BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengaku Fans Sejati Manchester United, Tahu 5 Top Skor Sepanjang Masa Klub?

29-03-2020 08:59 | Asad Arifin

Bobby Charlton (c) PA Bobby Charlton (c) PA

Bola.net - Sejak didirikan pada 1878, atau 142 tahun yang lalu, Manchester United telah diperkuat banyak pemain bintang. Wayne Rooney salah satunya. Dia merupakan top skor sepanjang masa Setan Merah.

Ada banyak penyerang top Eropa yang pernah membela Manchester United. Sebelum era Marcus Rashford dan Antony Martial, ada nama Ruud van Nistelrooy yang tampil cukup bagus untuk United.

Sebelumnya, United juga punya sosok Teddy Sheringham yang menjadi mesin gol. Lalu, jangan lupakan pula duet andalan Andy Cole dan Dwight Yorke yang memberikan gelar juara Liga Champions 1999 yang lalu.

Ole Gunnar Solskjaer, yang kini menjadi manajer Manchester United, dulunya juga andalan di lini depan. Namun, nama-nama di atas tidak ada yang masuk dalam daftar top skor sepanjang masa Manchester United.

Lantas, siapa top skor sepanjang masa United? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

5. George Best dan Dennis Viollet

George Best (c) PA George Best (c) PA

Dennis Viollet menjadi andalan di lini depan Manchester United pada 1952 dan 1963. Dennis Viollet mampu memberikan 159 gol di liga untuk United. Total gol pria asal Inggris mencapai 179 di semua kompetisi.

Sejajar dengan Dennis Viollet, ada nama George Best. Dia bermain untuk United pada periode 1963 dan 1974. George Best memberikan satu gelar juara Liga Champions untuk Manchester United pada 1968 silam.

George Best juga meraih Ballon d'Or pada 1968.

2 dari 5 halaman

4. Jack Rowley

Jack Rowley mungkin bukan nama yang populer bagi fans Manchester United. Bisa dimaklumi karena dia membela Setan Merah pada periode 1937 hingga 1955. Karirnya tidak banyak mendapat sorotan dari media.

Namun, Jack Rowley punya catatan yang gemilang bersama Manchester United. Pria asal Inggris itu mencetak 211 gol dari 424 laga bersama Manchester United. Jack Rowley memberi satu gelar juara liga untuk United.

3 dari 5 halaman

3. Denis Law

Tiga nama yang disebut di atas, semua berasal dari Inggris. Sedangkan, Denis Law berasal dari Skotlandia. Denis Law menjadi top skor ketiga sepanjang masa dalam sejarah United dengan catatan 237 gol daro 404 laga.

Denis Law membela United pada periode 1962 hingga 1973. Sebelum membela United, Denis Law pernah membela Manchester City. Denis Law juga menutup karirnya sebagai pemain Man City pada 1974.

Denis Law meraih gelar Ballon d'Or 1964.

4 dari 5 halaman

2. Bobby Charlton

bobby charlton (c) AFP bobby charlton (c) AFP

Bobby Charlton merupakan sosok yang sangat dihormati di Manchester United. Bobby Charlton kini berusia 82 tahun. Sir Bobby Charlton beberapa kali masih terlihat datang ke stadion untuk menyaksikan Manchester United berlaga.

Bobby Charlton punya jejak karir yang gemilang di Manchester United. Dia mencetak 249 gol dari 758 laga di semua kompetisi. Bobby Charlton pun menjadi top skor kedua United sepanjang masa dengan catatan itu.

Bobby Charlton meraih Ballon d'Or 1966, sekaligus membawa Inggris juara Piala Dunia.

5 dari 5 halaman

1. Wayne Rooney

Wayne Rooney (c) AFP Wayne Rooney (c) AFP

Rekor gol Bobby Charlton bertahan untuk periode yang sangat lama. Pada akhirnya, rekor tersebut pecah lewat aksi Wayne Rooney. Pada 7 Januari 2017, Wayne Rooney menyamai catatan gol Bobby Charlton saat membobol gawang Reading di Piala FA.

Wayne Rooney kemudian terus mencetak gol. Saat ini, mantan pemain Everton tersebut tercacat mencetak 253 gol untuk Manchester United. Wayne Rooney bermain untuk Setan Merah mulai 2004 dan mengakhiri masa baktinya pada 2017 lalu.

Saat ini, Wayne Rooney bermain untuk Derby County.

KOMENTAR