

"Jelas, mereka butuh waktu cukup lama untuk membangun skuad kembali dan untuk menciptakan kultur baru, filosofi baru, dan model permainan yang cocok dengan pelatih."

"Mereka mulai merekrut setiap pemain yang sesuai dengan kebutuhan tim dan saya kira mereka sangat cerdas karena mendatangkan pemain yang spesifik untuk setiap posisi yang membutuhkan," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Dukungan finansial

Untungnya bagi Liverpool, selain memiliki proyek besar Klopp yang jelas, mereka juga punya dukungan finansial yang cukup besar. Dua elemen ini bertemu dan menghasilkan perkembangan serta prestasi.

"Dan secara finansial mereka pun mendapatkan sokongan besar untuk mendatangkan beberapa pemain top, yang benar-benar mengubah klub," lanjut Arteta.

"Konteksnya saat ini berbeda dengan apa yang ada empat tahun lalu, dan kemampuan klub untuk membangun kembali jauh lebih terbatas."

"Namun, jelas kami harus belajar dari mereka, bagaimana mereka melakukannya. Sebab itu memang contoh yang sangat baik," sambungnya."

3 dari 3 halaman

Cara Arsenal

Sebab itu, Arteta tidak menutup kemungkinan mempelajari cara Klopp dan Liverpool dalam menjaga proyek pengembangan tim. Namun, dia tahu harus menyesuaikannya dengan kondisi Arsenal sekarang, khususnya soal finansial.

"Kami harus melakukannya dengan cara kami sendiri dan dengan sumbar daya kami, dengan memahami bahwa konteksnya sekarang berbeda," ujar Arteta.

"Jelas kami ingin jadi yang terbaik, itulah satu-satunya target saya bersama klub ini, dan kami harus mencari cara melakukannya," tutupnya.

Sumber: Arsenal

KOMENTAR