BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Melihat Kiprah 6 Rekrutan Manchester United dari Serie A, Akankah Diallo Bernasib Sama?

11-01-2021 13:32 | Yaumil Azis

Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (c) AP Photo Gelandang Manchester United, Paul Pogba. (c) AP Photo

Bola.net - Amad Diallo akhirnya resmi menjadi bagian dari Manchester United. Pemain berusia 18 tahun itu merupakan rekrutan ke-7 Manchester United dari pentas Serie A terhitung dari tahun 2000 silam.

Ia digadang-gadang sebagai pemain dengan segudang talenta di pundaknya. Sehingga tidak heran kalau Manchester United rela mengeluarkan uang senilai 40 juta euro - termasuk bonus - untuk mengangkutnya dari Atalanta.

Manchester United tergolong jarang merekrut pemain dari pentas Serie A. Menurut catatan, hanya ada enam nama yang pernah direkrut oleh klub raksasa Italia tersebut dari Serie A terhitung sejak tahun 2000. Berikut informasinya, seperti yang dilansir dari Planet Football.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 6 halaman

Paul Pogba

Gelandang berkebangsaan Prancis ini cukup inkonsisten. Terkadang performanya mendapatkan pujian dari berbagai kalangan, namun tak jarang publik mencela penampilannya di lapangan seperti yang dilakukan Roy Keane.

Entah mengapa, performanya tidak sebegitu meyakinkan kala dirinya memperkuat Juventus dan Timnas Prancis. Walaupun, Pogba sempat mempersembahkan gelar Liga Europa serta Carabao Cup pada musim perdananya di Manchester United.

Belakangan, Pogba santer diisukan akan meninggalkan Old Trafford pada musim panas nanti. Juventus disebut-sebut berminat untuk CLBK dengan sang gelandang, begitu juga dengan Real Madrid yang nampaknya meminatinya.

2 dari 6 halaman

Matteo Darmian

Darmian direkrut dari Torino pada tahun 2015 lalu. Ketika datang, publik menggadang-gadang dirinya sebagai penerus Gary Neville yang juga bermain di posisinya, yakni bek kanan.

Ia menunjukkan performa impresif pada musim terakhirnya di Torino, yang membuat banyak klub besar meminati jasanya. Namun, entah mengapa, Darmian gagal mengulang performa terbaiknya saat memperkuat Manchester United.

Alhasil, Darmian hanya mampu mencatatkan 92 penampilan bersama Manchester United di semua kompetisi. Pada tahun 2019, ia direkrut Parma dan sekarang sedang memperkuat salah satu raksasa Italia, Inter Milan.

3 dari 6 halaman

Sergio Romero

Manchester United tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendaratkan Sergio Romero dari Sampdoria. Namun yang mengejutkan, ia merupakan salah satu rekrutan terbaik the Red Devils dari pentas Serie A.

Romero tidak pernah menjadi kiper utama di Manchester United. Namun saat diberikan tugas untuk bermain, aksinya tidak begitu mengecewakan. Malahan, ia mencatatkan clean sheet saat MU bertemu Ajax di laga final Liga Europa 2017 lalu.

Sayang, rekam sejarah tidak membuatnya bisa bertahan lama di Manchester United. Menurut kabar, ia disebut sebagai salah satu pemain yang paling berpeluang pergi pada bulan Januari karena kalah saing dengan David De Gea dan Dean Henderson.

4 dari 6 halaman

Giuseppe Rossi

Rossi direkrut Manchester United saat usianya masih lebih muda ketimbang Diallo, yakni 17 tahun. Tanpa ragu, the Red Devils mendaftarkan nama pemain berkebangsaan Italia itu sebagai salah satu bagian dari skuad inti.

Pada musim perdananya, Rossi mencatatkan dua penampilan di Carabao Cup. Catatan itu menunjukkan secercah harapan buat Rossi. Sayangnya, realita punya rencana lain.

Karena kesulitan bersaing di skuad inti, Rossi pun dipinjamkan ke klub lain sampai tahun 2007. Pada akhirnya, ia memilih pindah ke Villarreal dan menunjukkan potensi yang harusnya bisa ditampakkan sewaktu membela Manchester United.

5 dari 6 halaman

Juan Sebastian Veron

Perjalanan Juan Sebastian Veron di Manchester United tidak bisa dikatakan sukses. Walaupun sejumlah kalangan kerap memberikan pujian untuknya. Salah satunya adalah Nicky Butt, yang pernah memperkuat MU hingga tahun 2004.

"Saya tidak bisa bermain melawan Everton. Dia bermain dan saat melihatnya, saya berpikir, 'Berakhir sudah, saya takkan pernah bermain untuk United lagi. Saya harus pindah'. Veron adalah pemain terbaik yang pernah saya lihat selain Cantona," ungkapnya usai menyaksikan laga debut Veron.

Pada akhirnya, Veron yang direkrut pada tahun 2001 memilih pindah ke Chelsea dua musim setelahnya. Veron mengakhiri perjalanannya bersama the Red Devils dengan catatan 82 kali penampilan di semua ajang.

6 dari 6 halaman

Laurent Blanc

Blanc merupakan salah satu incaran pelatih legendaris the Red Devils, Sir Alex Ferguson, yang sudah mengaguminya sejak tahun 1996. Sayangnya, Manchester United baru bisa mendaratkannya di Old trafford pada tahun 2001.

Pada waktu itu usianya sudah terlampau tua, yakni 35 tahun. Jelas, perjalanan karirnya di Old Trafford tidak bertahan lama. Pada tahun 2003, ia memutuskan pensiun dari dunia sepak bola dengan Manchester United sebagai klub terakhirnya.

Pada musim keduanya, ia berhasil membantu Manchester United meraih gelar Premier League. Ada fakta unik yang ditemukan Planet Football: Pada musim tersebut, MU kalah sebanyak lima kali oleh tim yang huruf awalannya bisa menghasilkan nama Blanc: Bolton Wanderers, Liverpool, Arsenal, Newcastle, United, dan Chelsea.

*Catatan: daftar ini tidak menyertakan Davide Petrucci dan Federico Macheda yang direkrut untuk memperkuat skuad muda Manchester United.

(Planet Football)

KOMENTAR