BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Melihat Jadwal Sisa Para Pemburu Zona Eropa di Liga Inggris: Siapa Paling Sulit?

14-07-2020 18:00 | Afdholud Dzikry

Nike Tunnel Vision Merlin, Bola Resmi Premier League (c) Nike Nike Tunnel Vision Merlin, Bola Resmi Premier League (c) Nike

Bola.net - Perebutan dua tempat tersisa di zona Liga Champions di Liga Inggris semakin sengit. Setelah dua tempat sudah bertuan, ada setidaknya tiga tim yang punya kans untuk meraih dua tiket tersisa.

Dua tiket yang sudah bertuan adalah milik Liverpool, yang merupakan juara Premier League, dan satu tiket lagi menjadi milik Manchester City yang sudah memastikan tempat di posisi kedua setelah kemenangan atas Brighton akhir pekan lalu.

Nah, dengan tiga pertandingan tersisa musim ini ada tiga tim yang memiliki kans terbesar untuk menempati posisi ketiga dan keempat klasemen Premier League. Yakni Chelsea, Manchester United, dan juga Leicester City. Ketiganya dianggap sebagai tiga tim yang paling berpeluang.

Bukan hanya di Liga Champions. Perebutan tempat di zona Liga Europa musim ini juga tak kalah sengit. Selain tiga tim yang sudah disebutkan di atas, ada lima tim lain yang juga ikut bersaing mendapatkan tiket zona Eropa, tepatnya di Liga Europa.

Saat ini Manchester United berada di posisi kelima klasemen dengan raihan 59 poin, poin yang sama dengan Leicester City. Di posisi keenam, Wolverhampton menguntit dengan raihan 55 poin. Menyusul di belakangnya ada Sheffield United (54 poin), Tottenham (52 poin), Arsenal, dan Burnley (sama-sama meraih 50 poin).

Nah, dengan tiga pertandingan tersisa di musim ini, siapakah tim yang memiliki sisa pertandingan termudah? Dan siapa yang paling berpeluang lolos ke panggung Eropa musim depan? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 8 halaman

Chelsea

Selebrasi pemain Chelsea setelah Tammy Abraham menjebol gawang Crystal Palace, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo Selebrasi pemain Chelsea setelah Tammy Abraham menjebol gawang Crystal Palace, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. (c) AP Photo

Kekalahan telak Chelsea atas Sheffield United mengancam posisi mereka di zona Liga Champions. Kekalahan itu membuat perolehan poin mereka mampu didekati para pesaing mereka. Ancaman itu juga datang setelah Manchester City memenangkan banding mereka akan ancaman larangan bermain di Liga Champions musim depan. Artinya, hanya empat tim empat besar saja yang bisa ke UCL dan posisi tim asuhan Frank Lampard sekarang rentan.

Lawan pertama Chelsea di tiga laga terakhir adalah Norwich City. Kemenangan dijagokan dapat diraih oleh Chelsea saat menjamu Norwich di Stamford Bridge. Andai gagal meraih tiga poin, ini akan sangat mengejutkan mengingat Norwich sudah resmi terdegradasi.

Pertandingan melawan Norwich ini harus dimenangkan Chelsea. Pasalnya di dua pertandingan selanjutnya Chelsea akan memiliki lawan berat. Di pekan 37 mereka akan menghadapi sang juara Liverpool, sebelum di partai terakhir melawan salah satu pesaing di zona Eropa, Wolverhampton.

Chelsea sendiri bisa saja tetap lolos ke panggung Eropa musim depan lewat jalur juara Liga Champions musim ini. Namun peluang itu sangat sulit diwujudkan mengingat mereka harus membalikkan ketertinggalan 0-3 dari Bayern Munchen di leg pertama babak 16 besar Liga Champions pada Februari lalu.

