BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Manchester United vs Manchester City: Duel Sengit Duo Manchester

04-01-2021 09:19 | Gia Yuda Pradana

Manchester United vs Manchester City (c) AP Photo
Manchester United vs Manchester City (c) AP Photo

Bola.net - Satu tempat di partai puncak Carabao Cup bakal diisi klub asal Manchester. Klub mana yang akan mewakili Manchester pada laga tersebut akan ditentukan tengah pekan ini.

Manchester United akan menghadapi Manchester City pada laga Semifinal Carabao Cup. Laga ini akan dihelat di Old Trafford, Kamis (07/01) dini hari WIB.

Bagi duo Manchester, pertemuan pada tengah pekan ini akan menjadi persuaan ke-183 mereka secara keseluruhan. Sementara, di ajang Piala Liga, yang saat ini dikenal dengan Carabao Cup, pertandingan ini akan menjadi yang kesepuluh bagi kedua tim.

Dilansir dari laman worldfootball, Derby Manchester edisi perdana sendiri terjadi pada abad ke-19 lalu. Waktu itu, kedua klub bertemu dalam putaran ketiga Championship musim 1894/1895. Hasilnya, dalam pertandingan tersebut, Newton Heath -nama lawas United- menang dengan skor 5-2.

Sementara, pada ajang Piala Liga, pertemuan pertama kedua klub ini terjadi pada musim 1969/1970. Waktu itu, kedua tim bertemu dalam putaran semifinal yang dihelat pada 3 Desember 1969. Hasilnya, City menang 2-1.

Ingin tahu perbandingan statistik kedua tim? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Berimbang di Piala Liga

Derby Manchester (c) AP Photo
Derby Manchester (c) AP Photo

Manchester United dan Manchester City saling mengeklaim sebagai yang terbaik di Manchester. Sejauh ini belum bisa dipastikan klaim siapa yang paling sahih, tapi dari data statistik di Piala Liga, kedua tim masih sama kuat.

Sejauh ini, mereka sudah sembilan kali bertemu pada Piala Liga. Hasilnya, kedua tim empat sama-sama empat kali meraih kemenangan. Satu laga sisanya berakhir imbang.

Untuk urusan mencetak gol pada ajang ini, United harus mengakui keunggulan City. Sepanjang pertemuan mereka, City mencetak 14 gol ke gawang United. Sementara, Setan Merah baru mencetak sebelas gol ke gawang City.

2 dari 3 halaman

Trofi Piala Liga City Lebih Banyak

Derby Manchester (c) AFP
Derby Manchester (c) AFP

United boleh menepuk dada dengan raihan trofi mereka. Sejauh ini, Setan Merah sudah mengoleksi 65 trofi. Sementara, City baru mengoleksi 26 trofi.

Namun, untuk raihan trofi di ajang Piala Liga, United harus mengakui keunggulan City. Sejauh ini, City sudah tujuh kali memenangi ajang Piala Liga. Sementara, United 'baru' mengoleksi lima trofi Piala Liga.

City terakhir kali memenangi Piala Liga pada musim 2019/2020. Sementara, United terakhir kali memenangi Piala Liga pada musim 2016/2017.

3 dari 3 halaman

United Unggul pada Lima Laga Terakhir

Derby Manchester (c) AFP
Derby Manchester (c) AFP

Dalam lima pertemuan terakhir mereka, catatan United unggul dari City. Mereka menang tiga kali. Sementara, dua pertandingan sisanya, dimenangi The Citizen.

Untuk urusan mencetak gol pun Setan Merah unggul dari tetangganya itu. Dalam lima laga terakhir, mereka mencetak tujuh gol. Sementara City mencetak enam gol.

Persuaan terakhir duo Manchester ini terjadi pada leg kedua Semifinal Piala Liga musim 2019/2020. dalam laga yang dihelat 29 Januari 2020 ini, United menang 1-0 melalui sepakan kaki kiri Nemanja Matic.

Kendati menang pada laga ini, United gagal melangkah ke partai puncak. Pasalnya, pada leg pertama, mereka harus menelan kekalahan 1-3.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

KOMENTAR