BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Masihkah Ada Warisan David Moyes di Manchester United Sekarang?

21-04-2021 15:16 | Yaumil Azis

Pelatih West Ham, David Moyes (c) AP Photo Pelatih West Ham, David Moyes (c) AP Photo

Bola.net - Keputusan Sir Alex Ferguson pensiun di tahun 2013 lalu ditengarai sebagai penyebab keterpurukan Manchester United. Situasinya kian diperparah dengan penunjukan David Moyes selaku penggantinya.

Moyes bukanlah pelatih dengan CV yang mentereng. Akan tetapi, ia bertanggung jawab atas keberhasilan Everton menjadi kuda hitam yang patut diperhitungkan di pentas Premier League.

Namun, beban melatih Manchester United mungkin telah sukses mengganggunya. The Red Devils meraih sejumlah hasil buruk selama di tangannya dan selang beberapa bulan, manajemen klub memecat Moyes.

Sekarang Manchester United masih berusaha meraih trofi Premier League pertama sejak ditinggal Ferguson, Belum begitu bagus, akan tetapi the Red Devils sepertinya telah berada di jalur yang tepat untuk meraih ambisinya.

The Red Devils, di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer, sudah jauh berbeda ketimbang waktu masih diasuh oleh Moyes. Sebagai pengingat, berikut ini informasi terkait starting XI terakhir yang digunakan Moyes sebelum klub memecatnya, dilansir dari Planet Football.

1 dari 4 halaman

Kiper: David De Gea

De Gea cukup beruntung karena bisa menyaksikan penutupan karir Ferguson di Manchester United. Dan sampai sekarang, ia masih setia menjadi pengawal gawang the Red Devils.

Pemain asal Spanyol tersebut sempat dirundung kritikan karena performanya yang menurun di musim lalu. Meski demikian, ia masih tetap menjadi kiper utama the Red Devils pada musim ini.

Peruntungannya berubah ketika memasuki bulan Maret lalu. Ia harus absen untuk menemani sang istri lahiran, dan Dean Henderson pun diberi tugas sebagai kiper utama. Situasinya tidak berubah meski De Gea sudah kembali ke Manchester.

2 dari 4 halaman

Bek: Smalling, Phil Jones, Evans, Buttner

Smalling menjadi kiper Manchester United bahkan di era kepelatihan Louis van Gaal dan Jose Mourinho. Sayang, kehadiran Ole Gunnar Solskjaer membuat dirinya harus bergabung dengan klub Italia, AS Roma.

Lalu, masih di sektor bek, ada Phil Jones. Ketika direkrut dari Blackburn pada tahun 2011, publik menganggap Phil Jones sebagai talenta muda berbakat. Phil Jones gagal mewujudkan harapan itu, namun masih tergabung dalam skuad the Red Devils hingga sekarang.

Berikutnya adalah Jonny Evans. Selama sembilan tahun, ia membantu the Red Devils meraih tiga gelar Premier League. Namun perubahan terjadi di era Van Gaal dan sekarang, Evans sedang memperkuat Leicester City.

Yang terakhir ada Alexander Buttner. Setelah ini, Buttner sempat tampil sebanyak satu kali lagi sebelum pihak klub melepasnya ke Dynamo Moscow. Sekarang Buttner bermain di Amerika Serikat bersama New England Revolution.

3 dari 4 halaman

Gelandang: Carrick, Fletcher, Nani, Mata, Rooney

Michael Carrick dan Darren Fletcher masih tergabung dalam tubuh Manchester United, namun dengan peran yang berbeda. Carrick jadi asisten pelatih, sementara Flether menjabat sebagai direktur teknis.

Nani sendiri masih aktif sebagai pesepakbola sampai saat ini. Sekarang, pemain yang pernah digadang-gadang sebagai suksesor Cristiano Ronaldo tersebut bermain di Amerika Serikat bersama Orlando City SC.

Juan Mata bahkan tidak pernah meninggalkan Old Trafford sejak didatangkan dari Chelsea di tahun 2014 lalu. Akan tetapi, karirnya di Manchester United bakal segera usai berhubung kontraknya berakhir pada bulan Juni nanti.

Rooney masih sempat bermain di divisi Championship bersama Derby County hingga bulan Januari lalu. Namun, klub mengangkat dirinya sebagai pelatih permanen, sehingga harus gantung sepatu dari dunia sepak bola.

4 dari 4 halaman

Striker: Shinji Kagawa

Kagawa menjadi pusat lini serang Manchester United dalam formasi 4-2-3-1 usungan Moyes. Sayangnya, ia gagal mencetak gol hingga the Red Devils harus kalah dengan skor 0-2.

Pemain asal Jepang tersebut bergabung dengan the Red Devils pada tahun 2012. Kedatangannya disambut cukup meriah, karena Kagawa adalah pemain berdarah Jepang pertama yang pernah memperkuat klub tersebut.

Perekrutan Kagawa bukan sesuatu yang mengherankan. Ia tampil apik bersama Borussia Dortmund hingga mencetak 17 gol di semua kompetisi. Namun performanya menurun drastis dan dilepas pada tahun 2014 lalu.

Kagawa bertahan di Dortmund selama empat musim, sebelum dilepas ke Besiktas dengan status pinjaman. Kini, pria berusia 32 tahun tersebut sedang memperkuat klub asal Yunani, PAOK FC.

(Planet Football)

KOMENTAR