BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Menilik 4 Rekrutan Manchester United dari Bundesliga, Akankah Sancho Bernasib Sama?

04-08-2020 23:00 | Yaumil Azis

Pemain Borussia Dortmund Jadon Sancho (c) AP Photo Pemain Borussia Dortmund Jadon Sancho (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United bukanlah tim yang betah dalam zona nyaman. Setiap kali ada kesempatan untuk menambah amunisi di bursa transfer, klub raksasa Inggris itu selalu berusaha memanfaatkannya.

Sejumlah pemain hebat telah dikaitkan dengan Manchester United belakangan ini. Salah satunya sedang memperkuat klub Jerman, Jadon Sancho. Menurut kabar, proses negosiasi sedang berjalan mengarah positif.

Lagi-lagi menurut kabar, Manchester United sudah mencapai kesepakatan personal dengan Sancho dan proses transfernya diprediksi akan selesai akhir pekan ini. Sebesar 120 juta euro harus dikeluarkan MU untuk memulangkannya ke Inggris.

Ini bukan kali pertama Manchester United bergerilya di Jerman untuk merekrut pemain yang diinginkan. Sedikitnya ada empat pemain pernah mereka rekrut dari Bundesliga. Siapa saja mereka? Simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya.

1 dari 4 halaman

Henrikh Mkhitaryan

Henrikh Mkhitaryan (c) AFP Henrikh Mkhitaryan (c) AFP

Pada tahun 2016, Manchester United membuat kejutan dengan mengumumkan perampungan transfer pemain asal Armenia, Henrikh Mkhitaryan. Banyak yang meyakini bahwa the Red Devils diuntungkan dalam transfer ini.

Mkhitaryan tampil sebanyak 52 kali di semua kompetisi dan membukukan 23 gol pada musim terakhirnya di Borussia Dortmund. Dan menurut laporan, Manchester United hanya mengeluarkan uang 27 juga pounds untuk merekrutnya.

Sayangnya, Mkhitaryan hanya mampu bertahan selama dua musim. Sebelum memutuskan pindah ke Arsenal pada bulan Januari 2018, ia hanya mampu mengantongi dua gol dari 22 penampilannya di semua kompetisi.

2 dari 4 halaman

Bastian Schweinsteiger

Bastian Schweinsteiger (c) AFP Bastian Schweinsteiger (c) AFP

Semua orang akan sepakat jika Bastian Schweinsteiger disebut sebagai salah satu gelandang terbaik di generasinya. Sayangnya, pemain asal Jerman tersebut mendarat di Old Trafford pada waktu yang salah.

Schweni, panggilan akrabnya, direkrut Manchester United pada tahun 2015 lalu. Dan selayaknya Mkhitaryan, ia hanya bertahan selama dua musiim sebelum berpaling ke klub Amerika Serikat, Chicago Fire, pada tahun 2017.

Yang mengenaskannya, Jose Mourinho selaku pelatih MU pada saat itu membekukan status Schweinsteiger. Alhasil ia gagal menghiasi musim terakhirnya dengan penampilan di pentas Premier League.

3 dari 4 halaman

Shinji Kagawa

Shinji Kagawa (c) MUFC Shinji Kagawa (c) MUFC

Publik, terutama masyarakat benua Asia, dibuat heboh oleh keputusan Manchester United merekrut Shinji Kawaga pada tahun 2012 lalu. Pemain asal Jepang tersebut diboyong dari Borussia Dortmund dengan bandrol 17 juta pounds saja.

Kagawa sempat menunjukkan aksi gemilang saat berseragam Manchester United, termasuk hat-trick yang ia bukukan kala melawan Norwich City. Namun secara keseluruhan, aksinya tak mencapai harapan yang disematkan di pundaknya.

Ia gagal mendapatkan tempat dalam starting XI yang diusung pengganti Sir Alex Ferguson, David Moyes. Pada akhirnya, ia memutuskan kembali ke Borussia Dortmund di tahun 2014.

4 dari 4 halaman

Owen Hargreaves

Owen Hargreaves (c) PA Owen Hargreaves (c) PA

Hargreaves resmi menjadi bagian dari Manchester United setelah direkrut dari Bayern Munchen dengan mahar 17 juta pounds pada tahun 2007 silam. Ia diharapkan bisa mengisi kekosongan pasca Roy Keane memutuskan gantung sepatu.

Pada musim debutnya, ia berhasil membantu Manchester United mengawinkan gelar Premier League dengan Liga Champions. Bahkan Hargreaves bermain selama 120 menit dalam laga final dramatis kontra Chelsea.

Sayangnya, cedera membuat jatah bermainnya menjadi minim. Sir Alex Ferguson membiarkannya cabut dari Old Trafford pada tahun 2011 lalu secara gratis. Selepas dari MU, ia bergabung dengan Manchester City.

"Saya melihatnya terlalu sering mengambil pilihan yang mudah dalam latihan. Dia adalah salah satu pembelian paling mengecewakan dalam karir saya," ungkap Ferguson dalam autobiografinya yang dirilis pada tahun 2013 lalu.

(Planet Football)

KOMENTAR