BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Masih Ingat? Pemain-Pemain Ini Mencetak Gol di Debut Kompetitifnya Bersama Manchester United

09-04-2020 14:49 | Serafin Unus Pasi

Zlatan Ibrahimovic saat masih berseragam Manchester United. (c) AFP Zlatan Ibrahimovic saat masih berseragam Manchester United. (c) AFP

Bola.net - Bagi seluruh pesepakbola, laga debut merupakan laga yang krusial. Pada pertandingan perdana mereka di klub itu, mereka ingin meninggalkan kesan pertama yang baik tidak hanya untuk pelatih tetapi juga untuk para pendukung mereka.

Salah satu cara terbaik untuk menjalani sebuah debut adalah dengan mencetak gol. Baik pemain yang debut dari akademi maupun pemain baru yang bergabung dengan klub akan merasa bangga jika mereka bisa mencetak gol di laga debut mereka.

Sebagai salah satu klub top Eropa, Manchester United memiliki sejarah yang bagus dengan para debutan mereka. Tercatat ada cukup banyak pemain yang berhasil mencetak gol di partai debut mereka bersama Setan Merah.

Siapa saja pemain-pemain tersebut? Yuk intip daftarnya di bawah ini.

1 dari 10 halaman

Daniel James

Ekspresi Daniel James usai mencetak gol perdananya bagi Manchester United (c) Premier League Ekspresi Daniel James usai mencetak gol perdananya bagi Manchester United (c) Premier League

Debutan terbaru yang mencetak gol di laga debutnya adalah sosok winger asal Wales, Daniel James.

James yang didatangkan dari Swansea City dimainkan sebagai pemain pengganti saat menghadapi Chelsea di pertandingan pertama EPL musim 2019/2020 yang bertempat di Old Trafford.

Namun sang winger tidak butuh waktu lama untuk menunjukkan kebolehannya, di mana ia berhasil menjebol gawang Kepa Arrizabalaga setelah mendapatkan umpan terukur dari Paul Pogba.

2 dari 10 halaman

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku (c) MUFC Romelu Lukaku (c) MUFC

Dibeli dengan harga 75 juta pounds dari Everton, tentu Lukaku tidak mau menanggung malu di laga debutnya bersama Manchester United. Untuk itu striker Timnas Belgia itu mencoba untuk langsung membuat gol bagi Setan Merah di laga perdananya.

Laga kompetitif Lukaku bersama MU adalah melawan West Ham United. Pada saat itu Setan Merah menghajar The Hammers dengan skor telak 4-0.

Di laga itu, ia berhasil mencetak dua gol sehingga ia mendapatkan banyak pujian dari para loyalis Setan Merah.

3 dari 10 halaman

Josh Harrop

Josh Harrop (c) AFP Josh Harrop (c) AFP

Di penghujung musim 2016/17, Manchester United menghadapi Crystal Palace di Old Trafford. Sebagai laga penutup musim, Jose Mourinho pada saat itu memberikan kesempatan kepada beberapa pemain muda untuk menjadi starter, salah satunya adalah gelandang muda, Josh Harrop.

Harrop sendiri tidak butuh waktu lama untuk membayar lunas kepercayaan Jose Mourinho. Baru 15 menit pertandingan berjalan, Pogba memberikan umpan terukur kepada Josh Harrop, yang berhasil melepaskan tembakan di dalam kotak penalti meski dijaga tiga bek Palace.

Namun sayang pertandingan itu adalah pertandingan pertama dan pertandingan terakhir Harrop di MU. Di musim panas, ia memutuskan pindah ke klub Championship, Preston North End.

4 dari 10 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic (c) ManUtd Zlatan Ibrahimovic (c) ManUtd

Menjelang akhir musim 2015/2016, dunia dikejutkan dengan pengumuman yang dibuat oleh Zlatan Ibrahimovic. Striker flamboyan yang pada saat itu memperkuat PSG mengumumkan bahwa ia akan pindah ke Inggris untuk bergabung dengan Manchester United.

Debut kompetitif Zlatan adalah ketika MU menghadapi Leicester City di ajang Community Shield. Di laga debut kompetitifnya itu, ia berhasil mencetak gol kemenangan MU sehingga timnya menang 1-2 atas The Foxes.

Kecemerlangan Ibra berlanjut di debutnya di ajang EPL, di mana ia turut mencetak satu gol ke gawang Bournemouth pada saat itu.

5 dari 10 halaman

Marcus Rashford

Marcus Rashford (c) AFP Marcus Rashford (c) AFP

Pada Februari 2016 silam, Louis van Gaal membawa seorang striker muda bernama Marcus Rashford dalam timnya yang menghadapi Mitdjylland di ajang Liga Europa. Ia yang semula hanya diplot sebagai pelapis, mendadak harus menjadi starter karena Anthony Martial mengalami cedera saat pemanasan.

Rashford muda pada saat itu langsung mencuri perhatian Setan Merah. Pasalnya ia mengemas dua gol ke gawang Tim asal Belgia tersebut.

Kecemerlangan Rashford tidak sampai di situ. Dua hari paska debutnya di MU, ia kembali dipercaya menjadi starter kontra Arsenal di ajang EPL. Lagi-lagi, si anak ajaib sukses mencetak dua gol ke gawang The Gunners yang pada waktu itu dikawal oleh kiper kawakan Petr Cech.

6 dari 10 halaman

Anthony Martial

Anthony Martial (c) AFP Anthony Martial (c) AFP

Di tahun 2015, media Inggris mempertanyakan keputusan Louis van Gaal merekrut Anthony Martial dari AS Monaco. Maklum, pemuda berusia 19 tahun itu dibeli dengan harga yang cukup fantastis pada saat itu, yaitu 60 juta Euro.

Namun semua keraguan atas Martial itu terpatahkan saat ia menjalani partai debutnya bagi United. Pada saat itu Setan Merah menjamu musuh bebuyutan mereka, Liverpool di Old Trafford.

Masuk di 10 menit terakhir, ia langsung mencuri perhatian publik Old Trafford setelah sukses mengolongi Martin Skrtel lalu menceploskan bola ke gawang Liverpool yang dijaga Simon Mignolet.

7 dari 10 halaman

James Wilson

James Wilson (c) ist James Wilson (c) ist

Menjelang akhir musim 2013/2014, Manchester United mengambil keputusan untuk memecat David Moyes. Sebagai gantinya, Ryan Giggs diminta untuk menjadi caretaker Setan Merah hingga akhir musim.

Di laga terakhir EPL musim itu, Giggs melanjutkan tradisi MU untuk memainkan sejumlah pemain muda melawan Hull City. Salah satunya adalah striker muda United, James Wilson.

Tidak tanggung-tanggung, di laga debutnya Wilson sukses mencetak dua gol ke gawang The Tigers, sehingga ada ekspektasi besar untuk sang striker di lini serang Setan Merah di masa depan.

8 dari 10 halaman

Wayne Rooney

Wayne Rooney (c) Manchester United Wayne Rooney (c) Manchester United

Pada tahun 2004, Sir Alex Ferguson melakukan sebuah transfer besar. Ia memutuskan untuk merekrut bocah berusia 18 tahun yang pada saat itu memperkuat Everton, Wayne Rooney dengan mahar hampir mencapai 26 juta pounds, yang merupakan harga yang sangat mahal untuk pemain muda pada saat itu.

Rooney langsung membuktikan bahwa United tidak salah merekrutnya pada saat itu. Di laga debutnya kontra Fenerbahce di ajang Liga Champions, sang pemuda langsung menandai eranya di United dengan mencetak hattrick ke gawang tim asal Turki tersebut.

Rooney kemudian menjelma menjadi bomber haus gol United, di mana ia saat ini menyandang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Setan Merah.

9 dari 10 halaman

Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer (c) AFP Ole Gunnar Solskjaer (c) AFP

Sebelum dipercaya menjadi manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer dikenal sebagai salah satu legenda setan merah. Gol krusialnya ke gawang Bayern Munchen di tahun 1999 membuatnya terus dikenang oleh para loyalis MU.

Sepanjang karirnya, Solskjaer merupakan salah satu penyerang tertajam yang dimiliki United. Ia pada saat itu direkrut United dari Molde di tahun 1996.

Di laga debutnya melawan Blackburn Rovers, ia masuk menggantikan David May di babak kedua. Ia hanya butuh enam menit saja untuk mencetak gol perdananya bagi Setan Merah.

10 dari 10 halaman

Paul Scholes

Paul Scholes (c) AFP Paul Scholes (c) AFP

Meski dikenal sebagai salah satu bagian dari Class of 92, Scholes baru mendapatkan debutnya di tim utama United pada tahun 1994.

Laga debutnya pada saat itu menghadapi Port Vale di ajang Piala Liga. Ia memborong dua gol bagi Setan Merah saat menang melawan Vale dengan skor 2-1.

Tiga hari berselang, Scholes mencetak gol debutnya di Premier League melawan Ipswich Town.

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland