BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Masalah di Lini Belakang? Liverpool Seharusnya Belajar dari Chelsea!

10-03-2021 06:15 | Richard Andreas

Ekspresi Mohamed Salah usai Liverpool dikalahkan Fulham, Premier League 2020/21. (c) AP Photo
Ekspresi Mohamed Salah usai Liverpool dikalahkan Fulham, Premier League 2020/21. (c) AP Photo

Bola.net - Kebangkitan Chelsea bersama Thomas Tuchel sebulan terakhir seharusnya bisa jadi pelajaran berharga untuk Liverpool dan Jurgen Klopp. Tuchel bisa menemukan solusi yang tepat untuk permasalahan The Blues.

Liverpool sedang terjebak dalam momentum negatif beberapa pekan terakhir. The Reds sudah enam kali kalah beruntun di Anfield, catatan yang menodai kepelatihan Klopp.

Sebaliknya, Chelsea bangkit dan melaju 11 laga tak terkalahkan sejak ditangani Tuchel. Eks pelatih PSG ini datang membawa solusi yang tepat untuk permasalahan The Blues.

Karena itulah seharusnya keberhasilan Tuchel di Chelsea ini bisa jadi pelajaran untuk Klopp dan Liverpool. Apa maksudnya?

1 dari 2 halaman

Main tiga bek untuk bereskan masalah

Tuchel datang membawa banyak perubahan di Chelsea, termasuk menggunakan formasi tiga bek. Perubahan ini membawa dampak instan, kualitas pertahanan Chelsea membaik dan terus meraih clean sheet.

Menurut Paul Merson, analis Premier League, Klopp seharusnya lebih berani membuat keputusan seperti Tuchel untuk membereskan masalah Liverpool.

"Jika ada satu tim di liga ini yang bisa bermain baik dengan tiga bek, saya kira Chelsea jawabannya. Mereka benar-benar punya wing back, bukan sekadar full back," buka Merson di Sky Sports.

"Sejujurnya, pergantian itu berjalan sangat baik. Dan jika Anda melihat Liverpool saat ini, mungkin cara itulah [main tiga bek] yang seharusnya diambil mereka sejak awal."

2 dari 2 halaman

Klopp terlalu kaku?

Masalah Liverpool sudah dimulai sejak berbulan-bulan lalu, tapi Merson merasa Klopp terlalu lambat membuat perubahan. Seharusnya kondisi The Reds tidak perlu sampai seburuk sekarang.

"Mungkin seharusnya Klopp bersikap fleksibel dan mengubah formasi jadi tiga bek untuk memberikan lebih banyak perlindungan pada pemain-pemainnya," sambung Merson.

"Mereka pun punya wing back dalam Andrew Robertson dan Alexander-Arnold yang juga lebih senang naik menyerang daripada bertahan."

"Tuchel datang ke Chelsea dan menyadari solusi itu, dan Klopp seharusnya bisa sedikit belajar dari situ," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

KOMENTAR