Menilik Kiprah 5 Kapten Terakhir Manchester United, Siapa yang Terbaik?

Serafin Unus Pasi | 8 Oktober 2020, 17:52
Kapten Manchester United Harry Maguire. (c) AP Photo
Kapten Manchester United Harry Maguire. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United harus diakui sebagai salah satu klub terbaik di era modern ini. Tidak hanya berjaya di Inggris, tetapi United juga berjaya di Eropa. Berbagai trofi bergengsi pun sudah diraih Setan Merah dari semua kompetisi yang pernah diikuti.

Tentunya gelimang trofi itu bisa diraih karena ada sosok pemimpin yang hebat di dalam skuad The Red Devils. Selain peran sang manajer yang penting dalam memilih tim serta strategi, ternyata peran kapten di dalam dan luar lapangan juga turut mempunyai dampak yang besar untuk skuatnya.

Dalam perjalanannya, Manchester United telah dikaruniai sejumlah kapten yang tidak hanya hebat, tetapi juga kharismatik dan sangat dihormati oleh rekan setimnya.

Nama-nama besar seperti Eric Cantona, Roy Keane, Gary Neville, Steve Bruce, dan Nemanja Vidic adalah pemain yang pernah menjadi kapten Manchester United.

Namun, pasca para pemain tersebut gantung sepatu, tentunya ada pemain yang dipercaya untuk mengemban tanggung jawab besar tersebut. Lantas, siapa saja lima kapten terakhir Manchester United dan bagaimana kiprah mereka? Yuk intip di bawah ini

1 dari 5 halaman

1. Harry Maguire (2020-Sekarang)

Harry Maguire menjadi kapten saat Man United melawat ke markas Partizan. (c) twitter/HarryMaguire93

Harry Maguire menjadi kapten saat Man United melawat ke markas Partizan. (c) twitter/HarryMaguire93

Harry Maguire didatangkan Manchester United dari Leicester City pada tahun 2019 dengan mahar 80 juta euro. Tak butuh waktu lama, Maguire langsung ditunjuk Solskjaer menjadi kapten United pada Januari 2020.

Namun, pasca mengenakan ban kapten itu, bek asal Inggris tersebut dipertanyakan oleh fans terkait kepemimpinannya. Pasalnya, Maguire kerap kali menunjukkan performa yang buruk dan tercatat pernah ditangkap oleh pihak berwajib ketika sedang berlibur di Yunani.

Melihat catatan buruk itu, maka sah-sah saja apabila para penggemar United menganggap Harry Maguire adalah kapten yang paling buruk untuk Manchester United.

2 dari 5 halaman

2. Ashley Young (2019-2020)

Ashley Young. (c) AFP

Ashley Young. (c) AFP

Setelah membela Manchester United selama sembilan tahun, baru lah Ashley Young dipercaya untuk mengemban tugas berat tersebut. Ketika itu, Young dipercaya Solskjaer untuk menggantikan sosok Antonio Valencia.

Namun, bek sayap asal Inggris ini sempat mendapat cemooh dari para penggemar selama tur pramusim Manchester United. Tetapi, Solskjaer tetap mempercayakan ban kapten tersebut kepada Young untuk mengarungi musim 2019/2020.

Tak lama menjabat sebagai kapten United, Ashley Young pun memutuskan untuk angkat kaki dari Old Trafford dan bergabung dengan Inter Milan, setelah kalah bersaing dengan Luke Shaw.

3 dari 5 halaman

3. Antonio Valencia (2018-2019)

Antonio Valencia (c) AFP

Antonio Valencia (c) AFP

Sebelum Antonio Valencia benar-benar menjadi kapten utama Manchester United pada tahun 2018, ternyata Valencia lebih dulu pernah mengenakan ban kapten untuk menggantikan peran Michael Carrick.

Puncaknya, ketika bek sayap asal Ekuador ini berhasil membawa Manchester United menjadi juara Liga Europa pada tahun 2017, setelah mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0.

Tetapi, beberapa cedera yang terus menghantui Valencia membuat ia hanya mencatatkan sembilan penampilan sebagai kapten Manchester United pada musim 2018/2019.

4 dari 5 halaman

4. Michael Carrick (2017-2018)

Michael Carrick (c) AFP

Michael Carrick (c) AFP

Michael Carrick adalah gelandang bertahan andalan Manchester United pada zamannya. Jiwa kepemimpinannya yang tegas di luar dan dalam lapangan membuat dirinya ditunjuk oleh Jose Mourinho untuk menjadi kapten United.

Namun, Carrick hanya mampu membuat lima penampilan sebagai kapten utama Manchester United, dikarenakan beberapa cedera yang membuat dirinya harus absen lama dari lapangan hijau.

5 dari 5 halaman

5. Wayne Rooney (2014-2017)

Wayne Rooney (c) Ist

Wayne Rooney (c) Ist

Pasca Nemanja Vidic hengkang ke Inter Milan pada tahun 2014, Wayne Rooney ditunjuk oleh Louis van Gaal untuk menjadi penerus Vidic dengan menjadi kapten utama Manchester United.

Bukan tanpa alasan, menurut juru taktik asal Belanda tersebut, Rooney adalah sosok yang profesional ketika bertanding maupun latihan tim.

Tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Wazza, julukannya mampu menjadi pemimpin yang baik bagi skuat United ketika itu. Tercatat, Rooney telah menyumbang empat gelar selama menjadi kapten United.

(Bola.net/Hendra Wijaya)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR