BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Manchester United vs Sheffield United: Konsistensi Wasit Dipertanyakan

28-01-2021 11:22 | Yaumil Azis

Skuat Sheffield United merayakan gol ke gawang Manchester United (c) AP Photo Skuat Sheffield United merayakan gol ke gawang Manchester United (c) AP Photo

Bola.net - Sheffield United berhasil mencuri tiga poin ketika bertandang ke markas Manchester United dalam laga lanjutan Premier League, Kamis (28/1/2021) kemarin. Sebagai informasi, laga tersebut berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk tim tamu.

Manchester United tampil jauh lebih superior ketimbang Sheffield dengan penguasaan bola mencapai 76 persen. Tapi, mereka tak mampu menghalangi the Blades mencetak gol pertamanya di menit ke-23 lewat aksi Kean Bryan.

Harapan sempat menghampiri klub asuhan Ole Gunnar Solskjaer setelah Harry Maguire mencetak gol di menit ke-64. Sayangnya, Oliver Burke membuat Manchester United harus memendam harapan meraih tiga poin dengan golnya pada menit ke-74.

Kekalahan ini membuat Manchester United gagal mengklaim puncak klasemen dari tangan rivalnya, Manchester City. Klub besutan Josep Guardiola tersebut unggul satu poin dan masih menyisakan satu laga tunda untuk dimainkan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Konsistensi Wasit Dipertanyakan

Kekalahan the Red Devils ini diwarnai oleh kontroversi. Ada beberapa orang yang mengklaim kalau gol pertama Sheffield United seharusnya tidak disahkan oleh wasit. Mereka yakin ada pelanggaran di dalam prosesnya.

Legenda Manchester United, Rio Ferdinand, beserta Peter Crouch selaku eks Liverpool meyakini kalau David De Gea mengalami gangguan dari Billy Sharp. Lalu mantan pemain Manchester United lainnya, Wes Brown, ikut menimpali.

Brown menganggap kalau wasit tidak konsisten dalam membuat keputusan. Ia menganggap kalau gol Manchester United pada menit ke-30 harusnya tetap sah ketika Anthony Martial berhasil menyarangkan bola ke gawang Sheffield.

"Jika anda mensahkan satu gol, anda harus mensahkan gol lainnya. Sungguh sesederhana itu," ujarnya seperti yang dikutip dari situs resmi Manchester United.

2 dari 2 halaman

Proses Gol Martial yang Dianulir

Ketika Martial mencetak gol, wasit membunyikan peluitnya untuk menganulir gol tersebut. Ia melihat Harry Maguire melakukan pelanggaran terhadap kiper Sheffield United, Aaron Ramsdale, di dalam prosesnya.

"Harry melompat dan dia [Ramsdale] gagal menangkap bola. Wasit menganggapnya pelanggaran. Di sisi lain, anda melihat Sharp melakukan dorongan kecil kepada David [De Gea]. Saya rasa itu sama sekali tidak benar.

"Jika anda mensahkan satu gol, anda harus mensahkan gol lainnya. Wasit telah melakukan kesalahan. Sesederhana itu," pungkasnya.

(Manchester United)

KOMENTAR