BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester United vs West Ham United: Catatan Solskjaer Ungguli Moyes

14-03-2021 13:20 | Dimas Ardi Prasetya

Premier League, Manchester United vs West Ham (c) Bola.net Premier League, Manchester United vs West Ham (c) Bola.net

Bola.net - Manchester United dan West Ham United bakal bertemu pada laga lanjutan Premier League 2020/2021. Pertandingan antara kedua tim papan atas di klasemen sementara tersebut bakal digelar di Old Trafford, Senin (15/03) dini hari WIB.

Laga ini akan menjadi partai reuni bagi David Moyes. Pelatih West Ham United ini sempat menangani Manchester United pada 2013 sampai 2014 lalu. Ia merupakan sosok pengganti yang ditunjuk langsung oleh pelatih legendaris United, Sir Alex Ferguson.

Namun, kunjungan Moyes ke Old Trafford kali ini hampir bisa dipastikan tak bakal mudah. Pasalnya, ia harus beradu siasat dengan Ole Gunnar Solskjaer, mantan anak asuh Sir Alex Ferguson, yang kini menangani Setan Merah.

Bagaimana perbandingan rekor antara Moyes dan Solskjaer? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Moyes Menang Pengalaman

Pelatih West Ham, David Moyes (c) AP Photo Pelatih West Ham, David Moyes (c) AP Photo

Soal pengalaman, Moyes tentu saja unggul ketimbang Solskjaer. Pelatih asal Skotlandia tersebut masuk ke dunia kepelatihan lebih dulu ketimbang juniornya tersebut. Pelatih yang kini berusia 57 tahun ini mulai meretas kariernya sebagai pelatih pada 1998, setelah memutuskan pensiun sebagai pesepak bola profesional. Preston adalah klub pertama Moyes sebagai pelatih.

Sejauh ini, Moyes sudah berpengalaman memimpin langsung anak asuhnya dalam 790 laga.

Sementara, Solskjaer baru masuk ke dunia kepelatihan pada 2007 silam, ketika ia menjadi pelatih khusus bagi penyerang-penyerang Manchester United. Setahun kemudian Ole baru benar-benar menjadi seorang pelatih, ketika menangani Manchester United U-23.

Sampai saat ini, pelatih berusia 48 tahun tersebut sudah menangani timnya sebanyak 430 kali.

2 dari 3 halaman

Solskjaer Unggul Rataan Poin

Namun, Solskjaer juga memiliki keunggulan dari seniornya tersebut. Dari catatannya selama ini, pelatih asal Norwegia tersebut memiliki rataan poin sebesar 1,82.

Khusus bersama United, rataan poin Solskjaer berkisar di angka 1,90.

Sementara, dari karier kepelatihannya yang sudah terbentang nyaris seperempat abad, Moyes memiliki rataan poin sebesar 1,46. Bersama West Ham, rataan poin Moyes sebesar 1,39.

3 dari 3 halaman

Solskjaer Unggul Head to Head

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (c) AP Photo

Tak hanya urusan raihan poin, Solskjaer juga memiliki keunggulan lain dari seniornya tersebut. Ia unggul dalam catatan head to head.

Sejauh ini, Solskjaer dan Moyes sudah empat kali beradu taktik. Hasilnya, Solskjaer unggul. Ia sukses membawa timnya meraih dua kemenangan dan sekali imbang melawan kala menghadapi skuad besutan Moyes. Sementara, satu laga sisanya dimenangi tim besutan Moyes.

Keunggulan Solskjaer ini juga didukung dengan catatan apik timnya kala menghadapi West Ham United. Dalam enam kali pertemuan dengan West Ham, Solskjaer sukses membawa anak asuhnya meraih tiga kemenangan dan sekali imbang. Sisanya, dalam dua laga, ia harus mengakui keunggulan The Hammers.

(Bola.net/Dendy Gandakkusumah)

KOMENTAR