BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Membandingkan De Gea dan Henderson: Siapa yang Terbaik untuk MU?

20-07-2020 13:39 | Yaumil Azis

David De Gea (c) AP Photo David De Gea (c) AP Photo

Bola.net - David De Gea sedang menjadi sorotan dalam beberapa waktu belakangan ini. Bagaimana tidak, kiper Manchester United tersebut kerap melakukan serangkaian kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan.

Sorotan bukanlah hal yang baru buat seorang David De Gea. Publik sudah mengernyitkan dahinya saat ia baru mendarat di Old Trafford pada tahun 2012 lalu. Mereka meragukan fisik De Gea yang dinilai kurang tangguh untuk berkiprah di pentas Premier League.

Namun pria asal Spanyol tersebut tidak terpengaruh dengan hal itu. Malah sebaliknya, ia dinobatkan sebagai salah satu kiper terbaik di dunia setelah menyumbangkan serangkaian gelar dari berbagai kompetisi untuk the Red Devils.

Sayangnya untuk kali ini, De Gea tidak bisa membalas semua sorotan yang dituju kepadanya. Dua blunder di babak semi-final FA Cup melawan Chelsea seolah membuktikan bahwa ada yang salah dengan De Gea saat ini.

Di saat De Gea sedang terpuruk, Dean Henderson justru tampil apik bersama Sheffield United. Seperti yang diketahui, penjaga gawang berumur 23 tahun tersebut masih berstatus sebagai pemain Manchester United sampai saat ini.

Dean Henderson berhasil membuat 13 clean sheet musim ini. Kepiawaiannya dalam menjaga garis gawang juga yang membuat Sheffield United bisa bersaing untuk merebut tiket ke Liga Europa musim depan.

Kontrak peminjaman Dean Henderson di Sheffield United berakhir pada akhir musim 2019/20. Jika tidak diperbaharui, maka Henderson bisa berebut tempat dengan David De Gea musim depan.

Siapa yang pantas mengawal gawang Manchester United musim depan? Henderson atau De Gea? Untuk mencari tahu siapa yang terbaik, perbandingan statistik dari Opta berikut ini mungkin bisa membantu dalam membuat kesimpulan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Statistik De Gea dan Henderson

Jumlah penampilan

David De Gea: 36
Dean Henderson: 34

Jumlah tembakan yang dihadapi (termasuk blok)

David De Gea: 364
Dean Henderson: 387

Jumlah kebobolan

David De Gea: 35
Dean Henderson:29

Clean sheet

David De Gea: 12
Dean Henderson: 13

Penyelamatan

David De Gea: 91
Dean Henderson: 95

Penyelamatan (dari dalam kotak penalti)

David De Gea: 53
Dean Henderson: 59

Penyelamatan (dari luar kotak penalti)

David De Gea: 38
Dean Henderson: 34

2 dari 3 halaman

Bagian Kedua

Presentase penyelematan

David De Gea: 72,2
Dean Henderson: 76,2

Clearances (termasuk tinjuan ke bola)

David De Gea: 16
Dean Henderson: 26

Jumlah kebobolan (di dalam kotak penalti)

David De Gea: 31
Dean Henderson: 27

Jumlah kebobolan (dari luar kotak penalti)

David De Gea: 4
Dean Henderson: 2

Blunder berujung gol

David De Gea: 3
Dean Henderson: 1

Blunder berujung tembakan (termasuk gol)

David De Gea: 4
Dean Henderson: 1

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Menilik statistik di atas, bisa disimpulkan bahwa kualitas dari kedua pemain tidak terpaut jauh meskipun De Gea memiliki pengalaman yang jauh lebih besar ketimbang Henderson. Tapi, terlihat bahwa Henderson lebih baik pada beberapa aspek.

Kualitas Henderson membuat Manchester United tidak perlu merasa khawatir jika sampai kehilangan De Gea. Melepas De Gea ke klub lain tentu saja bisa menjadi opsi yang bagus buat klub besutan Ole Gunnar Solskjaer tersebut.

Saat ini, De Gea menyandang status sebagai kiper dengan gaji termahal di dunia. Melepas De Gea artinya memberikan sedikit ruang dalam buku keuangan Manchester United.

Jika dilepas pun, Manchester United bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Uang dari hasil penjualannya bisa digunakan untuk mengejar buruannya seperti Jadon Sancho ataupun Jack Grealish.

Namun penting untuk diingat bahwa harga pengalaman di dunia sepak bola itu mahal. Pengalaman David De Gea di ajang-ajang besar selama memperkuat Manchester United dan Atletico Madrid tentu tidak bisa disandingkan dengan Dean Henderson.

(Sportskeeda)

KOMENTAR