BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mencoba Memahami Alasan Man United Masih Butuh Jadon Sancho

04-08-2020 09:20 | Richard Andreas

Pemain Borussia Dortmund Jadon Sancho (c) AP Photo Pemain Borussia Dortmund Jadon Sancho (c) AP Photo

Bola.net - Gosip transfer Jadon Sancho ke Manchester United terus menguat. Sejak kemarin, kabarnya MU sudah mulai membuka negosiasi pribadi dengan Sancho, dan berusaha merayu Borussia Dortmund.

Sancho sendiri dikabarkan tertarik hengkang ke MU, tapi dia tidak mau berharap terlalu tinggi. Penyerang 20 tahun ini memahami bahwa kepindahannya sangat tergantung pada negosiasi antara kedua klub.

Kabarnya, Dortmund sudah menetapkan tenggat transfer Sancho untuk MU. Mereka hanya mau bernegosiasi sampai 10 Agustus mendatang, setelahnya pintu keluar Sancho bakal ditutup sepenuhnya.

Bagaimana respons MU? Selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4 halaman

Pertanyaan besar

Tentu MU bergerak cepat, tapi masalahnya ada di harga Sancho yang terlalu tinggi. Dortmund meminta 120 juta euro dalam skema pembayaran berkala.

Memang pembayaran berkala masih lebih ringan daripada pembayaran tunai, MU pun tertarik. Namun, apakah benar Sancho layak dihargai semahal itu? Mengapa MU perlu bersusah payah mendapatkan Sancho?

Pertanyaan ini kian kuat karena MU sudah punya trio Anthony Marial, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood yang tampil luar biasa pasca-lockdown.

Ketiganya sudah terbukti bisa menjawab kepercayaan Ole Gunnar Solskjaer. Jika demikian, mengapa MU masih perlu mendatangkan Sancho?

2 dari 4 halaman

Alasan butuh Sancho

Pertama-tama, Sancho punya bakat luar biasa dan disebut-sebut sebagai salah satu pemain muda terbaik di sepak bola Eropa saat ini. Dia telah membukukan 33 gol dan 39 assists dalam dua musim terakhir bersama Dortmund, padahal baru berusia 20 tahun.

Jelas, MU tidak boleh mengabaikan bakat sekelas Sancho begitu saja, terlebih jika peluang mendapatkannya terbuka lebar. Terlebih, MU tidak bisa terus mengandalkan trio penyerang mereka untuk menempuh sekitar 50 pertandingan selama musim 2020/21 mendatang.

Setan Merah bakal bermain di Liga Champions musim depan. Mereka harus menurunkan skuad terbaik, sekaligus menjaga kebugaran pemain untuk kompetisi lainnya.

3 dari 4 halaman

Demi trofi

Lebih lanjut, meski MU sudah mulai menunjukkan tanda-tanda positif musim ini, tetap saja mereka menutup musim domestik tanpa trofi. Memang masih ada Liga Europa, tapi peluangnya kecil.

Melihat ketangguhan rival seperti Man City dan Liverpool, salah satu faktor penting kestabilan tim adalah kedalaman skuad. MU membutuhkan itu, yakni bagaimana menjaga level permainan tetap tinggi meski harus mengistirahatkan Rashford atau Martial.

Kedatangan Sancho bakal menambah dimensi permainan dan kreativitas pada lini serang MU. Dengan demikian, secara otomatis beban trio penyerang MU bakal berkurang.

4 dari 4 halaman

Serbabisa

Tentu Sancho tidak akan mau bergabung jika hanya duduk di bangku cadangan. Besar kemungkinan dia bakal jadi bagian trio penyerang MU yang baru, dengan Greenwood sebagai pelapis.

Bagaimanapun, persaingan internal seperti inilah yang dibutuhkan Setan Merah. Sancho dan Greenwood pun masih sangat muda, mereka perlu belajar mengatasi tekanan bermain untuk tim sebesar MU setiap pekan.

Yang paling penting, Sancho, Greenwood, Martial, dan Rashford merupakan pemain-pemain serbabisa yang bakal membantu MU membangun kombinasi lini serang dengan aliran permainan terbaik.

Sumber: 90min

KOMENTAR