Sisa Laga Chelsea: Norwich (h), Liverpool (a), Wolves (h)

2 dari 8 halaman

Leicester City

Selebrasi pemain Leicester City usai bobol gawang Crystal Palace, 4 Juli 2020 lalu. (c) AP Photo Selebrasi pemain Leicester City usai bobol gawang Crystal Palace, 4 Juli 2020 lalu. (c) AP Photo

Saat ini Leicester masih berada di posisi zona Liga Champions dengan menempati peringkat keempat. Namun pasukan Brendan Rodgers ini telah berjuang keras memertahankan performa mereka sejak Natal. Dan performa mereka tak kunjung membaik sejak liga kembali digulirkan, terakhir mereka kalah telak 1-4 dari Bournemouth.

Bisakah Leicester City mempertahankan posisi mereka di empat besar, zona yang sudah mereka tempat sejak September lalu?

Melihat bagaimana performa Manchester United dan Chelsea sejak liga kembali bergulir, The Foxes tampaknya harus memenangi semua tiga laga tersisa untuk tetap di empat besar. Namun jelas itu akan sangat sulit mengingat tiga laga tersisa mereka harus melawan tim yang juga bersaing ke zona Eropa.

Sheffield United yang saat ini ada di posisi ketujuh akan menjadi lawan pertama. Setelah itu di pekan ke-36 mereka bakal bertemu Tottenham sebelum di akhir musim menjamu Manchester United di Old Trafford.

Sisa Laga Leicester: Sheffield United (h), Tottenham (a), Manchester United (h)

3 dari 8 halaman

Manchester United

Striker Manchester United, Anthony Martial merayakan gol ke gawang Southampton, Selasa (14/7/2020) (c) AP Photo Striker Manchester United, Anthony Martial merayakan gol ke gawang Southampton, Selasa (14/7/2020) (c) AP Photo

Manchester United kehilangan peluang besar untuk naik ke empat besar ketika melawan Southampton. Di laga tersebut, pasukan Ole Gunnar Solskjaer hanya bermain imbang 2-2, dan memaksa mereka kini tetap di posisi kelima. Andai menang, mereka bisa lompat ke posisi ketiga, menggeser Chelsea.

Namun melihat jadwal tersisa, Manchester United memiliki salah satu jadwal termudah. Crystal Palace bakal menjadi lawan pertama, dan West Ham di laga selanjutnya. Nah, penentuan bisa jadi akan terjadi di pekan terakhir di mana mereka bakal menantang Leicester City di King Power Stadium.

Namun Manchester United juga memiliki rute lain ke zona Eropa karena mereka masih bermain di semifinal Piala FA melawan Chelsea, dan bisa juga lolos ke Liga Champions lewat jalur juara Liga Europa, di mana Setan Merah unggul 5-0 di leg pertama babak 16 besar Liga Europa.

Sisa Laga Manchester United: Crystal Palace (a), West Ham (h), Leicester (a)

4 dari 8 halaman

Wolverhampton

Selebrasi pemain Wolverhampton usai bobol gawang Everton, 12 Juli 2020. (c) AP Photo Selebrasi pemain Wolverhampton usai bobol gawang Everton, 12 Juli 2020. (c) AP Photo

Wolves banyak disebut akan menantang tempat di zona Liga Champions lewat performa gemilang mereka musim ini. Namun dua kekalahan beruntun dari Arsenal dan Sheffield United membuat itu berubah. Namun kemenangan terakhir melawan Everton pekan lalu membuat mereka kini kembali bersaing.

Tiga kemenangan dari tiga pertandingan terakhir akan membuat segalanya sangat menarik. Pasalnya di laga terakhir mereka akan menghadapi Chelsea, pesaing zona Eropa lainnya. Di dua pertandingan sebelum itu, mereka akan menghadapi Burnley, dan Crystal Palace.

