BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Mateo Kovacic Cedera, Thomas Tuchel: Gara-gara Saya Telepon Jam 3 Pagi untuk Latihan

30-10-2021 11:41 | Asad Arifin

Aksi Mateo Kovacic pada laga melawan Aston Villa di pekan ke-4 Premier League 2021/2022, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Aksi Mateo Kovacic pada laga melawan Aston Villa di pekan ke-4 Premier League 2021/2022, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Thomas Tuchel memberi kabar buruk jelang duel Chelsea melawan Newcastle pada pekan ke-10 Premier League, Sabtu (30/10/2021) malam WIB. Mateo Kovacic mengalami cedera hamstring dan itu adalah salah Tuchel sendiri.

Laga melawan Newcastle akan digelar di St James Park. Bagi The Blues, ini adalah duel yang penting. Sebab, mereka butuh kemenangan untuk menjaga tempat di posisi puncak klasemen Premier League.

Saat membutuhkan kemenangan, Tuchel justru kehilangan Mateo Kovacic. Gelandang asal Kroasia itu absen karena cedera. Padahal, peran Kovacic belakangan sangat penting saat N'Golo Kante masih berjuang mendapatkan level terbaiknya.

1 dari 4 halaman

Bakal Absen Cukup Lama

Awalnya, pada sesi jumpa pers jelang lawan Newcastle, Tuchel menyebut semua pemain Chelsea dalam kondisi baik. Hanya Romelu Lukaku dan Timo Werner yang sudah pasti absen. Christian Pulisic dan pemain lain dalam kondisi baik.

Tapi, sebuah pertanyaan tentang performa apik Kovacic awal musim ini membuat Tuchel memberi kabar bauruk.

"Anda [jurnalis] mengingatkan saya, maaf saya lupa, kami mendapat kabar sangat menyedihkan kemarin usai latihan bahwa Kovacic cedera hamstring dan akan absen untuk beberapa pekan," kata Tuchel dikutip dari Football London.

"Kovacic masih absen hingga minggu depan dan ada jeda internasional di mana dia juga absen. Itu adalah perkiraan minimal, tetapi semoga dia bisa segera kembali setelah itu," kata eks pelatih PSG tersebut.

2 dari 4 halaman

Terlalu Sering Latihan

Mateo Kovacic usai mencetak gol pada laga melawan Aston Villa di pekan ke-4 Premier League 2021/2022, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. (c) AP Photo
Mateo Kovacic usai mencetak gol pada laga melawan Aston Villa di pekan ke-4 Premier League 2021/2022, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Tuchel menyalahkan dirinya sendiri atas cedera yang dialami Kovacic. Gelandang yang pernah membela Inter Milan, kata Tuchel, terlalu sering berlatih dan selalu siap sedia ketika mendapatkan panggilan telepon.

"Kovacic cedera hamstring karena terlalu sering latihan. Ini juga salah saya yang menjelaskan jawabannya," kata Tuchel.

"Anda dapat menelepon Kovacic pada pukul 3 pagi dan memanggilnya untuk pelatihan taktis, bertahan, atau bola mati atau telepon saja dia dan dia akan berada di sana dengan senyuman dan senang melakukan apa yang perlu dilakukan," sambung Tuchel.

3 dari 4 halaman

Pemain Fantastis

Cedera Kovacis menjadi kehilangan yang besar bagi Chelsea. Performanya sedang bagus-bagusnya. Bagi Tuchel, Kovacic adalah tipikal pemain tim. Kovacic juga selalu bersedia bertarung untuk rekan satu timnya.

"Kovacic adalah pria yang fantastis. Pemain tim yang begitu fantastis. Saya adalah penggemar beratnya ketika dia bermain untuk Real Madrid," kata Tuchel.

"Saya bicara langsung padanya, saya ingat menonton Clasico bersamanya dan saya melihat potensi besar dalam dirinya. Ketika saya bertemu dengannya, dia ramah, rendah hati, dan seorang pria dengan hati yang besar untuk sepak bola. Selalu semangat saat latihan," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Klasemen Premier League

Sumber: Football London

KOMENTAR