BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mayoritas Gelandang, 5 Pemain Ini Miliki Kartu Kuning Terbanyak di Premier League

01-10-2020 18:21 | Serafin Unus Pasi

Wasit berikan kartu kuning kepada pemain. (c) AP Wasit berikan kartu kuning kepada pemain. (c) AP

Bola.net - Premier League merupakan salah satu liga yang begitu mengandalkan fisik di setiap pertandingannya. Tak jarang pelanggaran-pelanggaran keras pun dilakukan banyak pemain. Tensi yang tinggi di setiap laganya pun membuat pemain kerap terbawa suasana dan terpancing emosi.

Dari kerasnya pertandingan tersebut sudah begitu banyak kartu kuning yang diacungkan wasit di setiap laganya. Agresivitas tinggi pun kerap tersaji di tengah lapangan. Sosok gelandang yang bertanggung jawab sebagai jenderal lini tengah menjadi seringkali mengandalkan tekel-tekelnya untuk menghentikan serangan lawan.

Tidak heran jika mayoritas pemilik kartu kuning terbanyak diisi oleh pemain-pemain tengah. Ketegasan pemain di lini tengah tentu menjadi senjata yang dibutuhkan untuk bersaing di Premier League.

Sehingga menjadi wajar jika gelandang-gelandang terbaik yang pernah ada di Premier League merupakan pengoleksi kartu kuning terbanyak. Namun, kerasnya Premier League tentu juga kerap membawa pemain di posisi lain melakukan pelanggaran keras demi kemenangan tim. Lantas, siapa saja pemilik kartu kuning terbanyak di Premier League? Berikut lima besarnya:

1 dari 5 halaman

5. Paul Scholes (99 kartu kuning)

Paul Scholes di laga melawan Barcelona pada Liga Champions 2007/2008 (c) Manchester United Paul Scholes di laga melawan Barcelona pada Liga Champions 2007/2008 (c) Manchester United

Paul Scholes merupakan salah satu legenda Manchester United di era Sir Alex Ferguson. Paul Scholes juga merupakan kesayangan publik Manchester karena keloyalannya sebagai pemain. Scholes selama karirnya hanya membela Manchester United, dan mencatatkan 709 kali penampilan di semua kompetisi.

Kemampuannya menguasai lini tengah pun tidak perlu diragukan lagi. Scholes yang dikenal sebagai gelandang yang pintar dan elegan dalam menguasai bola, memiliki senjata lain untuk seorang gelandang tengah yaitu tekel kerasnya. Kemampuan tersebut yang mengakibatkannya telah dikartu kuning sebanyak 99 kali dari 499 kali penampilannya di Premier League.

2 dari 5 halaman

4. Kevin Davies (99 kartu kuning)

Kevin Davies (c) AFP Kevin Davies (c) AFP

Kerasnya Premier League di segala lininya tergambarkan oleh sosok Kevin Davies. Pemain kelahiran Sheffield ini merupakan penyerang lebih dikenal dengan permainan fisiknya yang dominan.

Dengan gaya permainannya tersebut Kevin Davies tercatat memilik 99 kartu kuning dari 444 pertandingannya di Premier League. Striker yang seharusnya bertugas membobol gawang tidak terlihat dalam diri Kevin Davies. Catatan kartu kuningnya bahkan melebih jumlah golnya di Premier League yang hanya sebesar 87 gol.

Namun, Kevin Davies merupakan andalan Bolton dari tahun 2003 hingga 2013. Striker macam Kevin Davies nyatanya dibutuhkan di Premier League sebagai penghancur ritme lawan lewat gangguan kerasnya.

3 dari 5 halaman

3. Lee Bowyer (100 kartu kuning)

Kieran Dyer & Lee Bowyer (c) Ist Kieran Dyer & Lee Bowyer (c) Ist

Sepak bola merupakan salah satu ranah untuk meluapkan emosi, setidaknya hal tersebut lah yang kerap digambarkan Lee Bowyer. Gelandang yang lama membela Leeds United ini merupakan pemain yang begitu garang di lini tengah. Baik di luar maupun dalam lapangan Lee Bowyer merupakan seseorang yang berapi-api.

Di puncak karirnya pada tahun 2001, Lee Bowyer bahkan gagal dipanggil timnas Inggris untuk Piala Dunia 2002 akibat terlibat perkelahian. Paling memorable tentu ketika Lee Bowyer membela Newcastle United tahun 2005, di lapangan Bowyer terlibat baku hantam, bukan dengan lawannya melainkan rekan setimnya Kieron Dyer.

Akibat sikapnya yang menggebu-gebu, Lee Bowyer selama karirnya di Premier League telah mengoleksi 100 kartu kuning dari 397 kali penampilannya.

4 dari 5 halaman

2. Wayne Rooney (102 kartu kuning)

Wayne Rooney (c) AFP Wayne Rooney (c) AFP

Satu lagi pemain andalan Manchester United yang miliki kartu kuning terbanyak adalah Wayne Rooney. Sebelum menjadi sosok yang lebih bijaksana, Wayne Rooney dulunya terkenal sebagai pemain temperamental yang sering melakukan protes dan marah kepada wasit. Hal yang membuat dirinya banyak diacungi kartu kuning.

Bukan hanya akibat sikap emosionalnya, Wayne Rooney juga terkenal dengan gaya permainannya yang agresif. Namun, gayanya tersebut yang menjadikannya sosok pemain yang begitu menjadi momok lawan. Sir Alex Ferguson pun begitu mengandalkannya sambil berusaha mengontrol emosi dari Wayne Rooney.

Total dari 491 kali penampilannya, Rooney total mendapatkan 102 kartu kuning, yang menjadikannya pemain kedua terbanyak sebagai pengoleksi kartu kuning.

5 dari 5 halaman

1. Gareth Barry (125 kartu kuning)

Gareth Barry (c) WBA Gareth Barry (c) WBA

Selain menjadi penampil terbanyak di era Premier League, Gareth Barry memiliki rekor lainnya yaitu pemilik kartu kuning terbanyak dalam sejarah Premier League. Gareth Barry merupakan pemain yang begitu mengenal kerasnya Premier League, dia telah tampil 653 kali liga tersebut.

Gareth Barry yang merupakan sosok gelandang bertahan sepertinya memang ditakdirkan untuk terus menerima kartu kuning. Dia merupakan sosok gelandang bertahan yang solid yang tidak peduli akan pelanggaran dan rela mengorbankan dirinya untuk keuntungan tim.

Dengan gaya penampilannya tersebut Gareth Barry pun menjadi pengoleksi kartu kuning terbanyak yaitu 125 kartu kuning selama dua dekade karirnya.

Sumber: Sportmob

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR