BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengintip Rahasia di Balik Kebangkitan dan Kesuksesan Liverpool

24-01-2020 20:54 | Dimas Ardi Prasetya

Liverpool juara Piala Dunia Antarklub 2019. (c) AP Photo Liverpool juara Piala Dunia Antarklub 2019. (c) AP Photo

Bola.net - Liverpool berhasil bangkit dari keterpurukannya dan meraih sukses belakangan ini bukan semata karena Jurgen Klopp tapi karena kerja keras yang dilakukan oleh para pemainnya, menurut Sadio Mane.

Liverpool terakhir kali jadi juara liga pada tahun 1990 silam. Dalam beberapa kesempatan, The Reds nyaris berhasil juara lagi.

Contohnya di era Rafael Benitez di musim 2008-09. Kemudian di era Brendan Rodgers pada musim 2013-14.

Musim 2018-19 kemarin, Liverpool juga nyaris juara bersama Jurgen Klopp. Namun mereka kalah dari Manchester City dengan selisih satu poin saja.

Namun Liverpool berhasil menjadi juara di Liga Champions. Setelah itu mereka secara beruntun menjadi juara UEFA Super Cup dan Piala Dunia Antarklub 2019.

1 dari 2 halaman

Kerja Keras

Jurgen Klopp memang berpengaruh besar pada performa Liverpool. Ia membuat mereka tampil makin oke dari waktu ke waktu. Akan tetapi Sadio Mane mengatakan bahwa bukan cuma Klopp saja yang membuat The Reds tampil hebat.

Mane mengatakan bahwa performa itu terwujud berkat kerja keras para pemain. Dikatakannya, rekan-rekannya selalu berlatih dengan giat, di mana pun mereka berada, karena mereka selalu ingin meningkatkan performanya di atas lapangan.

"Yang pasti, mereka [para pendukung] hanya melihat apa yang kami lakukan di lapangan setiap akhir pekan dan kesuksesan kami juga. Tetapi kerja keras dimulai dengan diri Anda sendiri di rumah secara profesional dan kerja keras di tempat latihan," ungkapnya pada situs resmi Liverpool.

"Anda bisa lihat, setiap hari sejak hari pertama ketika saya datang ke Liverpool, para pemain ingin lebih meningkatkan performa mereka dan ingin jadi lebih baik dan lebih baik lagi," sambung Mane.

2 dari 2 halaman

Latihan Ekstra

Sadio Mane dan Mohamed Salah (c) LFC Sadio Mane dan Mohamed Salah (c) LFC

Tekad untuk terus tampil lebih baik itu juga terlihat dari inisiatif para pemain di sesi latihan. Diungkapkan Sadio Mane, rekan-rekannya akan datang lebih awal ke tempat latihan untuk melakukan latihan ekstra.

"Anda dapat melihat gym satu jam sebelum latihan benar-benar penuh. Saya pikir itu tanda yang sangat, sangat besar bagi klub karena semua orang ingin bermain dan semua orang ingin menjadi yang terbaik. Saya pikir itu membuat banyak hal jadi istimewa," ucapnya.

"Dari tempat latihan, semuanya dimulai di sana dan itu benar-benar penting. Adalah normal bahwa para penggemar sangat bersemangat melihat tim bermain dengan baik dan menjadi sukses. Itulah sebabnya kami bekerja setiap hari," seru Mane.

Liverpool saat ini berhasil mendominasi Premier League. The Reds mengoleksi 67 poin dari 23 laga, unggul 16 poin dari Manchester City yang ada di peringkat kedua.

(liverpoolfc.com)

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland