BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Membedah Masalah Van de Beek di MU: Lha Posisi Mainnya Gak Ada!

03-03-2021 08:30 | Richard Andreas

Donny van de Beek saat beraksi di laga Manchester United vs RB Leipzig di matchday 2 Liga Champions 2020-21 di Old Trafford, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Donny van de Beek saat beraksi di laga Manchester United vs RB Leipzig di matchday 2 Liga Champions 2020-21 di Old Trafford, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Situasi sulit Donny van de Beek di Manchester United beberapa bulan ini pun mencuri perhatian mantan pelatih Timnas Belanda, Bert van Marwijk. Dia ikut prihatin melihat kesulitan Van de Beek musim ini.

Van de Beek baru tampil 26 kali musim ini. Hanya 13 di antaranya di Premier League, dan hanya dua kali jadi starter. Van de Beek hanya menempuh total 314 menit di liga.

Angka itu jelas terlalu minim untuk ukuran pemain yang pernah jadi idola di Ajax Amstedam. Van de Beek diharapkan jadi salah satu gelandang top, tapi kini bermain saja dia sulit.

Lalu apa kata Marwijk soal masalah Van de Beek ini? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 3 halaman

Bedah masalah Van de Beek

Jika harus menganalisis situasi Van de Beek sekarang, Marwijk melihat bahwa kesulitan gelandang 23 tahun itu sangat mendasar, dan justru karena itu bakal sulit menyelesaikannya.

Menurut Marwijk, posisi bermain yang dahulu membuat Van de Beek tampil memukau di Ajax kini tidak ada di MU. Van de Beek senang berlari mengisi ruang di belakang striker, tapi Solskjaer tidak menggunakan taktik ini. 

"Posisi yang membuat dia begitu tangguh di Ajax tidak ada di Manchester United. Dia mencari ruang di antara lini tengah dan pertahanan lawan, tapi ruang itu tidak ada, atau rekan-rekannya membiarkan momen itu terlewat," ujar Marwijk dikutip dari Goal.

"Dia dikenal dengan timing yang sangat bagus, tapi itu tidak dijumpai di sana. Jadi, ini juga jadi masalah baginya."

2 dari 3 halaman

Bergantung pada rekan

Van de Beek sering mencoba berlari ke posisi favoritnya di antara lini, tapi bola tidak pernah datang. Inilah yang membuat Van de Beek tampak terabaikan di lapangan, dan inilah akar masalah yang perlu dibereskan.

"Dia pemain hebat, tapi di saat yang sama dia pun bergantung pada rekan setimnya dan posisi mainnya di lapangan," lanjut Marwijk.

"Jika ingin sukses dan selamat di luar negeri, sepertinya ada hal lain yang dibutuhkan. Anda juga harus berusaha mengembangkan kemampuan-kemampuan lainnya."

3 dari 3 halaman

Harus cari jalan sendiri

Masalahnya, Marwijk pun tidak terlalu yakin apakah Van de Beek punya ketangguhan mental untuk melewati situasi ini. Yang jelas Van de Beek harus mencoba mempelajari gaya main yang baru.

"Jiak rekan setim Anda mengabaikan Anda dan pertandingan tidak cocok dengan Anda, Anda harus bisa mencari jalan sendiri," tutup Marwijk.

Sumber: Goal

KOMENTAR