Mateo Kovacic Sempat Berikan Rekomendasi Pemain Timnas Kroasia yang Layak Didatangkan Chelsea

Abdi Rafi Akmal | 6 September 2022, 14:51
Gelandang Chelsea Mateo Kovacic. (c) AP Photo
Gelandang Chelsea Mateo Kovacic. (c) AP Photo

Bola.net - Keinginan Chelsea untuk mendatangkan bek tengah RB Leipzig Josko Gvardiol mendapat rekomendasi dari Mateo Kovacic. Gelandang tengah Chelsea itu mengakui kemampuan yang dimiliki oleh rekan senegaranya dari Kroasia tersebut.

Nama Gvardiol mencuat di bursa musim panas lalu. Chelsea disebut siap merogoh dana yang sangat besar untuk bisa mendatangkan sang pemain.

Dalam sejumlah laporan disebutkan bahwa Chelsea siap untuk menggelontorkan dana sebesar 90 juta Euro untuk Gvardiol. Jumlah tersebut bahkan lebih besar daripada biaya kedatangan Wesley Fofana dari Leicester City ataupun Kalidou Koulibaly dan Napoli.

Namun, Leipzig tidak menerima tawaran tersebut. Pasalnya, Gvardiol diplot jadi pemain potensial dan kontraknya akan habis pada 2027 mendatang.

1 dari 4 halaman

Saran dari Rekan Timnas

Josko Gvardiol ketika membela RB Leipzig (c) Twitter @GvardioI

Josko Gvardiol ketika membela RB Leipzig (c) Twitter @GvardioI

Sebelum Chelsea bergerak dengan tawaran tersebut, The Blues ternyata meminta saran dari Kovacic. Kovacic pun mengakui hal tersebut.

Pemain timnas Kroasia ini kemudian menyampaikan kepada klub bahwa Gvardiol adalah pemain yang tepat untuk didatangkan. Apalagi Chelsea saat itu memang membutuhkan tenaga baru di lini belakang.

"Di dalam klub, mereka bertanya kepada saya tentang Josko [Gvardiol]. Saya bilang ke mereka bahwa dia yang terbaik," katanya dilansir dari Metro.

2 dari 4 halaman

Pemain Hebat

Mateo Kovacic (c) AP Photo

Mateo Kovacic (c) AP Photo

Kovacic harus mengakui bahwa pemain yang lebih muda delapan tahun dari dirinya itu adalah pemain yang hebat. Hal itu sudah dilihatnya sendiri saat bermain untuk timnas Kroasia.

Kovacic pun merasa Chelsea sudah mengetahui hal tersebut. Apabila belum, Chelsea tidak mungkin berani menawarkan uang yang begitu besar kepada Leipzig untuk pemain yang masih sangat belia itu.

"Saya tidak perlu mengatakan apa-apa lagi tentang cara dia bermain sepak bola. Mereka sendiri tahu pemain seperti apa dia dan karakternya sangat bagus," kata dia.

3 dari 4 halaman

Masih Aktif di Timnas

Timnas Kroasia di Euro 2020 (c) AP Photo

Timnas Kroasia di Euro 2020 (c) AP Photo

Keduanya masih aktif bermain untuk timnas Kroasia. Namun, Gvardiol tidak dipanggil untuk memperkuat Kroasia pada awal Juni 2022 lalu saat negaranya berjuang di UEFA Nations League A, sedangkan Kovacic dipanggil dan sempat jadi kapten.

Terakhir kali keduanya berada di pemusatan latihan timnas Kroasia yang sama pada Maret 2022 lalu. Saat itu, Gvardiol dan Kovacic bermain dalam saat yang sama saat imbang 1-1 melawan Slovenia.

"Saya telah melihatnya di timnas betapa dia selalu ingin bermain di setiap pertandingannya. Saya pikir dia punya karier yang menarik di depannya. Dan sharapan saya suatu hari nanti kami akan bermain di tim yang sama," ujar Kovacic.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR