BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Masih Ada Peluang! Ini Alasan Arsenal Bisa Bikin Liverpool Terpeleset

15-07-2020 18:45 | Dimas Ardi Prasetya

Premier League, Arsenal vs Liverpool (c) Bola.net Premier League, Arsenal vs Liverpool (c) Bola.net

Bola.net - Arsenal akan menjamu sang juara Premier League 2019-20 Liverpool di matchday 36 Premier League di Emirates Stadium, Kamis (16/07/2020) dini hari WIB.

Baik Arsenal dan Liverpool sama-sama menuai hasil tak maksimal di laga pekan sebelumnya. Terakhir, The Gunners main tandang melawan Tottenham.

Dalam derby London itu, Arsenal sempat unggul lewat gol Alexandre Lacazette. Tapi skuat asuhan Mikel Arteta itu akhirnya dipaksa menyerah dengan skor 1-2.

Sementara itu, Liverpool baru saja kehilangan poin di kandang untuk pertama kalinya musim ini. Menjamu Burnley, pasukan Jurgen Klopp cuma meraih hasil imbang 1-1.

Arsenal sendiri saat ini tengah berjuang untuk bisa memperbaiki posisinya. Mereka sekarang ada di peringkat sembilan klasemen. The Gunners masih berusaha untuk setidaknya bisa meraih tiket ke Eropa musim depan.

Di sisi lain Liverpool juga memiliki misi tersendiri. Mereka ingin memecahkan rekor poin dalam semusim yang saat ini masih dipegang Manchester City.

Liverpool jelas tim yang kuat. Sangat kuat. Sulit mencari cara untuk mengalahkan mereka. Namun Arsenal bukannya tanpa peluang. Mereka masih punya kans mengalahkan The Reds.

Berikut beberapa alasan mengapa Arsenal bisa membuat Liverpool terpeleset di Emirates Stadium.

1 dari 6 halaman

Blok Pertahanan Rendah

Liverpool sudah terbukti beberapa kali kesulitan mencetak gol menghadapi tim-tim yang bermain bertahan. Terutama dengan tim yang bermain dengan blok pertahanan sangat rendah.

Sebut saja Atletico Madrid di Liga Champions lalu. Ada juga Everton. Kemudian yang terbaru jelas pertandingan melawan Burnley.

Lini depan mereka kesulitan untuk bisa membongkar pertahanan yang ketat. Sebab Mohamed Salah dan Sadio Mane bisa dibilang merupakan tipe pemain yang membutuhkan ruang besar untuk bisa mengembangkan permainannya.

2 dari 6 halaman

Taktik Long Ball

Banyak tim dipaksa untuk bertahan saat menghadapi Liverpool. Mereka pun kesulitan untuk bermain dari belakang karena counter pressing The Reds yang kuat.

Salah satu cara untuk bisa menggedor pertahanan Liverpool adalah dengan memakai taktik long ball. Hal ini bisa dengan cepat mengeksploitasi ruang yang ada di lini belakang.

Hal tersebut sudah coba dilakukan Burnley sebelumnya dan Everton. Hal tersebut cukup merepotkan lini belakang The Reds dan kedua tim itu mampu menciptakan beberapa peluang berbahaya ke gawang Alisson.

3 dari 6 halaman

Tutup Ruang Gerak Firmino

Ancaman besar memang dihadirkan Mohamed Salah dan Sadio Mane. Akan tetapi Roberto Firmino juga sangat berbahaya.

Tentunya Arsenal masih ingat ketika Firmino mencetak hattrick pada musim lalu. Dan yang patut diingat lagi adalah, Firmino memang alpa mencetak gol di Anfield musim ini, namun ia masih tetap garang ketika di laga tandang.

Arsenal harus menutup lini tengah dan belakangnya dengan baik. Granit Xhaka dan siapapun yang mendampinginya harus disiplin mengawal area depan kotak penalti.

4 dari 6 halaman

Matikan Kedua Bek Sayap

Tak bisa dipungkiri, salah satu kekuatan utama Liverpool adalah kedua bek sayapnya. Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold sudah mengirim banyak assist untuk trio lini serang The Reds.

Arsenal bisa menahan Liverpool dengan mematikan ruang gerak kedua pemain ini. Jika keduanya dikawal dengan cukup ketat, biasanya Sadio Mane dan Mohamed Salah akan terpaksa turun demi membantu mereka.

Atau, Arsenal bisa menutup semua ruang yang muncul di kedua sisi sayap dengan cepat seperti yang dilakukan Everton. Dengan demikian mereka tak akan punya kesempatan melepaskan crossing.

5 dari 6 halaman

Absennya Jordan Henderson

Jordan Henderson memiliki pengaruh besar pada permainan Liverpool. Meskipun ia kerap diremehkan oleh segelintir suporternya sendiri.

Saat Henderson absen, Liverpool kadang terlihat bermain berbeda. Ingat ketika ia absen melawan Watford? The Reds kalah telak 3-0.

Ia juga absen ketika melawan Burnley. Hasilnya, Liverpool ditahan imbang 1-1.

6 dari 6 halaman

Momentum Lacazette

Alexandre Lacazette sepertinya tak terlalu moncer pada musim ini. Ia tak setajam Pierre-Emerick Aubameyang.

Namun sepertinya belakangan ini ia sedang on fire. Dari tiga laga terakhir, ia sukses mencetak dua gol.

Saat ini bisa dibilang ia dalam momentum yang bagus. Arsenal berpeluang untuk membuat Liverpool terpeleset dengan aksinya, ditambah dengan ketajaman Aubameyang.

KOMENTAR