BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Memahami Perspektif Chelsea: Salahkah Jika Willian Pergi?

05-08-2020 10:20 | Richard Andreas

Willian (kiri) membawa bola usai mencetak gol kedua Chelsea pada duel kontra West Ham di Premier League. (c) AP Photo Willian (kiri) membawa bola usai mencetak gol kedua Chelsea pada duel kontra West Ham di Premier League. (c) AP Photo

Bola.net - Tujuh tahun perjalanan karier Willian di Chelsea tampaknya bakal segera berakhir. Gosip kepergian winger Brasil itu kian kuat, Chelsea sudah kehabisan cara untuk memintanya bertahan.

Kabarnya, The Blues sudah mengajukan tawaran kontrak baru dua tahun untuk Willian, yang ternyata ditolak mentah-mentah. Willian meminta kontrak baru dengan durasi tiga tahun, yang membuat Chelsea keberatan karena usia sang pemain sudah 31 tahun.

Kabarnya Willian bakal bergabung dengan Arsenal usai menutup musim 2019/20 akhir pekan ini. Jika benar demikian, Chelsea bisa jadi menjual salah satu pemain terbaik mereka langsung ke rival, mengingat kemampuan Willian masih sangat baik.

Transfer ini terdengar buruk untuk Chelsea, tapi bisakah merreka disalahkan? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2 halaman

Sudah ideal

Situasi Willian-Chelsea ini coba diamati oleh analis Premier League, Jermaine Jenas. Menurutnya, The Blues sudah mengambil langkah tepat dengan hanya menawarkan kontrak dua tahun.

Sebagai klub, Chelsea harus berhati-hati untuk tidak memelihara pemain tua yang tidak benar-benar membantu tim. Kasus Willian berpotensi jadi seperti itu.

"Saya kira [tawaran kontrak] dua tahun itu adil. Saya paham bagaimana posisi Willian dan saya kira banyak orang bakal berkata 'John Terry saja bisa', tapi Terry memang terjamin brilian," buka Jenas kepada Football London.

"Pada satu momen, Anda harus melihat klub Anda dan apa-apa saja yang baik untuk klub. Memang tidak ada tanda-tanda kemampuan Willian menurun, tapi Anda bakal terkejut jika memahami betapa banyaknya pemain yang merosot begitu meneken kontrak tiga tahun di usia 32."

2 dari 2 halaman

Sudut pandang Chelsea

Intinya, Chelsea merasa khawatir dengan penurunan permainan Willian setahun ke depan atau bahkan dua tahun ke depan. Pihak klub menawarkan kontrak baru dengan kehati-hatian itu.

The Blues bakal rugi besar jika menuruti permintaan kontrak tiga tahun Willian, tapi performanya merosot drastis tahun depan.

"Menurut saya pribadi, dua tahun adalah kontrak yang sangat adil. Tentu saya tidak tahu bagaimana angka sebenarnya atau apakah tawaran gajinya dipotong," sambung Jenas.

"Jika mereka kehilangan Willian tahun depan, saya kira bakal jadi kerugian besar. Karena itulah saya tidak akan memberinya kontrak lebih dari dua tahun, jadi saya paham sudut pandang Chelsea."

"Siapa pun yang mendapatkan Willian nanti bakal menerima pemain yang ingin membuktikan diri," tutupnya.

Sumber: Football London

KOMENTAR