BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Membandingkan Statistik Musim Debut Mason Greenwood dan Wayne Rooney, Bagusan Mana?

10-08-2020 23:00 | Yaumil Azis

Selebrasi penyerang muda Manchester United, Mason Greenwood, usai menjebol gawang West Ham.  (c) AP Photo Selebrasi penyerang muda Manchester United, Mason Greenwood, usai menjebol gawang West Ham. (c) AP Photo

Bola.net - Kepercayaan pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, terhadap Mason Greenwood terbayar tuntas. Pemain berusia 18 tahun itu menjelma jadi salah satu bagian penting dari skuat the Red Devils musim ini.

Awalnya, Solskjaer hanya memberinya kesempatan tampil dalam laga yang level urgensinya tidak begitu besar. Misalnya melawan klub yang di atas kertas kalah dari Manchester United, seperti FC Astana di Liga Europa misalnya.

Greenwood terus membuktikan bahwa dirinya pantas untuk menjadi salah satu andalan di lini depan. Hingga tanpa disadari, pemain kelahiran Bradford, Inggris tersebut sudah mencetak 17 gol dari 49 penampilan di semua kompetisi.

Greenwood mengingatkan publik pada sosok legenda the Red Devils yang juga bersinar di usia muda, Wayne Rooney. Pada musim 2004/05 lalu, ia didatangkan dari Everton saat masih berusia 18 tahun.

Rooney sudah menunjukkan secercah masa depan yang gemilang saat membela Everton. Namun di Manchester United, namanya kian terdengar publik dengan raihan 17 gol dari 43 penampilan di semua kompetisi pada musim debutnya.

Kemudian muncul sebuah pertanyaan. Siapakah yang lebih baik? Greenwood atau Rooney? Planet Football coba membandingkan statistik kedua sosok ini di musim perdana membela Manchester United. Informasi selengkapnya bisa disimak di bawah ini, ya.

1 dari 3 halaman

Wayne Rooney 2004/05

Penampilan: 43

Sebagai starter: 37

Sebagai pengganti: 6

Gol: 17

Assist: 6

Gol per menit:199.5

Gol atau assist per menit: 147.5

2 dari 3 halaman

Mason Greenwood 2019/20

Penampilan: 47

Sebagai starter: 24

Sebagai pengganti: 23

Gol: 17

Assist: 3

Gol per menit: 141.8

Gol atau assist per menit: 120.6

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Dari statistik yang telah dipaparkan, bisa disimpulkan bahwa Rooney sudah mendapatkan peran penting dalam skuat the Red Devils asuhan Sir Alex Ferguson. Sementara Solskjaer lebih sabar dalam memasukkan Greenwood ke skuat utama.

Keduanya sama-sama mengantongi 17 gol di semua kompetisi pada musim debutnya. Namun perolehan gol Greenwood bisa bertambah mengingat kompetisi Liga Europa musim ini belum berakhir.

Greenwood juga memiliki kontribusi gol yang lebih baik dari Rooney. Hal ini wajar mengingat menit bermainnya lebih minim tapi mampu mencetak gol atau assist yang tidak jauh berbeda dari sang legenda.

(Planet Football)

KOMENTAR