Wolves juga memiliki rute lain untuk ke Liga Champions. Mereka saat ini masih bertanding di Liga Europa dan berpeluang lolos ke perempat final setelah bermain imbang 1-1 dengan Olympiakos di leg pertama. Juara di kompetisi ini akan membawa mereka lolos ke Liga Champions, tak peduli berapa posisi mereka di klasemen Premier League.

Sisa Laga Wolves: Burnley (a), Crystal Palace (h), Chelsea (a)

5 dari 8 halaman

Sheffield United

Sheffield United ketika berjumpa Chelsea pada pekan ke-35 Premier League 2019/2020 di Bramall Lane (c) AP Photo Sheffield United ketika berjumpa Chelsea pada pekan ke-35 Premier League 2019/2020 di Bramall Lane (c) AP Photo

Musim ini telah menjadi musim yang mengejutkan bagi Sheffield. Datang dengan status tim promosi, pasukan Chris Wilder membuat kejutan.

Sempat menurun karena kekalahan atas Manchester United di pekan ke-31, Sheffield bangkit dengan kemenangan atas Tottenham, imbang lawan Burnley, dan dua kemenangan atas dua pesaing di zona Eropa, Wolverhampton dan Chelsea.

Di tiga pertandingan bisa dikatakan begitu tricky bagi mereka. Di pekan 36, mereka akan bertemu dengan Leicester yang juga tengah berjuang memertahankan posisi di empat besar. Kemudian di laga selanjutnya mereka bakal bertemu Everton dan Southampton, dua tim yang tengah meningkat performanya.

Sisa Laga Sheffield: Leicester (a), Everton (h), Southampton (a)

6 dari 8 halaman

Tottenham

Selebrasi pemain Tottenham usai bobol gawang Arsenal, 12 Juli 2020 lalu. (c) AP Photo Selebrasi pemain Tottenham usai bobol gawang Arsenal, 12 Juli 2020 lalu. (c) AP Photo

Kemenangan penting atas Arsenal membuat posisi Tottenham kini ada di atas Arsenal di papan klasemen. Kini pasukan Jose Mourinho tersebut mengoleksi 52 poin, tertinggal tiga poin dari Wolves yang ada di posisi keenam.

Tiga pertandingan terakhir Spurs akan sangat menarik. Mungkin hanya Leicester, lawan mereka di pekan 37, yang bisa dikatakan lawan yang sepadan. Dua lawan lainnya adalah Newcastle dan di laga terakhir bakal menghadapi Crystal Palace.

Jadwal Sisa Tottenham: Newcastle (a), Leicester (h), Crystal Palace (a)

7 dari 8 halaman

Arsenal

Ekspresi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, setelah timnya menelan kekalahan di markas Tottenham.  (c) AP Photo Ekspresi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, setelah timnya menelan kekalahan di markas Tottenham. (c) AP Photo

Kegagalan mempertahankan keunggulan melawan Brigton, Leicester City, dan Tottenham baru-baru ini telah membuat peluang Arsenal ke kualifikasi Liga Champions tertutup.

Bukan itu saja, tiga hasil itu juga mengancam peluang mereka ke Liga Europa musim depan di papan klasemen. Mungkin hanya tiga kemenangan dari tiga laga tersisa yang bisa membawa mereka di panggung Eropa. Namun masalahnya adalah, di laga berikutnya mereka akan menghadapi Liverpool, sang juara Premier League, sebelum bertemu Aston Villa dan Watford.

Arsenal memang masih bisa lolos ke panggung Eropa lewat jalur Piala FA. Namun lagi-lagi, peluang mereka tak begitu besar mengingat lawan mereka di semifinal adalah Manchester City, tim yang kurang dari sebulan lalu membantai mereka tiga gol tanpa balas.

Jadwal Sisa Arsenal: Liverpool (h), Aston Villa (a), Watford (h)

8 dari 8 halaman

Klasemen Premier League 2019-2020

Berikut klasemen Premier League selengkapnya.

Sumber: Premier League, Sky Sports

KOMENTAR