BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Masalah Romelu Lukaku di Chelsea, Tidak Cocok dengan Winger?

20-01-2022 04:00 | Richard Andreas

Aksi Romelu Lukaku di laga Brighton vs Chelsea, Premier League 2021/22 (c) AP Photo
Aksi Romelu Lukaku di laga Brighton vs Chelsea, Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Bola.net - Chelsea sempat diacungi jempol ketika berhasil merekrut Romelu Lukaku musim panas lalu. Sayangnya, sekarang pembelian itu tampak sebagai kegagalan.

Lukaku didatangkan untuk menyempurnakan skuad Thomas Tuchel. Chelsea musim lalu sudah sangat kuat, tapi mereka masih membutuhkan sentuhan predator di lini serang.

Harapannya, Lukaku bisa memperluas dimensi permainan Chelsea. Dia sudah membuktikan diri di Inter Milan sebagai salah satu striker terbaik saat ini.

Lukaku sempat memenuhi harapan itu di awal musim, dia mencetak gol-gol fantastis. Sayangnya kini performa Lukaku merosot drastis.

1 dari 3 halaman

Belum sesuai ekspektasi

Secara keseluruhan, performa Lukaku dapat dianggap belum memenuhi ekspektasi. Dia sudah diberi banyak kesempatan, tapi balasannya cenderung mengecewakan.

Tuchel sudah mencoba mengutak-atik formasi Chelsea demi Lukaky. Dia pernah memainkan Lukaku dalam formasi dua striker, formasi tiga penyerang, sebagai target man, dan dalam peran lebih dalam.

Sayangnya, Lukaku belum juga menunjukkan alasan mengapa Chelsea membutuhkannya. Bahkan dia justru membuat masalah dengan komentar kontroversial di luar lapangan.

2 dari 3 halaman

Dilema Chelsea dan Lukaku

Penyerang Chelsea, Romelu Lukaku. (c) AP Photo
Penyerang Chelsea, Romelu Lukaku. (c) AP Photo

Untuk memaksimalkan potensi Lukaku dan bermain dengan kekuatan terbaik Lukaku, Chelsea harus terima bahwa Lukaku lebih senang mundur ke tengah, menjemput bola, dan kembali ke depan.

Masalahnya, jika taktik ini dijalankan, winger Chelsea harus bermain di area yang lebih ofensif guna menarik perhatian bek lawan. Gaya bermain inilah yang dianggap tidak cocok.

Lukaku bakal diuntungkan dengan perubahan gaya main tersebut. Masalahnya, pemain-pemain lain di sekitarnya bakal kesulitan, khususnya winger yang tidak punya kecepatan.

3 dari 3 halaman

Harus bereksperimen

Bagaimanapun, sudah jelas bahwa Tuchel masih harus bereksperimen dengna lini serang Chelsea. Dia harus memaksimalkan potensi Lukaku tanpa menyulitkan winger The Blues.

Chelsea jelas punya banyak pemain yang bisa mencetak gol. Hanya persoalannya adalah menemukan sistem yang paling cocok untuk setiap pemain.

Sumber: Football London

KOMENTAR