BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Melepas Sir Alex Ferguson: West Brom vs MU, Drama 10 Gol, dan Hattrick Romelu Lukaku

20-05-2020 11:13 | Asad Arifin

Sir Alex Ferguson (c) Bolanet Sir Alex Ferguson (c) Bolanet

Bola.net - Sir Alex Ferguson menutup karirnya sebagai manajer Manchester United pada 19 Mei 2013, tepat tujuh tahun lalu. Pada laga terakhir Ferguson, terjadi drama 10 gol dan hattrick dari Romelu Lukaku.

Sir Alex Ferguson memulai kiprah sebagai manajer United pada 1986. Pria asal Skotlandia punya rekam jejak cukup bagus di negaranya. Dia meraih empat gelar juara Liga Premier Skotlandia.

Awal karir Ferguson di United tidak mulus. Sempat diragukan, pelan-pelan dia membangun United menjadi tim yang tangguh. Setan Merah sangat dominan pada awal era Premier League hingga dia pensiun pada 2013.

Ferguson memberikan 13 gelar Premier League untuk Manchester United. Lalu, ada juga dua gelar Liga Champions. Ferguson pensiun tujuh tahun lalu, laga terakhirnya terjadi di Hawthorns Stadium melawan West Brom.

1 dari 4 halaman

Laga ke 1.500 Ferguson

Hawthorns Stadium menjadi panggung bagi laga terakhir Fergsuon. Dia punya karir yang panjang sebagai manajer. Saat berjumpa West Brom, Ferguson sedang memainkan laga ke 1.500 dalam karirnya di semua kompetisi.

Tidak banyak manajer yang mencapai catatan laga sebanyak Ferguson. Selain itu, rezimnya bersama Ferguson di Manchester United juga bertahan untuk waktu yang sangat lama. 26 tahun!

Arsene Wenger di Arsenal hanya bertahan selama 22 tahun.

2 dari 4 halaman

Drama 10 Gol

Manchester United bersemangat untuk memberi pesta terakhir bagi sang manajer. Shinji Kagawa membawa Setan Merah unggul pada menit ke-6. Lalu disusul gol bunuh diri Jonas Olsson pada menit ke-9. Alexander Buttner membuat United unggul 3-0 pada menit ke-30.

West Brom tidak ingin malu. Mereka mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-40 lewat gol James Morrison. Babak pertama berakhir 1-3 untuk United.

Romelu Lukaku memberi harapan bagi West Brom pada menit ke-50. Namun, United segera menjauh lewat gol Robin van Persie dan Javier Hernandez. United unggul 2-5 dan pesta sudah di depan mata.

Namun, West Brom yang dilatih Steve Clarke tidak menyerah. Defisit tiga gol mampu dikejar. Romelu Lukaku mencetak dua gol dan Youssouf Mulumbu satu. Laga berakhir dengan skor imbang 5-5. Drama 10 gol menutup 26 tahun karir Ferguson di Manchester United.

3 dari 4 halaman

Hattrick Pemuda Bernama Lukaku

West Brom memainkan Romelu Lukaku pada babak kedua. Saat itu, Romelu Lukaku berstatus pemain pinjaman dari Chelsea. Performa gemilang mampu ditampilkan Romelu Lukaku dengan catatan hattrick ke gawang United.

Dikutip dari Opta, Romelu Lukaku menjadi satu dari enam pemain yang sukses mencetak hattrick dengan status pengganti. Hanya ada empat pemain yang pernah mencetak gol ke gawang United, salah satunya Romelu Lukaku.

Dan, Romelu Lukaku pencetak hattrick paling muda ke gawang United pada usia 20 tahun 6 hari.

Romelu Lukaku dikemudian hari pindah ke Manchester United. Catatan pemain asal Belgia itu tidak cukup buruk, tetapi dia harus pergi dari Old Trafford karena gaya bermainnya tidak sesuai dengan Ole Gunnar Solskjaer.

4 dari 4 halaman

Manchester United Setelah Rezim Ferguson

Sir Alex Ferguson (c) Bola.net Sir Alex Ferguson (c) Bola.net

Manchester United tidak lagi sama setelah rezim Sir Alex Ferguson berakhir. Setan Merah belum juga meraih juara Premier League sejak 2013 hingga sekarang. United kesulitan bersaing mendapat gelar juara.

United bahkan beberapa kali gagal lolos ke zona Liga Champions. Satu catatan gemilang mungkin diraih saat United di bawah kendali Jose Mourinho menjadi juara Liga Europa.

Pasca Ferguson, United juga sulit menemukan manajer yang cocok. David Moyes yang dipilih Ferguson sebagai manajer tidak bertahan satu musim. Louis van Gaal pun tidak mampu meraih kesuksesan. Jose Mourinho pun dianggap gagal dan dipecat pada 2018.

Kini, United dilatih Ole Gunnar Solskjaer.

Sumber: Berbagai Sumber

KOMENTAR